Cara Meningkatkan Percaya Diri dalam Berkomunikasi

5 Menit Membaca
Percaya Diri

Komunikasi sangat penting sehingga harus dipelajari oleh setiap orang. Menguasai cara berkomunikasi yang baik membuat seorang bisa bertukar informasi dengan orang lain, sementara tanpa ada komunikasi maka interaksi yang baik pun sangat sulit terwujud.

Komunikasi yang buruk antar sesama juga banyak menimbulkan masalah baik dalam kehidupan pribadi atau pekerjaan. Sehingga membangun komunikasi yang baik merupakan solusi dari berbagai masalah yang terjadi.

Masalahnya, tidak semua orang percaya diri dan mampu berkomunikasi dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami tips berkomunikasi dengan baik lewat penjelasan kali ini.

A. Pentingnya Percaya Diri saat Berkomunikasi

Memiliki kepercayaan diri saat berkomunikasi sangat penting karena akan berkaitan dengan banyak aspek baik pekerjaan atau kehidupan pribadi. Misalnya dalam pekerjaan, jika Anda seorang sales maka penjualan akan sulit terjadi jika tak mampu menjelaskan keunggulan produk kepada konsumen.

Selain itu, komunikasi yang baik jugaĀ  bermanfaat untuk menjaga keharmonisan keluarga dan menjadi contoh baik bagi anak-anak. Komunikasi yang baik juga menghindari terjadi konflik dalam keluarga. Anda akan merasa nyaman dalam kehidupan pribadi atau pekerjaan saat memiliki kepercayaan diri untuk berbicara, memahami orang lain dan memiliki kemampuan komunikasi yang efektif.

B. Tips Percaya Diri dalam BerkomunikasiĀ 

Ada sejumlah langkah yang bisa Anda ikuti untuk membangun rasa percaya diri dalam berkomunikasi. Simak tips berikut ini:

1. Berlatih Bicara di Depan Cermin

Cara pertama melatih kemampuan berkomunikasi dengan orang lain yaitu berbicara pada diri sendiri. Self talk Anda harus terlatih terlebih dahulu agar bisa meningkatkan rasa percaya diri.Ā 

Caranya berdiri di depan cermin lalu mulai berbicara. Cobalah berbicara dengan intonasi yang jelas dan tidak terburu-buru. Bayangkan Anda sedang berbicara dengan seorang teman atau di depan publik.

Cara ini bisa membantu melihat apa kekurangan dari diri sendiri saat berkomunikasi. Misalnya penampilan yang tidak menarik, maka bisa segera diperbaiki. Bisa juga suara tidak terdengar dengan jelas, sehingga Anda bisa segera memperbaikinya.

Baca juga: Mengenal FOMO dan Cara Mengatasinya

2. Tidak Takut Salah

Takut salah bisa saja membuat Anda minder untuk berbicara dengan orang lain. Belum lagi ada yang akan mengkritik habis-habisan sehingga membuat nyali menjadi ciut. Oleh karena itu, penting memiliki sikap tidak takut salah atau masa bodoh dengan kesalahan sekalian.

Perlu diketahui, pembicara hebat sekali pun pasti pernah mengalami salah bicara, namun ia terus belajar memperbaikinya. Oleh karena itu wajar saja jika nantiĀ  keceplosan atau salah ucap di sela-sela pembicaraan.

Yang harus Anda lakukan adalah sampaikan pembicaraan dengan baik dan jelas. Kalau terjadi kesalahan bisa segera meminta maag atau diskusikan dengan baik. Saat bicara sudah tidak takut salah, maka komunikasi Anda sudah ada kemajuan dari sebelumnya.

3. Jadikan Teman Tempat Latihan Bicara

Sebagaimana disampaikan penulis Concretopia:Ā A Journey Around the Rebuilding of Post-War Britain, menjelaskan bahwa tingkat kepercayaan diri seseorang dibentuk oleh lingkungan. Saat Anda berada di tengah-tengah orang yang jarang bersuara, maka bisa jadiĀ  akan terbawa kebiasaan untuk ikut diam.

Anda bisa meminta bantuan teman terdekat untuk berlatih cara berkomunikasi yang baik. Cobalah duduk berhadapan dengan teman, lalu ajarkan beberapa hal. Setelah itu minta teman menjelaskan apa kekurangan dari cara bicara Anda. Contohnya bicara yang terlalu cepat, tidak jelas, dan tidak sistematis.

Selain itu, Anda bisa keluar dari zona nyaman dan berbaur dengan teman-teman yang aktif berbicara. Lingkungan akan berpengaruh pada Anda, sehingga akan terpengaruh untuk ikut berbicara. Lingkungan seperti itu tentu akan membuat Anda berlatih berkomunikasi dengan percaya diri.

4. Yakin dengan Kemampuan Sendiri

Cobalah meyakinkan diri sendiri bahwa Anda bisa melakukan komunikasi dengan baik. Mulailah dengan pelan-pelan dan tenang saat berbicara. Bersikap tenang bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Cara ini memang tidak mudah tapi bukan berarti tidak mungkin. Bagaimanapun anda harus yakinkan diri bahwa Anda bisa berkomunikasi penuh percaya diri dengan orang lain. Anggap saja lawan bicara itu seperti orang-orang yang sudah dekat seperti saudara atau teman.

Cara ini lama kelamaan akan membuat Anda terlatih dan lancar dengan sendirinya.Ā Jangan takut mencoba dan yakinlah bahwa Anda bisa berkomunikasi dengan percaya diri.

Konsultan HR dari Proxsis HR

C. Kesimpulan

Memiliki rasa percaya diri dalam berkomunikasi merupakan keterampilan yang bisa dipelajari oleh semua orang. Siapa pun mereka, jika mau belajar maka akan memiliki kemampuan komunikasi yang profesional.

Anda bisa mengikuti tips di atas untuk menjadi seorang pembicara publik yang percaya diri sehingga berdampak baik bagi kehidupan karir profesional atau pribadi Anda. Agar komunikasi Anda semakin efektif, mari belajar lagi dengan bergabung bersama kami lewat pelatihan komunikasi yang efektif untuk kemajuan karir Anda.

Ikuti pelatihan Komunikasi Efektif ā€œTinggikan Karir Anda dengan Keterampilan Komunikasi yang Efektifā€ di Proxsis HR. Info lebih lanjut bisa lihatĀ disiniĀ atau hubungi kami di Hello Expert. Proxsis HR siap untuk melayani dan berkolaborasi.

Rate this post
Bagikan artikel ini