Pada edisi sebelumnya, kita bahas mengenai Generasi millenial bisa jadi pemimpin yang baik, sekarang kita kaji apa strategi yang tepat untuk meningkatkan potensi hebat Generasi Millenial, karena cepat atau lambat Generasi Millenial akan menjadi Leader baik dalam organisasi atau perusahaan. Lalu, bagaimana best practices untuk meningkatkan potensinya. Simak uraian berikut !

Identifikasi Potensi

Langkah awal Lakukan Identifikasi terhadap potensi dan motivasi yang dimiliki karyawan millenial, agar program pengembangan yang akan dijalankan dapat sesuai dengan prioritas penanganan dan yang dibutuhkan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi potensi dan motivasi kerja secara tepat adalah dengan assessment centre.

Buat Success Planning

Penting bagi perusahaan untuk menunjukkan pilihan-pilihan karir yang tersedia. Sampaikan informasi pada karyawan potensial mengenai gambaran sukses di masa depan, bantu dan dampingi agar dapat mencapainya dengan membuat success planning.

Lakukan program coaching & mentoring

Generasi ini sangat menghargai pengembangan personal maupun profesional dan berharap perusahaan bersedia membantu dalam proses belajar dan peningkatan potensinya. Bila mereka tahu bahwa perusahaan berinvestasi pada mereka untuk jangka panjang, mereka akan memberikan kontribusi lebih dalam perkembangan perusahaan, program coaching dan mentoring merupakan cara tepat Untuk membangkitkan, menajamkan bahkan menyempurnakan potensi terbaik  karyawan generasi millenial.

Fokus pengembangan Soft Skills

Milenial kerap lemah dalam hal ini, oleh karena itu tekankan pentingnya soft skills dalam keterampilan bisnis agar dapat berkontribusi lebih baik pada perusahaan, manajemen bisa mensosialisasikan hal-hal dasar soft skill dan memberi pelatihan dasar seperti etika bisnis, cara berkomunikasi dan bekerjasama, manajemen waktu, manajemen konflik dan lain-lain, agar berkesan dan menarik buat program pengembangan soft skill terfokus dengan dibantu oleh lembaga berpengalaman dan memiliki reputasi tinggi.

Budayakan Pengakuan

Informasikan bahwa mereka adalah karyawan potensial,  agar mereka merasakan bahwa kehadirannya istimewa dan penting bagi perusahaan. Tak jarang pula, bila Anda memberitahu bahwa dia adalah seseorang berkinerja baik, mereka akan berkinerja jauh lebih baik kedepannya, dengan catatan jangan lupa memberi umpan balik untuk perbaikan dan peningkatan kinerja.

Karyawan adalah aset yang perlu ditangani dengan sangat baik, dan generasi millenial adalah calon pemimpin yang perlu dididik dan dikembangkan dengan tepat, best practices diatas bisa menjadi langkah tepat mencetak pemimpin baru, silahkan konsultasikan dengan lembaga yang tepat.

Proxsis HR merupakan lembaga yang berpengalaman dan memiliki reputasi tinggi dalam melaksanakan program-program pengembangan karyawan, dan telah membantu banyak peruashaan dalam mensukseskan program pelatihan, coaching & mentoring serta assessment, karyawan sebagai aset yang perlu dilindungi dan ditangani dengan sangat baik.

www.kompasiana.com

www.ekonomi.kompas.com

www.news.detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu