Setiap orang yang memasuki dunia kerja dituntut untuk menjadi profesional. Anda harus bertanggung jawab dengan apa yang dikerjakan. Namun, ada saja kendala untuk menyelesaikan pekerjaan, terlebih lagi harus tepat waktu. Pernahkah Anda keteteran saat bekerja? Atau merasa bahwa kerjaan Anda tidak habis-habis? Coba  periksa yang salah pekerjaannya atau Anda belum bisa mengatur waktu?

Lantas apa itu manajemen waktu? manajemen waktu dapat diartikan sebagai cara untuk memanfaatkan dan mengatur setiap bagian waktu dalam mengerjakan aktivitas yang sudah direncanakan dan harus diselesaikan dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan. Tujuan utama dari manajemen waktu adalah untuk melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien. Efektifitas dalam sebuah pekerjaan bisa dilihat dari tercapainya tujuan atau target yang sudah ditetapkan dalam manajemen waktu.

Lantas, pentingkah penerapan manajemen waktu dalam dunia kerja? Tentu saja penting! Jika Anda bisa menerapkannya tidak ada lagi pekerjaan yang molor dari deadline, semua pekerjaan terselesaikan bahkan menentukan kesuksesan karier Anda. Nah, berikut ini beberapa tips manajemen waktu yang dapat Anda terapkan:

  1. Membuat perencanaan
    Perencanaan akan mempermudah Anda menentukan tugas apa yang harus lebih dulu Anda kerjakan. Dengan adanya perencanaan, Anda tidak memerlukan waktu lagi untuk berpikir tugas apa yang selanjutnya harus dilakukan. Anda bisa membuat semacam daftar yang berisi list tugas-tugas yang harus diselesaikan mulai dari yang terpenting hingga tugas yang dirasa memiliki waktu tenggang lebih banyak.
  2. Disiplin Waktu
    Tentu saja, bagi Anda yang baru memulai menerapkan manajemen waktu perlu disiplin waktu yang tinggi. Anda perlu membiasakan bekerja dengan disiplin waktu dengan kata lain tidak menunda-nunda pekerjaan. Sikap tidak disiplin inilah yang membuat pekerjaan semakin lama semakin menumpuk dan tidak segera terselesaikan.
  3. Fokus dengan Apa yang Dikerjakan
    Berusahalah untuk mengerjakan apa yang sudah Anda agendakan dan jangan mudah tergoda dengan hal-hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan Anda. Misalnya saja seperti main game atau sering mengantuk saat bekerja, hal-hal seperti ini bisa menunda kesuksesan Anda.
  4. Berani Mengambilan Keputusan
    Manajemen waktu tidak akan berkembang jika Anda tidak dapat mengambil keputusan untuk diri sendiri. Mulai belajarlah untuk mengambil keputusan dengan bijak dan berani untuk mengambil risiko, karena sesungguhnya risiko yang Anda dapat dari sebuah pengambilan keputusan akan membuat diri Anda semakin berkembang.
  5. Jagalah kesehatan
    Menyelesaikan pekerjaan yang begitu banyak akan membuatmu kelelahan. Oleh sebab itu, jaga kesehatan agar tidak mudah sakit dan semua pekerjaan akan terselesai. Terapkan gaya hidup sehat dan sesekali berolahraga walaupun sesibuk apapun aktivitas yang Anda jalani harus tetap sehat.

Penjelasan di atas adalah tips yang dapat Anda terapkan untuk menajemen waktu. Andalah yang harus mengatur waktu, bukan waktu yang mengatur Anda. Selamat mencoba!

Sumber: maxmanroe.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat