Membangun suatu perusahaan atau bisnis bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang adalah hal yang menyenangkan. Namun, kita harus memahami bahwa membangun perusahaan juga bisa menjadi sebuah tantangan kita sebagai pemimpin. Maksudnya, adalah bagaimana cara kita menerapkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, khususnya di dalam internal perusahaan.

Ketika Anda mempekerjakan seseorang, tentu saja harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Sebagai pemimpin perusahaan, Anda akan menjadi orang yang paling sering mendelegasikan sebuah tugas dan tanggung jawab kepada orang lain. Untuk itu, diperlukan komunikasi efektif antara Anda dengan tim agar tujuan perusahaan dapat tercapai sesuai yang diharapkan.

“Ingat! Jangan pernah meremehkan pentingnya keterampilan berkomunikasi di tempat kerja. Meskipun Anda seorang pekerja keras dan memiliki banyak ide kreatif, jika tidak mampu bergaul dan berkomunikasi dengan rekan kerja, maka pekerjaan Anda akan terpengaruh secara keseluruhan. Pekerjaan yang harusnya mudah untuk dikerjakan menjadi sulit karena komunikasi yang Anda berikan tidak efektif dan sulit untuk dipahami oleh anggota tim Anda.”

Perlu kamu ketahui, tanpa adanya skill komunikasi yang bagus, maka Anda dengan tim akan mengalami miss communication. Bila hal itu terjadi, maka akan ada perselisihan antara Anda dengan tim.

Oleh sebab itu, kita harus mengetahui tujuh cara yang bisa diterapkan agar mampu meningkatkan komunikasi internal, sehingga tujuan bisnis dapat tercapai.

Simak pembahasannya di bawah ini.
  1. Jadikan Informasi “Rahasia” Perusahaan Mudah Diakses Karyawan
    Setiap perusahaan pasti memiliki suatu informasi yang hanya diketahui oleh perusahaan dan orang yang ada di dalamnya. Jika Anda adalah pemimpin perusahaan, maka Anda harus membantu karyawan untuk mempelajari informasi ini lebih cepat dengan mengadakan pelatihan dan membuatkan dokumen internal yang dapat digunakan sebagai referensi.
  1. Buat Visi dan Misi yang Jelas
    Luangkan waktu untuk menjelaskan tentang visi dan misi perusahaan, baik sebagai bagian dari pelatihan atau sebagai pengingat rutin bagi semua karyawan. Ketika visi dan misi perusahaan telah melekat dalam jiwa para karyawan, maka semua orang yang terlibat di dalam perusahaan tersebut dapat berkomunikasi dengan baik antara satu dengan yang lain. Percayalah, hal ini akan mempermudah tercapainya tujuan perusahaan.
  1. Perkuat Koneksi
    Tidak hanya komunikasi antara karyawan yang bekerja sama, tetapi juga antara karyawan dengan manajer. Pastikan koneksi ini tertanam dengan baik sejak program pelatihan. Manajer harus meluangkan waktu untuk mengenal karyawan secara keseluruhan dan harus membangun koneksi yang baik dengan para karyawan agar tercipta komunikasi efektif dan dapat saling terkoneksi antara satu sama lain.
  1. Buat Dialog Terbuka
    Selalu berikan karyawan informasi terbaru tentang perubahan, kemajuan, dan rencana perusahaan untuk masa yang akan datang. Hal ini dapat dilakukan dengan menerbitkan majalah internal perusahaan yang diterbitkan sebulan sekali atau bisa juga dilakukan dengan pertemuan rutin setiap minggu dengan semua orang yang terlibat di dalam perusahaan.Dalam suatu pertemuan, izinkan karyawan untuk terlibat dalam diskusi. Dorong karyawan untuk memberikan pertanyaan atau komentar, dan tunjukkan bahwa semua ide akan diterima. Karyawan cenderung akan berkomunikasi dengan baik ketika mereka merasa memiliki peran di dalam perusahaan tersebut.
  1. Giatkan untuk Saling Berbagi Informasi
    Sediakan platform online agar para karyawan bisa saling berbagai informasi. Karyawan cenderung membaca tentang berita dan tren industri secara berkala, jadi sediakan mereka tempat untuk berbagi informasi. Dengan memiliki kesempatan untuk berbagi informasi tentang apa yang mereka ketahui, karyawan akan sangat bersemangat untuk terus terlibat demi kemajuan perusahaan.
  1. Membuat Grup Obrolan
    Seiring dengan perkembangan teknologi maka komunikasi internal juga ikut mengalami perkembangan. Kini setiap organisasi rata-rata memiliki grup obrolan di media sosial masing-masing. Hal ini dapat mempermudah dalam menginformasikan pengumuman penting, dan juga berdiskusi. Perlu dipahami bahwa di ruang obrolan ini dapat juga terjadi komunikasi yang baik antara bawahan dan atasan atau juga sebaliknya.
  1. Rencanakan Acara Eksternal
    Rencanakan acara gathering di luar kantor atau acara liburan lainnya yang akan membuat koneksi antar karyawan dan semua yang terlibat dalam perusahaan menjadi lebih kuat. Komunikasi yang tercipta akan lebih efektif dan bisa membuat karyawan merasa lebih enjoy dalam menjalankan tugas dan peran mereka masing-masing. Liburan akan menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi mereka dan akan membuat mereka selalu ingin berada di perusahaan Anda serta ingin membuat perusahaan menjadi lebih maju.

Itulah tadi, 7 cara yang bisa diterapkan agar Anda mampu meningkatkan komunikasi internal agar tujuan bisnis dapat tercapai. Semoga dapat menjadi referensi dan sumber bagi Anda.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Salam sukses!

Sumber : //blog.jostle.me/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu