Perubahan terjadi dengan sangat cepat, utamanya teknologi, sehingga berdampak pada perubahan bisnis diseluruh negara. Dalam dunia kerja hadirnya teknologi memungkinkan adanya otomasi berbagai pekerjaan rutin yang berulang yang menggantikan peran manusia.

Saat ini teknologi komunikasi terus berkembang semakin canggih sehingga memudahkan bisnis tersebar di berbagai tempat. Selain itu, peran big data juga semakin penting dengan meningkatnya kecerdasan algoritma dan struktur organisasi perusahaan yang semakin handal dalam mengolah data.

Pekerjaan saat ini memang banyak dimudahkan dengan teknologi. Namun, satu hal yang tidak bisa digantikan dengan mesin dan teknologi, yaitu kemampuan individu untuk berhubungan dengan orang lain, memahami, membangun dan membina hubungan. Oleh karena itu pentingnya meningkatkan kompetensi soft skill dalam menghadapi perubahan zaman seperti saat ini, Artinya, keterampilan teknis yang canggih perlu dikombinasikan dengan kompetensi soft skill yang mumpuni.

Berikut 5 (lima) soft skill dasar yang dibutuhkan pelaku bisnis dan pekerja di era digital :

1. Motivasi

Memiliki dorongan dan keinginan yang kuat dalam mencapai tujuan bisnis dan organisasi , dengan mengupayakan sekuat tenaga menghasilkan kinerja yang tinggi

2. Komunikasi

Bisnis yang sukses itu ketika terjalin komunikasi dan koordinasi yang baik sehingga akan terbangun tim yang solid dan mampu bekerjasama meraih prestasi, dengan komunikasi yang baik segala kendala dan masalah bisnis juga akan lebih mudah diselesaikan, dan yang paling utama pintar membangun komunikasi yang erat kaitannya dengan pemasaran.

3. Pengendalian Emosi

Dalam hubungan berbisnis juga perlu penguasaan metode mengelola dan mengendalikan emosi serta belajar berempati, agar terjalin ikatan emosi yang baik sehingga terbentuk kerjasama yang kuat dengan tim ataupun partner bisnisn.

4. Berpikir Kreatif dan Inovatif

Memiliki kemampuan berpikir cepat, kreatif dan inovatif  akan lebih mudah dalam menghadapi dan mengendalikan perubahan bisnis, serta mempercepat dalam menemukan solusi dari setiap kendala dan perubahan yang dihadapi.

Baca Juga: 5 Tips Manajemen Waktu yang Efektif!

5. Integritas

Selalu memegang teguh norma dan etika bisnis, untuk keberlangsungan jangka panjang, bisnis yang demikian akan lebih terfokus pada karya dan manfaat.

Jadi untuk meminimalisir terjadinya kegagalan bisnis dan pekerjaan ada baiknya hal-hal seperti pemaparan diatas perlu diperhatikan, Pelatihan soft skill dapat menjadi salah satu pilihan, karena mngembangkan keahlian soft skill dapat berdampak postitif untuk membangun perubahan yang lebih baik dalam dunia kerja dan bisnis.

Jadi tunggu apalagi, segera tingkatkan kompetensimu, Proxsis telah membantu ribuan profesional dalam mengembangkan kompetensi soft skill dengan berbagai metode terkini, dan memiliki tenaga ahli terpercaya serta berpengalaman.

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi www.pelatihanpengembangansdm.co.id atau Hubungi Della: 0822-1105-999 / Dian: 0813-1753-9288.

www.tribunnews.com/bisnis
ugm.ac.id
www.viva.co.id
www.republika.co.id

Menu