Tahukah Anda, saat memulai pekerjaan baru tidaklah semudah yang kita bayangkan. Di hari pertama kerja, terasa seperti mengulang kembali memori zaman SMA pada saat ingin masuk sekolah untuk pertama kalinya. Semua mata akan tertuju pada kita saat berkeliling di sekitar sekolah untuk mempelajari nama-nama orang dan lokasi penting seperti ruang istirahat dan lainnya.

Biasanya, saat kita memulai akan membuat semua orang menilai berdasarkan pilihan pakaian, dan gaya kita berjalan. Hal itu juga akan terjadi pada saat Anda pertama kali masuk kerja. Perasaan gugup dan takut melakukan kesalahan akan muncul secara tiba-tiba.

Untuk menghindari hal-hal yang dapat membuat Anda malu di hari pertama masuk kerja, lakukanlah tujuh hal berikut agar mendapatkan keberhasilan pada saat memulai pekerjaan baru. Memang dengan cara ini, Anda tidak hanya siap untuk hari pertama di tempat kerja, namun juga siap untuk transisi cepat dari karyawan baru menjadi yang dapat diandalkan dalam jangka panjang.

Simak pembahasannya di bawah ini.

  1. Berikan Kesan Pertama yang Baik
    Setiap orang akan menunjukkan kepribadiannya saat memasuki lingkungan baru. Pengenalan kepribadian ini dapat dilihat dari interaksi pertama yang Anda lakukan. Untuk itu, berikan kesan pertama yang baik di hari pertama masuk kerja agar semua orang senang dan ingin berinteraksi dengan Anda.Berikan kesan pertama yang sangat bersahabat. Tunjukan pada semua orang bahwa Anda ingin menjalin persaudaraan dengan rekan kerja yang lain. Buktikan bahwa Anda adalah pekerja yang profesional, rajin, dan penuh hormat, serta menyenangkan ketika melakukan komunikasi dengan siapa pun. Hal ini bisa menjadi penilaian yang hebat bagi Anda sebagai karyawan baru.
  2. Memulai Pekerjaan Tanpa Tuntutan
    Ingat! Anda lebih baik fokus pada pekerjaan yang akan diselesaikan. Hal ini bisa dilakukan dengan menunjukkan diri sebagai karyawan yang rajin dan punya strategi untuk menyelesaikan tugas secara bertahap. Dengan begitu, tugas akan selesai lebih cepat dengan hasil yang maksimal. Lakukan pekerjaan dengan baik dan sesuai arahan. Jika tugas yang Anda kerjakan selesai dengan sempurna, maka akan timbul kepercayaan dari atasan Anda.
  3. Membuat Jadwal Pekerjaan
    Karyawan juga memiliki kehidupan pribadi yang harus dipenuhi. Anda tidak bisa mengerjakan tugas kantor yang dibawa ke rumah. Karena sebagai seorang pekerja, Anda memiliki jadwalnya tersendiri untuk menyelesaikan pekerjaan yang diberikan.Buat kesepakatan jadwal kerja Anda dengan atasan agar dapat saling memahami. Jangan sampai manajer Anda mengirim tugas ketika sedang akhir pekan dan menyebabkan Anda harus bekerja di luar kantor. Komunikasikan dengan baik untuk mempertegas jadwal yang telah ditentukan berdasarkan kesepakatan.  Tolak secara halus dan biarkan tugas tersebut dikerjakan pada jam kerja yang telah ditentukan.
  1. Fokus Terhadap Tugas Anda
    Banyak karyawan yang membuat diri mereka terlihat buruk karena mencoba melibatkan diri dalam masalah pekerjaan yang bukan urusan mereka. Hindari untuk terlibat dengan pekerjaan yang bukan menjadi bagian Anda. Karena kemampuan seseorang tentunya berbeda-beda tergantung bidang yang dipilih. Anda tidak bisa terlibat dengan pekerjaan orang lain yang belum tentu Anda pahami. Hal ini hanya akan membuat pekerjaan Anda terhambat dan reputasi Anda menjadi buruk di mata rekan kerja karena tidak mampu mengerjakan pekerjaan yang di luar bidang Anda. Lebih baik tolak secara halus tugas orang lain yang tidak Anda kuasai.
  2. Memilih Pekerjaan dengan Bijak
    Ketika memulai pekerjaan baru, akan banyak kehidupan baru yang juga ditemukan. Dengan banyaknya orang yang akan berinteraksi dengan Anda di dunia kerja, Anda mungkin akan dihadapkan dengan berbagai macam permasalahan yang akan membuat Anda frustasi, cemas, dan ada rasa kekhawatiran.Untuk itu, Anda harus bisa membedakannya dengan melihat hal-hal penting, hal-hal yang harus dihindari, hal-hal yang tidak perlu dilibatkan ataupun hal-hal yang tidak penting untuk Anda ketahui. Pilihlah pekerjaan dengan bijak dan hidup Anda akan terasa lebih baik.
  3. Punya Manajemen Waktu yang Baik
    Jika Anda sudah memulai pekerjaan baru, maka ini adalah saatnya untuk membuat manajemen waktu yang tepat. Jangan sampai Anda merasa terbebani dengan banyaknya tugas yang harus diselesaikan.Anda harus membuat prioritas utama yang harus diselesaikan. Catat apa saja yang harus Anda capai dalam waktu satu minggu atau satu bulan ke depan. Daftar item yang telah dibuat harus Anda selesaikan setiap harinya agar mampu mencapai target. Lebih cepat selesai maka akan lebih baik nilai kinerja Anda di mata atasan.
  4. Jangan Takut untuk Bertanya
    Sebagai karyawan baru, wajib hukumnya bagi Anda untuk selalu bertanya. Itu menandakan bahwa Anda paham dan ingin belajar lebih dalam. Tanyakan sesuatu yang belum Anda ketahui maknanya dan seperti apa kinerjanya. Dengan begitu, pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah dan cepat selesai.Selain itu, jangan ragu untuk melakukan riset mengenai pekerjaan yang harus Anda lakukan agar hasilnya menjadi sempurna.

Itulah tadi 7 tips yang harus Anda lakukan pada saat memulai pekerjaan baru. Pahami dan terapkan tips di atas satu persatu agar Anda mendapatkan hasil yang maksimal dan memperoleh keberhasilan di pekerjaan yang baru.

Sumber : //www.topresume.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu