Kenali Tugas Dan Fungsi Konsultan SDM

3 Menit Membaca
Diskusi dengan seorang Konsultan SDM

Sumber daya manusia (SDM) merupakan aset penting bagi perusahaan, kinerja SDM yang berkualitas maka akan semakin mudah bagi perusahaan dalam mengejar target-target dan tujuan yang telah disusun. Karenanya perlu ada berbagai program pelatihan dan pengembangan strategi SDM yang tepat dan sesuai dengan visi misi perusahaan.

SDM adalah kunci penting bagi perusahaan untuk tetap bisa bersaing saat ini, dengan menciptakan inovasi-inovasi dalam rangka pengembangan bisnis. Namun banyak perusahaan yang masih terkendala dalam meningkatkan kinerja dan kualitas karyawannya karena terlalu fokus pada kegiatan administrasi dan operasional rutin.

Jika perusahaan merasa manajemen dan kinerja SDM saat ini belum optimal, perusahaan dapat menyewa konsultan SDM untuk membuat rencana peningkatan efisiensi karyawan yang lebih baik. Sejatinya, perusahaan akan terus berusaha menerapkan manajemen sumber daya manusia yang lebih efisien dan efektif, namun banyak perusahaan memiliki keterbatasan anggaran dan tidak dapat menerapkan manajemen SDM yang mumpuni secara penuh waktu. Oleh karena itu, konsultan SDM dapat menjadi pilihan yang tepat dan efisien bagi perusahaan.

Tugas Konsultan SDM

Berbeda dengan spesialis SDM pada umumnya, konsultan SDM hanya fokus pada perhatian atau pengelolaan sumber daya manusia yang sifatnya administratif. Mereka yang kompeten memiliki kemampuan membantu perusahaan dalam pengembangan kinerja SDM, mulai dari mengidentifikasi masalah hingga memberikan solusi yang efek tif untuk meningkatkan kinerja karyawan. Berikut adalah beberapa peran Konsultan SDM yang dapat membantu dalam mencapai target kinerja yang telah ditentukan perusahaan:

1. keinginan dan Menyeleksi Calon Karyawan

Rekrutmen tenaga kerja merupakan proses paling mendasar dalam pengembangan bisnis. Perusahaan berupaya mendapatkan, menyeleksi dan menempatkan SDM yang tepat dan dibutuhkan sesuai visi misi dan target yang disusun.

Pergerakan bisnis tentu akan terganggu dan tidak bisa berjalan dengan optimal bila perusahaan tidak memiliki SDM kompeten yang sesuai dengan kebutuhan. diperlukan proses seleksi yang akurat dan matang dalam menyaring orang-orang yang akan bergabung dengan perusahaan.

2. Pengembangan Kinerja SDM

Tidak sedikit perusahaan yang lambat dalam mengejar tujuan karena masalah kualitas SDM, mulai dari kompetensi karyawan yang masih lemah, atau penempatan karyawan pada posisi yang tidak sesuai.

Konsultan SDM akan membantu perusahaan untuk meluncurkan SDM, terutama dalam penguasaan dan keahlian organisasi di bidang masing-masing, termasuk juga dalam meningkatkan pemahaman SDM terkait atau perusahaan. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Konsultan SDM

3. Menganalisa Kebutuhan Pelatihan

Meski sudah memasuki dunia kerja profesional, karyawan masih membutuhkan pelatihan atau pendidikan dalam meningkatkan kompetensinya. Hal ini perlu diperhatikan dan dapat berdampak pada akselerasi perusahaan dalam mengejar target.

Perusahaan wajib memiliki skema pelatihan SDM yang tepat dan sesuai kebutuhan. Konsultan SDM akan berperan dalam menganalisis aspek-aspek yang tepat dan relevan untuk melatih karyawan agar lebih berkontribusi dan optimal bagi perusahaan.

4. Masalah

Kehadiran konsultan SDM sebagai pihak eksternal tentu akan lebih mudah dan objektif dalam melihat masalah-masalah yang dihadapi oleh perusahaan, karena banyak perusahaan yang terkendala dalam mengatasi permasalahan sumber daya manusia yang dapat berimbas pada kinerja perusahaan karena terbatasnya sudut pandang yang ada.

Mereka akan membantu perusahaan untuk melakukan riset, mengidentifikasi, mencari tahu permasalahan untuk dicarikan jalan keluar dan juga berperan untuk mengembangkan atau merevisi kebijakan-kebijakan perusahaan terkait SDM.

Konsultan SDM dari Proxsis HR

5. Pendampingan

Konsultan SDM berkewajiban untuk mendampingi perusahaan untuk melihat dari pengembangan dan evaluasi yang telah diberikan kepada karyawan, guna memastikan program yang telah disusun sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan.

Perbedaan antara Konsultan SDM dan Manajer SDM

Konsultan SDM merupakan konsultan perusahaan atau pekerja lepas, sedangkan Manajer SDM, yaitu pihak yang dipekerjakan dalam organisasi untuk memenuhi tugas sumber daya manusia. 

Perusahaan dapat meminta para konsultan untuk memberikan saran dan penyediaan pelayanan sesuai kebutuhan. Sedangkan manajer SDM lebih banyak berperan dalam manajemen sehari-hari, bila dibandingkan dengan konsultan yang lebih fokus terhadap strategi hal-hal. 

Manajer SDM internal akan terbiasa dengan cara kerja bisnis dan menyesuaikan dengan kebutuhan spesifik industri. Sedangkan Konsultan SDM harus dapat beradaptasi di antara industri dan dinamika perusahaan.

Konsultan SDM membantu perusahaan untuk menyiapkan dan meningkatkan SDM yang lebih berkualitas serta sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk mencapai target. Apakah Anda tertarik untuk berbicara dengan konsultan yang handal dan terpercaya? Anda dapat klik tautan berikut untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai konsultasi program di Proxsis HR.

Sumber

Consultancy AU, HR Profiling Solutions, HR University, Presenta, Visi Cita Karya

HELLO EXPERT (HUBUNGI KAMI)

Menu
Open chat