Fokus dan Konsentrasi sangat penting karena dapat mendorong produktivitas agar dapat menyelesaikan tugas dan pekerjaan dengan efektif dan efisien.

Saat mengerjakan proyek atau pekerjaan kantor yang rutin, mungkin beberapa kali pernah kita alami gagal atau meleset dari rencana yang seharusnya karena tidak fokus. Istilah “Gagal Fokus” adalah istilah yang populer dalam dunia “medsos”, yang artinya merespon tidak nyambung atau tidak ada hubungan dengan masalah yang seharusnya menjadi fokusnya.

Yuk, simak tips jitu berikut !

1. Ketahui Penyebab Gagal Fokus

Sebelum mulai berupaya meningkatkan konsentrasi kerja, ada baiknya cari tahu dulu hal apa yang membuat gagal fokus.

Dering ponsel dari grup chat yang tidak berhenti kadang memancing kita untuk beralih dan meninggalkan pekerjaan sesaat, kadang hal tersebut dapat membuyarkan konsentrasi dan fokus, ada baiknya Kamu bisa mute sementara dan atur kapan waktu yang tepat untuk membuka chat grup tersebut, agar tak muncul godaan untuk bolak-balik cek ponsel.

2. Buat daftar pekerjaan yang harus diselesaikan

Kamu bisa membuat daftar pekerjaan dengan membuat to-do list harian, waktu membuat rencana tersebut bisa di pagi hari atau malam hari sebelumnya. untuk menghindari agar tidak ada pekerjaan yang terlupakan atau terlewatkan.

3. Buat Skala Prioritas

Supaya Kamu tidak bingung dan lelah karena dipertemukan dengan dua-tiga pekerjaan dalam satu waktu, cobalah untuk mengatur prioritas, mana yang lebih penting dan mendesak untuk diselesaikan, mana yang bisa dikerjakan nanti dulu karena deadlinenya juga masih agak lama, sehingga semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan rapid an tepat waktu.

4. Naikkan motivasi kerja

Seringkali seseorang gagal fokus karena ia tidak bisa melihat apa maksud dari pekerjaan tersebut serta korelasi dengan tujuan dan cita-citanya

Mungkin meletakkan foto atau benda yang dapat mengingatkan pada sebuah tujuan dapat meningkatkan konsentrasi. Seperti foto keluarga, pesat pernikahan impian, rumah idaman, atau apapun benda yang akan membuat Kamu jadi lebih bersemangat saat melihatnya, sehingga Kamu pun tidak merasa berat menyelesaikan segala pekerjaan yang rumit sekalipun.

5.  Jangan campur aduk pribadi dan pekerjaan

Gagal fokus juga bisa disebabkan masalah psikologis yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, seperti masalah ekonomi, masalah keluarga, masalah relasi dengan orang lain, dsb. Lupakan sementara berbagai permasalahan pribadi Kamu saat bekerja sehingga Kamu tetap fokus dan konsentrasi menyelesaikan semua tugas dan tanggung jawab pekerjaan.

6. Ciptakan lingkungan kerja yang nyaman

Gagal fokus dapat disebabkan lingkungan kerja yang tidak nyaman seperti meja kerja yang berantakan, kotor, dsb. Kamu dapat memperbaikinya dengan menerapkan konsep 5 R, yaitu ringkas, rapi, resik, rawat, dan raji, sehingga suasana hati Kamu pun menjadi tenang dan nyaman karena lingkungan yang bersih dan indah dipandang mata.

7. Optimalkan waktu istirahat

Energi dan perhatian itu terbatas. Oleh karena itu, Kamu perlu meluangkan waktu untuk beristirahat, tujuannya adalah mengalihkan perhatian sejenak sehingga otak menjadi segar kembali saat bekerja, misalnya dengan dengan meminum kopi/teh, ngobrol dengan rekan, atau menelfon keluarga.

8. Konsumsi makanan dan minuman sehat

Sebuah penelitian dari University of Connecticut yang dilakukan oleh para Ilmuwan menemukan bahwa dehidrasi bisa mengubah mood seseorang, suasana hati, tingkat energi, fungsi mental, daya ingat, bahkan memicu kecemasan dan ketegangan. Jadi, ingatlah, untuk senantiasa minum disela-sela kerja ya, supaya tetep fit, fokus, dan konsentrasi.

Selain dehidrasi gagal fokus juga karena nutrisi tubuh tidak tercukupi, sebaiknya selalu jaga asupan tubuhmu dengan makanan bergizi dan kaya nutrisi seperti buah-buahan, sayur-sayuran, ditambah dengan karbohidrat murni dari nasi coklat, kentang, kinoa, oat, dan pisang.

9. Olahraga Teratur

Pikiran yang segar, biasanya selaras dengan badan yang segar pula. Orang cepat mengantuk, lelah karena di kepalanya kurang supply oksigen, dan supply oksigen karena kurang banyak bergerak.

Supaya otak tetap segar dan mampu berkonsentrasi, harus ada oksigen yang cukup, dengan cara banyak bergerak  termasuk olahraga yang teratur.

10. Membangun Kebiasaan

Mengubah agenda pekerjaan menjadi agenda kebiasaan, maka otak akan merekam kebiasaan di pikiran bawah sadar, sehingga akan membuat  Kamu selalu fokus dan konsentrasi penuh saat bekerja.

Demikian tips Jitu menghindari gagal fokus saat bekerja. Yuk, diterapkan supaya kamu tidak gagal fokus lagi saat sedang bekerja.

www.msn.com
www.teknikhidup.com
www.fitnessformen.co.id
www.olvista.com

1 Comment. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu