Pentingnya Training Need Analysis

5 Menit Membaca
Training Need Analysis

Di zaman yang serba cepat ini tantangan demi tantangan datang silih berganti, termasuk di dunia bisnis. Perusahaan dituntut untuk terus berkembang dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, sehingga target yang telah ditetapkan bisa tercapai.

Berbagai strategi dirancang oleh perusahaan untuk bisa mencapai tujuan. Terutama dalam memastikan roda bisnis agar terus menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal ini kemudian yang mendasari Training Need Analysis.

Mengenal Training Need Analysis 

Training Need Analysis (Analisis Kebutuhan Pelatihan) adalah proses identifikasi kebutuhan pelatihan bagi karyawan dalam membantu perusahaan untuk mencapai target. Melalui training ini perusahaan mampu mengetahui hal-hal yang dibutuhkan dari aspek sumber daya manusia untuk meningkatkan performa bisnis.

Baca juga: Analisis Beban Kerja: Menentukan Efisiensi dan Pengembangan Karyawan

Pengaplikasian Training Need Analysis  membantu perusahaan dalam memastikan bahwa karyawan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Penerapan Training Need Analysis yang efektif harus menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti :

  • Keterampilan apa yang dibutuhkan karyawan?
  • Karyawan mana yang memerlukan pelatihan?
  • Bagaimana merancang program pelatihan yang efektif untuk karyawan?
  • Apa dampak pelatihan terhadap kinerja karyawan?

Jenis-Jenis Training Need Analysis

Training ini menjadi metode yang telah diterapkan oleh banyak perusahaan dalam merancang pelatihan yang dibutuhkan. Terdapat beberapa jenis Training Need Analysis yang dapat disesuaikan dengan tingkatannya:

  • Individual Analysis

Individual Analysis (Analisis Individu) merupakan proses analisis kebutuhan yang difokuskan pada karyawan yang membutuhkan peningkatan kemampuan atau keterampilan. Proses ini bisa dimulai dari melihat kesenjangan kompetensi atau produktifitas kinerja di antara karyawan.

  • Task Analysis¬†

Task Analysis atau job analysis adalah analisis yang dilakukan untuk mengetahui skill serta tugas-tugas tertentu yang harus dikerjakan oleh karyawan dalam mencapai tujuan bisnis. Sehingga manajemen dapat menentukan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan. 

  • Organizational Analysis¬†

Organizational Analysis (Analisis Organisasi) adalah menganalisis proses pelatihan komprehensif, seperti sasaran, rencana, tujuan, serta visi dan misi perusahaan. Organizational Analysis juga akan membantu perusahaan dalam merancang strategi bisnis yang tepat.

Manfaat Training Need Analysis

Training Need Analysis sangat penting bagi perusahaan saat ini, terutama dalam menjaga dan meningkatkan performa bisnis. Berikut beberapa alasan mengapa pelatihan ini menjadi penting dalam mengembangkan karyawan dan meningkatkan kinerja perusahaan:

  • Meningkatkan Kinerja Karyawan

Training Need Analysis membantu organisasi untuk mengidentifikasi kelemahan dan kebutuhan karyawan dalam mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Dengan memberikan pelatihan yang sesuai, karyawan dapat meningkatkan kinerja dan mampu memberikan hasil yang lebih baik bagi organisasi.

  • Meningkatkan Efisiensi

Memberikan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan akan berdampak terhadap peningkatkan kinerja yang pada ujungnya akan  meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Karyawan yang terampil dan berkualitas akan menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan lebih efektif baik dari segi waktu maupun biaya.

Di samping itu, training ini membantu perusahaan dalam menghindari biaya yang tidak perlu untuk memberikan pelatihan yang tidak relevan atau tidak dibutuhkan bagi perkembangan bisnis.

  • Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Training Need Analysis juga bermanfaat bagi perusahaan dalam memperhatikan kebutuhan karyawan, khususnya dalam mengembangkan keterampilan dan karir. Memberikan pelatihan yang tepat dapat membantu karyawan merasa dihargai dan diakui oleh organisasi, meningkatkan kepuasan dan retensi karyawan

  • Mengantisipasi Perubahan Bisnis

Training ini membantu perusahaan dalam mengantisipasi perubahan dalam bisnis dengan mempersiapkan kemampuan dan keterampilan karyawan untuk menghadapi perubahan yang terjadi. 

Langkah-Langkah Training Need Analysis

Training Need Analysis telah menjadi metode yang cukup efektif dalam meningkatkan performa perusahaan dengan berbagai manfaat yang diberikan. Dalam penerapannya terdapat langkah-langkah yang perlu diperhatikan agar Training Need Analysis dapat memberikan hasil yang maksimal bagi perusahaan:

  • Tentukan Tujuan pelatihan

Langkah pertama dalam pelatihan ini yaitu menentukan tujuan pelatihan secara spesifik. Tujuan tersebut berdasarkan perencanaan strategis dan target yang ingin dicapai oleh perusahaan.

  • Identifikasi Kompetensi Karyawan

Langkah selanjutnya yaitu mengidentifikasi kompetensi yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan dalam membantu perusahaan untuk mencapai tujuan. 

  • Tentukan Metode yang Tepat:¬†

Dalam penerapannya, training ini memiliki beberapa metode seperti observasi, wawancara, kuesioner, studi kasus, dan kelompok fokus. Pilihlah metode yang tepat sesuai dengan kebutuhan organisasi dan karyawan.

  • Kumpulkan Data

Langkah keempat yaitu mengumpulkan data terkait pelatihan yang dibutuhkan perusahaan, permasalahan yang sedang atau berpotensi mengganggu performa perusahaan. Data tersebut dapat diperoleh dari berbagai sumber, seperti manajer, karyawan, dan dokumentasi pekerjaan. 

  • Analisis Data

Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara menyeluruh untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan yang paling penting dan prioritas bagi perusahaan. Data tersebut dapat membantu perusahaan dalam menentukan jenis pelatihan yang dibutuhkan.

  • Perencanaan Pelatihan

Langkah selanjutnya yaitu menyusun perencanaan pelatihan yang akan diberikan kepada karyawan. Rencana tersebut harus mencakup jenis pelatihan, waktu pelatihan, metode pelatihan, dan sumber daya yang diperlukan.

  • Evaluasi Hasil Pelatihan

Langkah terakhir yaitu mengevaluasi hasil pelatihan untuk mengukur efektivitas dari pelatihan yang telah diberikan. Evaluasi ini akan membantu perusahaan dalam menentukan apakah pelatihan telah berhasil dalam mencapai tujuan pelatihan atau tidak.

Hasil atau laporan dari training ini harus menunjukkan manfaat program dan kebutuhan perusahaan. Hal ini dapat dilihat apakah pelaksanaan Training Needs Analysis  telah mampu menjawab pertanyaan sebagai berikut:

  • Apa tujuan yang ingin dicapai dalam proses ini?
  • Kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi pada program ini?
  • Apa manfaat program pelatihan terhadap bisnis?
  • Siapa yang membutuhkan program tersebut?
  • Di mana program akan dilaksanakan?
  • Bagaimana metode yang perlu diterapkan?
  • Berapa biaya atau anggaran yang harus digelontorkan?

Konsultan HR dari Proxsis HR

Training Need Analysis 

Pengaplikasian Training Need Analysis sangat penting bagi perusahaan saat ini untuk memastikan bahwa karyawan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis dan meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.

Kali ini Proxsis-HR kembali membuka kelas Training Need Analysis untuk membantu perusahaan Anda dalam meningkatkan performa bisnis melalui optimalisasi kemampuan dan kinerja karyawan. Training ini juga akan diperkuat dengan Training Evaluation untuk mendapatkan hasil maksimal.

Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga. Para Expert Proxsis HR siap membantu dan berkolaborasi dalam meningkatkan performa bisnis perusahaan. Info lebih lengkap, silahkan lihat disini.

Rate this post
Bagikan artikel ini