Kepemimpinan di Era Metaverse

3 Menit Membaca
Kepemimpinan

Transformasi digital berlangsung dengan cukup cepat selama pandemi Covid-19. Terlihat dari berbagai teknologi terbaru yang diterapkan perusahaan untuk tetap menjaga performa bisnis selama pandemi terjadi. Selain dari operasional perusahaan, budaya kerja, serta kepemimpinan juga harus beradaptasi dengan perkembangan zaman saat ini. Terutama dalam menghadapi era mateverse.

Pemimpin memiliki peran yang cukup besar dalam membawa perusahaan menuju transformasi digital dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.  Sebab, kedepannya, berbagai teknologi dan inovasi akan terus lahir untuk memudahkan berbagai kegiatan dan pekerjaan manusia.

Kehadiran teknologi juga memberikan pengaruh terhadap budaya kerja kedepannya, seperti memanfaatkan ruang virtual sehingga karyawan tidak harus lagi bekerja ke kantor. Apalagi perusahaan teknologi Meta tengah mengembangkan Metaverse sebuah dunia virtual yang memungkinan manusia bisa saling bertemu dan mengerjakan sesuatu dengan wujud avatar. 

Perubahan budaya kerja ini tentu harus dihadapi dengan pola kepemimpinan yang tepat. Agar proses adaptasi yang dijalankan terlaksana dengan baik. 

Di era digital ini, seorang pemimpin harus memiliki berbagai keterampilan tertentu untuk membantu perusahaan dalam menjawab tantangan hari ini, termasuk pada transformasi digital. Berikut hal yang yang harus diperhatikan dalam membangun pola kepemimpinan di era digital atau pun metaverse nantinya. 

Konsultan HR dari Proxsis HR

Komunikasi Efektif

Komunikasi menjadi faktor yang cukup penting dalam sebuah perusahaan. Terlebih dalam komunikasi virtual, saat seorang pemimpin dan karyawan tidak berada di tempat yang sama. Kemampuan pemimpin dalam kondisi ini sangat diperlukan agar seluruh pesan atau pun perintah bisa tersampaikan dengan tepat dan akurat.

Sebab, banyak pemimpin yang bisa berkomunikasi, namun tidak semua pemimpin memiliki kemampuan komunikasi efektif. Apalagi komunikasi dalam dunia virtual dimana banyak tugas atau pun pekerjaan diberikan melalui hybrid, email atau pun chat WhatsApp.

Adaptif

Pemimpin di era metaverse tentu harus mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi, termasuk juga perkembangan teknologi. Misalnya nanti jika Metaverse telah mulai diterapkan oleh banyak perusahaan sebagai ruang virtual untuk rapat dan sebagainya. Seorang pemimpin tentunya harus bisa dengan cepat menguasai penggunaan metaverse tersebut dan menentukan metode yang tepat untuk menerapkannya dalam perusahaan.

Baca juga: Ide Bisnis yang Cocok untuk Anda yang Pensiun

Futuristik

Hari ini, seorang pemimpin harus futuristik dengan berpikir  jauh ke masa depan. Apa tantangan yang akan datang dan bagaimana strategi untuk menghadapinya. Apalagi saat ini perkembangan teknologi begitu cepat, perlu adanya kepemimpinan yang responsif dan adaptif terhadap perubahan yang ada.

Berani Mengambil Resiko

Di era serba cepat ini, seorang pemimpin harus berani dalam mengambil resiko dari berbagai keputusan dan kebijakan yang diambil. Keberanian ini juga akan membantu perusahaan untuk lebih mengeksplorasi berbagai strategi untuk menunjang performa bisnis.

Selain pengalaman, seorang pemimpin juga harus memaksimalkan potensi yang dimiliki dengan terus meningkatkan kemampuan yang ada. Sehingga mampu menjadi pemimpin dengan berbagai kondisi, termasuk dalam era metaverse nantinya.

Salah satunya dengan mengikuti Powerless Leadership Training (The Key to Digital Transformation) Proxsis HR. Pelatihan ini berfokus pada membangun pola kepemimpinan dan pengembangan bawahan yang menghasilkan nilai tambah terhadap performa perusahaan. 

Para Expert Proxsis HR akan membantu Anda dalam membangun teamwork dan collaboration yang harus bersinergi satu sama lain dalam rangka mencapai goal perusahaan. Anda dapat klik disini atau segara hubungi kami di Hello Expert. Proxsis HR siap melayani dan berkolaborasi.

Menu