Dengan kemajuan teknologi dan bisnis yang begitu cepat, maka diperlukan adaptasi sumber daya manusia dalam mengejar ketinggalan. Mesin, teknologi, dan perubahan pasar begitu dinamis sehingga mau tidak mau menuntut organisasi untuk berkembang menjadi organisasi pembelajar dan adaptif. Dalam hal ini, perusahaan membutuhkan pengembangan organisasi untuk perusahaannya. Apabila perusahaan mengabaikan hal ini, maka banyak hal yang akan terjadi, salah satunya adalah kemunduran bisnis secara perlahan.

Faktanya, masih banyak organisasi yang beranggapan bahwa pengembangan organisasi itu tidak begitu penting bagi kelangsungan bisnis, namun pada kenyataannya, bisnis sangat membutuhkan pengembangan organisasi.

Dalam bisnis, pengembangan organisasi akan membuat bisnis Anda semakin terarah dan rapi, serta mudah dalam menemukan dan mengatur strategi agar bisnis berkembang dengan cepat.

Berikut 5 keuntungan utama atau manfaat yang didapatkan perusahaan ketika melakukan pengembangan organisasi :

  1. Perbaikan yang Berkelanjutan
    Perusahaan yang terlibat dalam pengembangan organisasi berkomitmen untuk terus memperbaiki bisnisnya. Proses Organization Development (OD) menciptakan suatu siklus perbaikan yang berkelanjutan dimana setiap strategi direncanakan, diimplementasikan, dievaluasi, diperbaiki dan dimonitor penerapannya. Pengembangan organisasi adalah pendekatan proaktif yang mencakup perubahan (internal dan eksternal) dan memanfaatkannya untuk pembaruan.
  1. Meningkatkan Komunikasi Internal Perusahaan
    Salah satu keuntungan utama OD adalah peningkatan komunikasi, feedback, dan interaksi dalam organisasi. Tujuan utama dari meningkatkan komunikasi adalah untuk menyelaraskan semua karyawan dengan tujuan dan nilai-nilai perusahaan yang ada. Komunikasi yang jujur ​​dan terbuka juga mengarah pada peningkatan pemahaman tentang perlunya perubahan dalam organisasi.
  1. Pengembangan Karyawan
    Pengembangan organisasi berfokus pada peningkatan komunikasi untuk memengaruhi karyawan agar menghasilkan perubahan yang diinginkan. Kebutuhan akan pengembangan karyawan berasal dari perubahan industri dan pasar yang konstan. Hal ini menyebabkan suatu organisasi secara berkala meningkatkan keterampilan karyawan untuk memenuhi persyaratan pasar yang berkembang. Ini dicapai melalui program pembelajaran, pelatihan, peningkatan keterampilan / kompetensi dan peningkatan proses kerja.
  1. Peningkatan Produk dan Layanan
    Manfaat utama pengembangan organisasi adalah inovasi, yang mengarah pada peningkatan produk dan layanan. Inovasi dapat dicapai melalui pengembangan karyawan, yang berfokus pada peningkatan hasil kerja yang memuaskan dan peningkatan motivasi dan semangat kerja. Dalam hal ini, keterlibatan karyawan merupakan faktor utama dalam peningkatan kreatifitas dan inovasi produk dan layanan. Selain itu, OD juga dapat meningkatkan inovasi produk melalui analisis kompetitif, riset pasar (market research) dan melalui perkiraan ekspektasi dan preferensi konsumen.
  1. Peningkatan Laba
    Organizational development mempengaruhi bottom line perusahaan dalam berbagai cara. Melalui peningkatan inovasi dan produktivitas serta terjadi efisiensi, keuntungan perusahaan tentunya akan meningkat. Biaya-biaya juga akan berkurang dengan meminimalkan turn over dan mengurangi tingkat ketidakhadiran karyawan. Karena OD selaras dengan tujuan dan fokus pada pengembangan, mutu produk/jasa dan peningkatan kepuasaan karyawaan. Pergeseran budaya ke arah perbaikan yang berkelanjutan membuat perusahaan memiliki keunggulan tersendiri dalam persaingan industri dan pasar.

Pengembangan Organisasi dalam suatu bisnis adalah sebuah elemen yang sangat penting dalam rencana pengembangan yang lebih baik. Adanya pengembangan organisasi dalam bisnis akan membawa implikasi yang luas dan akan membangun hubungan baik antar karyawan.

Baca Juga: Mengenal Pengembangan Organisasi pada Perusahaan

Apakah Anda ingin merasakan langsung manfaat dari pengembangan organisasi seperti yang dijelaskan di atas? Bergabunglah bersama kami. Cause we are your partner in business transformation. We combine process transformation with mind transformation.

Di sini, Proxsis HR berperan sebagai konsultan yang akan membimbing dan membantu Anda dalam menyusun strategi pengembangan organisasi yang baik dan optimal. Rasakan langsung manfaatnya dan buat perusahaan Anda terus berkembang untuk jangka waktu yang panjang.

 

Sumber : //explorance.com/blog/5-key-benefits-organizational-development/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat