5 Tips Memilih Konsultan SDM

3 Menit Membaca
Seorang staff rekrutmen sedang mewawancarai kandidat Konsultan SDM

Perusahaan akan berjalan dengan lancar dan baik bila didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten. Apalagi di zaman modern sekarang ini, dimana perusahaan dituntut untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis perusahaan, maka peran Konsultan SDM yang berkualitas dan terlatih menjadi sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi.

Tidak sedikit perusahaan yang terkendala dalam menjalankan bisnisnya karena permasalahan SDM yang menyebabkan pertumbuhan perusahaan melambat. Sementara di sisi lain, perusahaan-perusahaan kompetitor terus bermunculan.

Dalam dunia kerja, SDM merupakan aset berharga dan penting bagi perusahaan untuk menjalankan bisnis dan mencapai tujuan. Perusahaan wajib memperhatikan kualitas SDM dan berupaya meningkatkannya dengan berbagai cara, mulai dari memberikan pelatihan, pendidikan, hingga pengukuran kualitas SDM agar tercapai pengembangan SDM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Di sisi lain, perusahaan juga tidak perlu ragu menggunakan jasa konsultan SDM untuk pengembangan dan peningkatan kualitas SDMnya. Sebab, perusahaan yang memiliki SDM yang berkualitas tentu memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik.

Konsultan SDM sudah menjadi kebutuhan bagi perusahaan sekarang ini dalam rangka memaksimalkan potensi SDM demi meningkatkan kinerja perusahaan. Mereka dapat membantu perusahaan mulai dari memilih SDM yang tepat dan unggul hingga memberikan rekomendasi penyelesaian masalah terkait karyawan, bahkan mereka juga dituntut untuk bisa memberikan nilai tambah bagi perusahaan.

Tips Memilih Konsultan SDM

Di era modern saat ini, kehadiran konsultan SDM sudah banyak ditemui di Indonesia. Perusahaan perlu untuk selektif dan tidak asal dalam memilih kandidat konsultan yang tepat. Jangan sampai perusahaan memilih seorang konsultan yang amatir, sebab tupoksi-tupoksi yang diurus oleh konsultan dapat berdampak besar pada jalannya perusahaan.

Konsultan SDM dari Proxsis HR 

1. Profesional

Memilih konsultan SDM yang tidak tepat akan berdampak fatal bagi perusahaan. Profesionalitas harus menjadi kriteria utama bagi perusahaan dalam mencari setiap kandidat konsultannya.

Kandidat yang profesional dapat dilihat dari cara kerja yang ditawarkan dalam memberikan solusi yang tepat bagi perusahaan. Di samping itu, memiliki sertifikasi yang resmi di bidangnya, terutama yang sudah di tingkat senior, sebagai salah satu indikator kandidat tersebut memang memiliki kualifikasi profesional di bidang SDM.

2.Track Record

Perusahaan harus teliti dalam melihat rekam jejak konsultan SDM yang akan dipilih. Kandidat yang bagus tentu memiliki track record yang memuaskan dan berpengalaman dalam menangani banyak klien.

Sudah berapa banyak klien yang dilayani oleh konsultan tersebut dan keberhasilannya membantu klien tersebut harus menjadi acuan untuk melihat bagaimana mereka akan menangani perusahaan Anda kedepannya.

Rekam jejak tersebut dapat dilihat dari testimoni para klien dari konsultan tersebut. Bisa juga melacak di mesin pencarian google dan mengunjungi langsung situs konsultan SDM yang akan Anda pilih.

3. Spesifikasi Khusus

Konsultan SDM harus memiliki kompetensi yang tinggi dalam memahami sektor bisnis yang dijalankan perusahaan, agar mampu mengidentifikasi masalah yang menghambat laju bisnis dalam mencapai tujuan perusahaan. 

4. Ketersediaan Panggilan (On-Call Availability)

Sering kali konsultan SDM dimintai bantuan ketika kita sebagai klien tidak dapat memecahkan masalah di perusahaan. Oleh karena itu, ketika Anda mencari tahu tentang layanan konsultasi SDM untuk di prospek dan mereka mengatakan bahwa ‘kami selalu siap untuk dihubungi’, pastikan bahwa pada kenyataannya memang demikian. Mengapa demikian? Hal ini memastikan bahwa seorang konsultan SDM benar-benar siap memberikan layanan konsultasi kepada klien, bahkan dalam keadaan darurat sekalipun.

5. Terjangkau

Tarif konsultasi yang terjangkau juga menjadi hal yang penting dalam memilih konsultan SDM, agar dana yang disiapkan tidak menjadi beban tambahan bagi perusahaan. Namun kualitas dan profesionalitas dari seorang konsultan jangan sampai dikesampingkan.

Banyak perusahaan yang tidak bisa bertahan dengan kemajuan dunia yang begitu cepat hari ini. Hal ini disebabkan salah satunya karena SDM yang tidak terlatih dan siap menghadapi perubahaan yang datang.

Mulai saat ini perusahaan harus menjadikan SDM sebagai aset penting agar tetap bisa tumbuh dan berkelanjutan. Apalagi saat ini dunia bisnis menuntut harus sigap dalam memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mendukung kinerja perusahaan.

Nah itu dia 5 tips dan trik dalam memilih Konsultan SDM untuk terus meningkatkan kinerja departemen SDM di perusahaan Anda. Apakah Anda tertarik untuk memajukan performa SDM di perusahaan Anda? Para expert handal kami di Proxsis HR siap membantu dan menjawab setiap kebutuhan untuk mencapai tujuan perusahaan Anda.

HELLO EXPERT (HUBUNGI KAMI)

Menu