The art of communication is the language of leadership – James Humes

Komunikasi merupakan kunci utama seseorang bisa berhubungan dengan orang lain. Baik atau buruknya hubungan seseorang dengan orang lain sangat ditentukan dengan bagaimana sebuah komunikasi dibangun. Jika Anda bisa membangun komunikasi dengan baik, kemungkinan besar respon yang akan Anda dapatkan juga baik.

Komunikasi yang baik tentu sangat diperlukan oleh siapa saja di bidang apapun. Mulai dari mereka yang berada pada bidang penjualan, kerja sama, public relations hingga customer care. Komunikasi yang kurang tepat bisa menyebabkan adanya perbedaan penafsiran dan bisa menimbulkan konflik serta masalah atau kerugian dalam bisnis.

Pendekatan melalui komunikasi memang banyak dilakukan oleh para pebisnis, diplomat, pengajar, hingga karyawan swasta. Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan komunikasi agar semakin efektif dan dapat memberikan manfaat maksimal. Meski demikian, teknik apapun tetap membutuhkan jam terbang atau praktik dalam waktu lebih panjang.

Komunikasi yang baik memang tidak bisa didapatkan secara gratis, semua ada harganya. Eitsssss, harga yang harus dibayarkan tidak selalu dalam bentuk uang kok, tetapi kesungguhan dan ketelatenan untuk terus mengasah kemampuan berkomunikasi.

Salah satu teknik yang paling populer dan banyak dipelajari adalah teknik Neuro Linguistic Programming (NLP). NLP merupakan teknik komunikasi pengaturan pola alam bawah sadar. Teknik ini telah dikenal masyarakat luas sebagai teknik penyembuhan dari penyakit tertentu, peningkatan kapasitas diri, hingga kemampuan public speaking.

Salah satu tokoh komunikasi terkenal Nick Bothman memberikan teorinya tentang komunikasi dari Amerika menggunakan prinsip KFC. Teorinya adalah sebagai berikut:

  1. K (know)
    Cari tahu apa yang menjadi tujuan Anda berbicara atau berkomunikasi. Jika telah mengetahuinya, pasti Anda menjadi paham betul ke arah mana pembicaraan akan berjalan dan menjadi lebih mudah untuk diarahkan.
  1. F (find)
    Pastikan Anda menemukan cara untuk mengalihkan pembicaraan agar bisa mencapai tujuan yang sebenarnya. Anda harus bisa menemukan pembicaraan yang menarik jika pembicaraan sudah terasa membosankan. Jangan membuat pelanggan atau orang yang Anda ajak berkomunikasi bosan dengan topik yang sedang dibicarakan. Jika rekan yang Anda ajak bicara terlihat sudah bosan, Anda harus segera buru-buru untuk mencari topik yang lain.
  1. C (change)
    Jika Anda ingin mencapai suatu tujuan tertentu, pasti Anda memiliki cara untuk mencapai tujuan tersebut. Jika cara yang Anda gunakan belum bisa mencapai tujuan, maka ubah cara tersebut. Cari cara lain yang mungkin bisa mengantarkan Anda mencapai tujuan. Ada pepatah mengatakan “banyak jalan menuju Roma”, jadi pasti ada cara lain yang bisa digunakan jika satu cara tidak berhasil.

Ketiga kaidah di atas banyak dijadikan kunci atau pola dasar komunikasi dalam teknik NLP. Tidak semua orang bisa dengan mudah melakukannya, apalagi yang belum terbiasa berhubungan dengan orang baru atau berbicara dengan orang yang tidak dikenal. Mungkin sangat sulit untuk menguasai suasana atau membuat orang lain terasa dekat dengan Anda.

Jika Anda telah mampu menguasai pembicaraan atau komunikasi dengan baik tentu sangat bermanfaat untuk menyampaikan atau menyanggah gagasan, berpidato di depan umum dan bernegosiasi dalam bisnis. Perlu Anda ketahui bahwa komunikasi yang diajarkan dalam teknik NLP tidak hanya berupa komunikasi verbal melainkan juga nonverbal serta tulisan.

Demikian teknik komunikasi NLP yang perlu Anda ketahui. Coba terapkan beberapa teknik komunikasi di atas agar kemampuan komunikasi Anda bisa meningkat. Sekian pembahasan mengenai teknik komunikasi NLP yang bisa kami berikan, semoga bermanfaat.

Proxsis HR siap membantu Anda dalam memberikan pelatihan komunikasi yang tepat untuk Anda dan dapat membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk ke depannya.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kontak yang ada di website kami.

Sumber : //esqtraining.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat