Setiap perusahaan pasti ingin menyelaraskan bisnisnya dengan tujuan keterampilan Sumber Daya Manusia(SDM) agar lebih sukses dari perusahaan lain. Maka, dibutuhkanlah semacam pelatihan SDM bagi mereka yang bekerja di departemen Human Resource(HR). Namun, bagaimana dengan pelatihan SDM untuk staf non-SDM? Apakah sangat relevan terjadi?

Perlu kamu ketahui, ada beberapa alasan bagus untuk melatih semua manajer dan personel kunci lainnya dalam prinsip dan praktik SDM. Kita akan membahas tujuh poin alasan perlunya pelatihan tersebut di luar departemen HR, yakni;

  1. Manajer Bertanggungjawab terhadap Staf SDM, Meskipun Tanpa Sepengetahuan
    Penjelasan di atas mengatakaan, seorang manajer perlu tahu tentang peraturan yang harus diikuti dan praktik terbaik tentang cara mengelola karyawan. Hal ini disebabkan, karena banyaknya yang perlu diketahui dalam bidang SDM, dan pelatihan formal. Pelatihan tersebut bisa didapatkan melalui kursus seperti yang ditawarkan di Central Connecticut State University(CCSU), Amerika, adalah cara terbaik bagi manajer dan staf lain untuk ditingkatkan.
  2. Pelatihan SDM Mampu Batasi Tanggungjawab Perusahaan
    Ketika karyawan tidak tahu apa yang diperlukan, mereka dapat membuat kesalahan yang dapat merugikan perusahaan. Hal demikian bisa seperti kerugian secara finansial, dan cara mengatasinya biasanya hanya membayar lembur dengan benar. Maka, akan dibutuhkan waktu belajar selama beberapa jam agar Manajer non SDM bisa menyelamatkan perusahaan secara stabil.
  3. Pelatihan SDM Membantu Manajer dalam Merekrut Karyawan
    Perlu digarisbawahi, salah satu kelemahan menggunakan manajer non SDM sebagai tim perekrutan adalah tidak memiliki pelatihan khusus di bidang perekrutan. Hal ini dilakukan ketika mereka tidak tahu cara menjalankan tugas ini secara efektif. Padahal, jika mereka mengambil kursus dapat membantu tingkatkan keahlian dalam bidang tersebut.
  4. Manajer dan Staf Bisa Pelajari Keahlian Manajemen Konflik Serta Penyelesaianya
    Hal di atas menjelaskan bahwa, keterampilan ini adalah komponen kunci dari pelatihan SDM. Seorang manajer memiliki peran penting bersama staf lain, seperti; resepsionis atau asisten administrasi juga jika punya skill tersebut. Bahkan, ada beberapa karyawan dari perusahaan mana pun yang tidak dapat mengambil manfaat dari pelatihan dalam manajemen konflik dan penyelesaian masalah.
  5. Pelatihan SDM Mampu Tingkatkan Skill Karyawan
    Seorang resepsionis mungkin bertanggungjawab atas orientasi dan pelatihan beberapa karyawan baru, bahkan mungkin untuk menangani perekrutan dan administrasi staf. Memiliki karyawan kunci mendapatkan beberapa pelatihan SDM formal dapat memastikan bahwa semua orang tahu apa yang harus dilakukan dalam situasi terkait SDM.
  6. Pelatihan SDM Membantu Karyawan Mengartikulasikan Tujuan Organisasi
    Menurut penulis Raj Sisodia, perusahaan yang diorganisir berdasarkan tujuan yang dipahami dengan jelas, akan memiliki lebih dari 10 kali pengembalian perusahaan S&P 500 secara keseluruhan, atau 1646% antara tahun 1996 dan 2011. Lalu, bagian dari pelatihan SDM adalah untuk menyelaraskan perusahaan di sekitar tujuan yang ditetapkan dengan baik sehingga bahwa setiap karyawan dapat memahami dan menjelaskan tujuan dan bagian mereka di dalamnya.
  7. Pelatihan SDM Membantu Manajer Fokus pada Kekuatan Karyawan
    Manajer akan selalu mencoba untuk membangun staf dan membantu mereka mengatasi kelemahan masing-masing pihak. Tetapi, ada fokus pada kekuatan agar menjadi lebih efektif dalam membantu semua orang menyumbangkan upaya terbaik mereka kepada perusahaan.

Nah, apakah kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelatihan SDM?

Source: ccsuconed.wordpress.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu