Sukses membangun bisnis ternyata di awali dengan Mindset Entrepreneurship plus pengetahuan marketing plus adanya mentor atau orang yang bersedia berbagi pengalaman, maka bisnis akan tumbuh dan berkembang lebih cepat…

Pernahkah anda menawarkan produk via berbagai media namun tidak mendapat respon atau penjualan sebagaimana yang anda inginkan?

Atau mungkin, penjualan naik tapi koq laba menurun…

Atau mungkin anda mendapatkan pelanggan baru namun pelanggan yang pernah membeli produk tidak pernah ” repet order”, alias hilang…?

Produktif disaat Work From Home

Bila anda memiliki produk apapun yang ingin ditawarkan kepada pelanggan pasti anda mengharapkan produk itu laku terjual dipasaran, nah untuk bisa sampai kesana harus memperhatikan tahapan prosesnya, ibarat menanam pohon, ada tahap merawat, memberi pupuk dan memetik buahnya, semua tahap atau proses ini adalah hal yang berbeda, sehingga dibutuhkan pengetahuan, Mentor atau Coach agar lebih cepat sukses memasarkan produk,

 

Mindset-entreprenuership

Nah, teman-teman kali ini saya ingin berbagi pengalaman bagaimana memanfaaatkan waktu disela perkerjaan kantor dengan WFH (Work From Home) agar tetap produktif, artinya tidak ada idle time atau waktu yang terbuang percuma atau memanfaatkan waktu dengan produktif, suatu ketika ada kenalan saya menawarkan untuk menggunakan produk susu kurma, awalnya saya tidak tertarik, namun ketika diceritakan dan saya baca brosurnya ada beberapa informasi yang menarik perhatian saya, yaitu manfaatnya ternyata adalah untuk menunjang daya tahan atau meningkatkan imunitas tubuh, wah ini tentu saya perlukan disaat pandemi dan WFH yang bukan tidak mungkin menjadi kurang bergerak.

Dari awalnya saya hanya sebagai pemakai lama-lama saya tertarik untuk bercerita kepada teman saya, saudara dan kenalan tentang susu kurma ini, lho ternyata mereka juga tertarik dengan pengalaman saya menggunakan produk ini, akhirnya saya hubungi teman saya yang pertama kali menawarkan dan minta supaya di kirimkan produk itu kepada mereka, dari situlah kemudian secara perlahan saya menjadi reseller, hingga akhirnya menjadi distributor dan sekarang ini sudah bukan hanya satu produk saja namun kumpulan dari banyak produk yang berkaitan dengan kesehatan, ternyata pintu rejeki selalu terbuka bila kita mau terus belajar dan berusaha atau bahasa ilmiahnya Growth Mindset.

 

Ternyata ada 5 tips sukses dibalik perjalanan membangun bisnis ini :

  1. Awali dengan mindset yang tepat
  2. Jangan jualan produk tetapi berikan ide bagaimana produk ini memberi manfaat
  3. Kenali target pembeli dengan memahami masalah atau tantangan yang mereka hadapi
  4. Gunakan berbagai sarana promosi secara efektif
  5. Layani dan jaga hubungan dengan pelanggan

 

Kelima tips diatas ternyata sejalan dengan konsep atau teori marketing atau pendekatan pemasaran dengan bahasa ilmiah, seperti, Product Development, Marketing strategy, Promotion dan Customer relation, silahkan teman bila ingin mempelajari lebih lanjut bisa mendapatkan semua referensi seperti ini dengan mudah di Google, namun kali ini saya hanya berbagi pengalaman riel secara singkat..

Mengapa tahap pertama saya katakan adalah memiliki midset yang benar?

  1. Segala sesuatu yang baik tentu harus di awali dengan niat yang baik pula, yakin dengan niat atau tujuan, dan jadikan mindset artinya lakukan, ulangi kata-kata niat itu hingga  benar-benar diyakini bahwa apa yang akan dilakukan ini manfaat bagi banyak orang, dalam contoh ini niat saya adalah ingin mengajak orang untuk sehat atau menjaga kesehataan  yang salah satunya dengan menggunakan supplemen.
  2. Tidak usah memaksakan orang membeli produk, jangan berusaha meyakinkan orang untuk memakai produk dengan berbusa-busa, dan jangan menawarkan atau menjanjikan yang berlebihan alias banyak iming-iming, namun pastikan apa yang kita sampaikan adalah bermanfaat sesuai dengan kebutuhan, kondisi dan situasi orang tersebut.
  3. Dalam bahasa marketing ternyata inilah yang disebut segmen, target dan kebutuhan atau keinginan pelanggan, dalam prakteknya tentu bisa dengan melakukan market riset, dalam konteks keseharian bisa dengan berbincang lewat WA, forum, media online, sosmed dst, sekali lagi pastikan apa manfaat utama yang riel dari produk ini yang bisa membantu atau sesuai dengan kebutuhan.
  4. Manfaatkan berbagai saluran bukan hanya satu namun beberapa, di era sekarang ini bisa dengan internet/web, sosmed, online forum. live streaming, dst, tentu agar promosi atau penyaluran informasi ini menjadi efektif ada cara atau tekniknya, bisa dipelajari sambil jalan, tetapi pastikan agar informasi ini dapat menjangkau segmen pelanggan yang kita tuju.
  5. Mengapa penting menjaga hubungan dengan pelanggan, tentu adalah untuk memastikan mereka mendapatkan manfaat sesuai dengan yang dijanjikan dan bila ada keluhan atau pertanyaan dapat segera direspon, artinya, membangun persepsi positif terhadap produk alias branding jangka panjang, alasan lain adalah mendapatkan customer baru jauh lebih sulit dari pada mempertahankan yang sudah ada.

 

Mindset-entreprenuership

 

Pada kesempatan lain kita akan bahas satu persatu lebih dalam dari kelima hal diatas dengan lebih jelas dan detail, sayapun sebenarnya banyak mengikuti berbagai seminar seperti perubahan mindset, sikap entreprenuership atau topik-topik yang berkaitan dengan WFH agar produktif bahkan saya ikuti juga kelas-kelas training seperti teknik komunikasi online yang ternyata berbeda dengan offline, ada satu yang menarik dan sangat membantu dalam menjual secara online yaitu dengan teknik 3V dan HLP, semua ini benar-benar bermanfaat  untuk memperluas wawasan sehingga lebih ‘PeDe’ untuk berbisnis…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat