KATHERINE JOHNSON

The Most High-Profile of the Computers

Kisah inspiratif datang dari Katherine Johnson, tak banyak orang mengenal sang matematikawan yang bekerja di lembaga antariksa NASA. Dengan bermodalan kertas dan pena, Katherine Johnson melakukan Analisa Matematika untuk mewujudkan impian besar NASA menjelajahi luar angkasa. Perhitungannya bertanggung jawab untuk meluncurkan para astronot ke luar angkasa dan mendaratkan mereka kembali.

Lulus Di usia Muda

Sejak kecil ia begitu pintar dan bakatnya di Matematika segera terpancar, dan ia menjadi salah satu dari 3 siswi kulit hitam yang terpilih untuk lanjutkan kuliah di Universitas West Virginia. Pada usia 14 tahun Katherine berhasil lulus sekolah menengah atas. Dan ketika berumur 18 tahun, Katherine sudah menyandang gelar sarjana di bidang matematika dan Bahasa Prancis dari West Virginia State College.

Manusia Komputer

Semasa hidupnya, Katherine Johnson dikenal sebagai manusia komputer karena kemampuannya melakukan analisis matematika rumit hanya berbekal pena dan kertas. Kalkulasi dan perhitungannya berhasil mewujudkan impian besar NASA untuk menjelajahi luar angkasa.

Pada 1961, John Glenn dan Alan Shepard berhasul ke luar angkasa. Namun Sebelum memulai misinya, Glenn sendiri meminta Katherine untuk mengecek ulang semua hasil perhitungan komputer, pekerjaan yang membutuhkan waktu 1,5 hari.

“Jika Katherine bilang perhitungan itu benar, aku berani berangkat,“ – John Glenn

Apollo 11 – Neil Armstrong

Kesuksesan misi pendaratan manusia pertama ke Bulan dalam program Apollo 11 50 tahun lalu jadi momentum bersejarah bagi umat manusia. Momen itu pula yang menjadi sumber inspirasi bagi sejumlah karya.

Katherine Johnson menggunakan keahlian Analisa untuk menghitung lintasan penerbangan Apollo 11 yang berhasil mendaratkan Neil Armstrong dan Buzz Aldrin di Bulan pada Juli 1969. Keberhasilan itu membawa Neil Armstrong, Michael Collins, dan Edwin E Aldrin Jr ke Bulan dituangkan dalam banyak karya dan menjadi bagian dalam budaya populer, hingga kini.

Pasti gak ada yang tau kan dibalik semua itu ada Katherine Johnson?

Hidden Figures

“Girls are capable of doing everything men are capable of doing. Sometimes they have more imagination than men”Katherine Johnson

Film Hidden Figures mengisahkan tiga matematikawan wanita andalan NASA, Katherine Goble Johnson, Dorothy Vaughan, dan Mary Jackson. Ketiganya diperankan oleh Taraji Henson, Octavia Spencer, dan Janelle Monae.  Untuk menghormati jasa-jasa Johnson NASA menamai salah satu fasilitas penelitiannya dengan nama Katherine G. Johnson, di Pusat Penelitian Langley di Hampton.

Bagaimana menurut kalian dari kisah inspiratif ini. Siapa nih yang mau langsung nonton film nya setelah baca artikel mengenai kisa inspiratif Katherine Johnson?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat