Zaman yang terus berkembang dari waktu ke waktu seakan menuntut para pelaku usaha untuk lebih gesit dan kreatif dalam mengembangkan potensi yang ada di dalam organisasi atau perusahaan mereka. Dengan kata lain, pelaku organisasi harus cerdas dalam melakukan pengembangan organisasi agar tetap dapat bersaing dengan organisasi lainnya.

Perlu diketahui bahwa di masa yang akan datang, organisasi yang dapat berkembang dan maju hanyalah organisasi yang cepat tanggap terhadap perubahan yang akan terjadi. Manajer masa kini dan masa depan dituntut untuk tidak sekadar bersikap luwes dan mampu bedaptasi dengan lingkungan yang dinamis, tetapi juga harus mampu mengantisipasi berbagai bentuk perubahan dan secara proaktif menyusun berbagai program pengembangan organisasi.

Agar dapat bertahan dalam keadaan seperti ini, organisasi harus mampu memberikan arahan bagi para anggotanya untuk dapat beradaptasi dengan baik, bahkan harus mampu memanfaatkan dampak positif dari adanya perubahan tersebut melalui pengembangan organisasi.

Apa itu pengembangan organisasi?

Pengembangan Organisasi atau Organization development merupakan salah satu bidang pengembangan dari Manajemen SDM /  HR Management System. Dimana organization development fokus membantu perusahaan dalam mencapai peningkatkan kinerja yang berkelanjutan melalui SDM-nya. Secara umum, tujuan dari organization development adalah memampukan perusahaan dalam melakukan pemecahan masalah, memberikan respon yang lebih baik, dan mampu beradaptasi terhadap perubahan industri dan pasar serta perubahan teknologi.

Perlu dipahami bahwa pengembangan organisasi bertujuan untuk meningkatkan efektifitas organisasi yang berkualitas. Sehingga, sasaran utama dari pengembangan organisasi adalah anggota organisasi itu sendiri. Pengembangan organisasi dilakukan dengan tujuan untuk membentuk sikap dan mental anggota organisasi dalam berinteraksi dengan sesama mereka sehingga terbentuk tim kerja yang mampu diharapkan oleh organisasi tersebut.

Berikut beberapa karakteristik utama pengembangan organisasi :

  1. Planned Change atau Perubahan yang Direncanakan
    Perubahan yang direncanakan ini berkaitan dengan proses-proses pemecahan masalah yang menyangkut metode-metode organisasional dalam penanganan berbagai ancaman dan kesempatan lingkungan, dan proses pembaharuan yang mencerminkan gaya manajemen untuk menghadapi berbagai masalah baru.
  1. Perubahan yang Komprehensif
    Satuan analisis OD adalah keseluruhan organisasi atau satuan unit kerja dalam organisasi yang tidak dapat diidentifikasikan.
  1. Perubahan Jangka Panjang
    Para ahli OD menyatakan bahwa proses pengembangan memakan waktu beberapa bulan, atau bahkan dalam berbagai kasus tertentu bisa memakan waktu bertahun-tahun dalam mengimplementasikannya.
  1. Partisipasi Pengantar Perubahan
    Diperlukan partisipasi pihak ketiga dari luar organisasi. Pengembangan organisasi dirancang untuk meningkatkan efektivitas individu, dan mendorong penyesuaian dan pertumbuhan pribadi. Teknik yang digunakan adalah bimbingan, konseling, dan pelatihan kepekaan. Maka, dibutuhkan seorang konsultan ataupun trainer yang dapat membantu pengembangan organisasi suatu perusahaan.

Ada 3 aspek penting dalam pengembangan organisasi :

  1. Produk, yang merupakan hal penting karena inilah hasil dari suatu bisnis. Hal ini harus menjadi salah satu fokus utama dalam pengembangan organisasi.
  2. Proses, yang merupakan cara dalam melayani pelanggan.
  3. Anggota organisasi, yang akan menjadi ujung tombak perusahaan dalam segala hal.

Untuk memaksimalkan 3 aspek penting dalam pengembangan organisasi di atas, maka dibutuhkan jasa seorang konsultan. Konsultan tersebut dapat membantu organisasi untuk mengevaluasi hasil program OD yang diselenggarakan dan menyusun program tambahan dalam bidang-bidang yang memerlukan hasil tambahan.

Proxsis HR bergerak di bidang konsultan yang fokus pada solusi bidang Human Resources, khusus perbaikan sistemnya maupun terkait orangnya. Kami akan membantu mengembangkan potensi anggota organisasi agar mampu menghasilkan produk dan proses yang baik di dalam organisasi.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kontak yang ada di website kami.

Sumber : prioritylearningresearch.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu