Pengembangan Organisasi dan Langkah Penerapannya

3 Menit Membaca
Pengembangan organisasi

Organization Development atau yang dikenal dengan pengembangan organisasi merupakan sebuah upaya yang dirancang dan dikelola oleh seluruh organisasi untuk meningkatkan efektivitas dan kesehatan organisasi melalui intervensi terencana. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan semacam proses hingga menggunakan pengetahuan ilmu perilaku dan kebiasaan di organisasi tersebut.

Organization Development ini ternyata memiliki organisasi berskala internasional yang telah berdiri sejak 1986 silam. Organisasi tersebut bernama International Organization Development Association (IODA).

Dalam praktiknya, organization development menggunakan model perilaku, inisiatif hingga intervensi untuk peningkatan kerja dan efektivitas organisasi. Selain itu, juga bisa digunakan pendekatan ilmiah untuk perubahan, struktur, dialog dan dampak perilaku yang dilakukan oleh psikolog.

Hal tersebut dilakukan guna mendapati sebuah konsep atau kesimpulan mengenai metode apa yang bisa dilakukan untuk menggembangkan organisasi itu. Dan itu berpengaruh besar terhadap bagaimana organisasi tersebut menemukan diri mereka dan cara mereka bekerja.

Kendati demikian, saat ini telah tersedia macam-macam literatur dan pengetahuan untuk organization development ini. Anda tak perlu lagi kebingungan untuk konsultasi ke psikolog hingga mengambil pelatihan dan sebagainya. Karena, di zaman yang serba cepat dan instans seperti sekarang, kita bisa mendapatkan seluruh informasi di internet. Dan untuk pengembangan organisasi tersebut telah banyak dibahas di berbagai artikel

Baca juga: Cara Memimpin Organisasi Yang Tangkas Dengan Pola Pikir Efisiensi

Berikut Langkah yang Dilakukan untuk Pengembangan Organisasi

1. Melakukan perubahan transformasional untuk pengembangan organisasi

Langkah untuk melakukan perubahan transformasional ini merupakan sebuah cara yang strategis untuk peningkatan kinerja kompetitif organisasi.

Perubahan transformasional ini juga berguna untuk mencapai visi dari organisasi tersebut, gunanya untuk menyasar segmen yang potensial untuk kemajuan sebuah organisasi.

2. Melaksanakan learning organization secara berkelanjutan

Metode ini berguna untuk pengembangan dalam hal kualitas anggota di organisasi. Learning organization ini bertujuan sebagai proses untuk anggota di organisasi tersebut untuk dapat mengembangkan kemampuan dirinya untuk mencapai tujuan.

Namun, metode ini hendaklah dilakukan dengan skala yang berkelanjutan dan konsisten. Guna mendapati dampak yang signifikan untuk pengambangan organisasi tersebut.

3. Peningkatan kompetensi dan skill anggota

Organization development akan berjalan dengan baik jika diiringi dengan peningkatan kapasitas skill anggota di organisasi tersebut. Karena, hal ini seperti sebuah rantai yang saling berkesinambungan antara organization development dengan peningkatan kompetensi anggotanya.

Konsultan HR dari Proxsis HR

Pentingnya Pengembangan Organisasi

Saat ini kita berada di zaman yang segala informasi dan pengetahuan dibagikan dengan sangat cepat dan instan. Selain itu, kita juga dituntut untuk bisa melakukan perubahan dalam melakukan aktivitas dan pengembangan diri. Ternyata, bukan hanya individu saja yang membutuhnyakan, organisasi juga perlu untuk selalu dipantau kinerjanya dan dilakukan pengembangan.

Berikut ini akan penulis paparkan kenapa pengembangan organisasi tersebut penting untuk dilakukan, diantaranya:

1. Mengevaluasi Kinerja

Ketika organisasi tersebut memiliki keinginan untuk pengembangan, tentunya hal ini juga harus dilakukan beriringan dengan mengevaluasi kinerja di organisasi tersebut. 

Evaluasi kinerja ini berdampak baik jika rutin dilakukan, gunanya adalah memastikan organisasi tersebut tetap berjalan sesuai dengan arah dan visinya.

2. Pengembangan riset dan keilmuan

Seiring dengan berkembangnya zaman, tentunya metode-metode terbaru telah banyak dicoba atau digunakan oleh suatu organisasi.

Untuk itu, ketika telah dilakukannya pengembangan organisasi, maka akan ditemukan metode terbaru dan berguna untuk kelangsungan kinerja di organisasi tersebut.

Nah, sudah tahukan apa itu pengembangan organisasi dan beberapa langkah yang bisa diterapkan. Setelah membaca tulisan ini, mari sama-sama kita terapkan di organisasi masing-masing guna meningkatkan kinerja di organisasi tersebut.

Jika anda masih kebingungan untuk pengembangan organisasi, silakan baca juga Konsultasi Organization Transformasi dengan klik tautan di bawah.

Konsultasi Organization Transformasi

Menu