Ide Bisnis yang Cocok untuk Anda yang Pensiun

4 Menit Membaca
Pensiun

Saat memasuki usia pensiun, kebanyakan orang memanfaatkan waktu untuk bersantai dan berkumpul bersama keluarga. Namun, ada juga sebagian yang lebih memilih tetap produktif. Keputusan itu bisa saja didorong oleh masalah finansial, keinginan untuk terus produktif, atau merasa kesepian.

Membangun usaha setelah pensiun adalah suatu pilihan untuk tetap produktif. Usaha akan membuat Anda yang memasuki masa pensiun tetap mendapat pemasukan, tetap produktif bahkan mengurangi angka pengangguran karena menciptakan lapangan kerja.

Oleh karena itu, Anda yang memasuki masa pensiun perlu memulai bisnis. Simak berikut ini beberapa pilihan ide bisnis menarik yang bisa Anda pertimbangkan sebelum memilih.

1. Rumah Kosan dan Kontrakan

Rumah kosan atau kontrakan adalah salah satu pilihan bisnis setelah pensiun yang bisa jadi pertimbangan. Anda dapat membangun kosan atau kontrakan di tempat-tempat yang strategis.

Namun, menjalankan bisnis ini tentu membutuhkan modal yang cukup banyak. Dana pensiun atau tabungan merupakan salah satu sumber modal yang dapat Anda gunakan untuk membangun rumah kosan dan kontrakan.

Konsultan HR dari Proxsis HR

2. Rental Kendaraan

Rental motor atau mobil bisa jadi pilihan bisnis setelah pensiun. Anda bisa membuka rental di lokasi wisata atau di pusat keramaian. Bisnis ini bisa dijalankan apabila Anda memiliki beberapa sepeda motor atau mobil untuk disewakan. Apabila  belum memilikinya, Anda bisa membeli kendaraan dengan sistem kredit maupun tunai.

Memastikan perencanaan yang matang dan promosi yang tepat, sangat mungkin bisnis Anda bisa berkembang. Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk digunakan sebagai kendaraan operasional.

3. Peternakan

Membangun peternakan merupakan usaha yang sangat cocok dijalankan apabila Anda tinggal di kawasan pedesaan. Pasalnya peternakan memang usaha yang relatif membutuhkan lahan yang cukup luas.

Beberapa jenis hewan yang bisa jadi pilihan ternak yaitu ayam pedaging, ayam petelur, sapi pedaging, sapi perah, dan bebek. Apapun hewannya, yang jelas tiap jenis ternak punya keunggulan dan kelemahan masing-masing, begitupun cara menjalankan usahanya juga berbeda-beda.

4. Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba atau franchise menjadi pilihan bisnis setelah pensiun yang menggiurkan. Usaha ini Anda hanya perlu memantaunya agar tetap menghasilkan profit, sedangkan tugas lainnya akan dijalankan oleh karyawan.

Di awal merintis bisnis franchise, Anda dapat menentukan jenis bisnis waralaba apa yang ingin dijalankan. Misalnya bisnis yang dijalankan adalah franchise makanan atau minuman.

Sementara untuk modalnya sendiri, bisnis ini relatif membutuhkan modal yang lebih kecil karena pihak yang akan bergabung menjadi rekan bisnis yang akan mengeluarkan modal tersebut. 

5. Toko Kelontong

Memiliki toko kelontong sangat cocok jika Anda tinggal di wilayah pemukiman yang padat dan jauh dari pusat perekonomian. Toko kelontong adalah contoh bisnis setelah pensiun yang menjanjikan, karena punya target pasar yang jelas yaitu masyarakat di sekitar rumah.

Selain itu, barang-barang yang dijual di toko kelontong adalah kebutuhan sehari-hari yang pasti dibutuhkan masyarakat. Misalnya beras, minyak, gula, jajanan, dan lain sebagainya.

6. Counter Pulsa dan Kuota

Counter pulsa menjadi bisnis yang menggiurkan karena membutuhkan modal yang fleksibel. Artinya,  Anda bisa memulainya dengan modal besar atau kecil terlebih dahulu.

Anda bisa menyediakan jasa layanan yang biasa ditawarkan oleh counter pulsa seperti isi ulang pulsa, isi ulang paket data internet, pembelian token listrik prabayar, pembayaran tagihan listrik pasca bayar, pembayaran tagihan PAM, BPJS, TV kabel, asuransi, dan kredit leasing.

7. Agen Travel

Menjadi agen travel adalah pilihan menarik, terutama di masyarakat Indonesia sendiri. Contoh paket travel yang paling diminati adalah pariwisata dan perjalanan ibadah umrah. Peluang ini bisa dimanfaatkan karena cukup menjanjikan. Masyarakat memiliki minat tinggi untuk melakukan perjalanan tersebut.

Untuk memulai bisnis agen travel, Anda tidak perlu memiliki armada sendiri. Anda bisa menjalin kerja sama dengan perusahaan penyedia armada transportasi seperti bus dan minibus. Setelah nanti usaha berkembang, Anda bisa membeli armada sendiri.

Pensiun8. Fotokopi dan Toko alat tulis

Usaha fotokopi dan toko alat tulis adalah pilihan yang sangat menjanjikan, terlebih jika Anda menjalankan usaha ini di sekitar kampus, sekolah, maupun kawasan perkantoran. Pada kawasan tersebut, alat tulis telah menjadi salah satu kebutuhan pokok yang dicari oleh siswa, mahasiswa, dan karyawan kantor.

Selain itu, kebutuhan masyarakat untuk menggandakan dokumen masih terbilang tinggi hingga saat ini. Anda juga bisa menyediakan layanan lain seperti cetak berwarna, laminasi dokumen, dan penjilidan.

9. Investasi dari Membeli Tanah

Harga tanah hampir tidak pernah mengalami penurunan setiap tahunnya. Harga tanah justru selalu meningkat secara terus-menerus. Oleh karena itu, membeli tanah dapat dijadikan sebagai peluang bisnis setelah pensiun yang sangat menjanjikan.

Anda bisa membeli tanah di tempat yang strategis atau yang memiliki potensi untuk menjadi strategis di masa depan. Dengan membeli tanah tersebut, Anda dapat menjualnya kembali di masa mendatang dengan harga yang sudah jauh meningkat.

Selain dijual, apabila k tertarik mendapatkan keuntungan yang terus-menerus, Anda bisa saja  menyewakan tanah tersebut alih-alih menjualnya.

10. Digital Printing

Digital printing menjadi salah satu bisnis pilihan setelah pensiun yang bisa dicoba. Anda bisa menyediakan jasa untuk mencetak undangan, kemasan, stiker, dan banner. Untuk merintis bisnis ini, Anda perlu menyiapkan mesin cetak untuk berbagai keperluan.

Jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu agar dapat mengetahui minat dan kebutuhan masyarakat mengenai produk percetakan. Supaya pekerjaan bisa lebih mudah, Anda juga dapat merekrut satu atau dua karyawan untuk membantu pekerjaan di unit usaha ini.

11. Laundry Rumahan

Ada dua laundry yang bisa dicoba untuk dijalankan yaitu laundry sepatu dan pakaian.

Laundry sepatu adalah contoh bisnis setelah pensiun yang bisa dicoba karena tidak membutuhkan banyak tenaga untuk membersihkan sepatu.

Sedangkan untuk laundry pakaian biasanya memerlukan tenaga lebih besar.

Usaha laundry sangat cocok didirikan di kawasan yang terdapat banyak rumah kost mahasiswa atau karyawan. Lokasi ini penting karena potensi konsumen mesti menjadi pertimbangan.

Baca juga: Cara Optimasi Linkedin Agar Menarik Recruiter

12. Makanan beku

Jika memahami bidang kuliner,  maka menjual makanan beku adalah pilihan bisnis yang menarik. Apalagi jika Anda bisa memasak makanan enak dan berpeluang besar untuk dibayar.

Memulai bisnis ini, perlu mengeluarkan modal untuk membeli lemari es untuk menyimpan makanan beku agar tahan lebih lama dan menjaga kualitas agar tetap segar hingga sampai di tangan pelanggan.

Usaha ini tidak terlalu menyita tenaga yang banyak, karena sekarang banyak distributor makanan beku. Anda tinggal mencari distributor dengan harga termurah tetapi memiliki kualitas yang baik.

13. Bisnis Makanan Kekinian

Bisnis makanan kekinian bisa menjadi pilihan menarik. Beberapa makanan kekinian yang kini digemari masyarakat adalah kebab, banana nugget, martabak dengan topping, geprek manok, sekam padi dan masih banyak lagi, dan yang pastinya sedang tren di tengah masyarakat.

Namun,  sebelum memutuskan, penting untuk mencari tahu dulu minat dan tren masyarakat di sekitar tempat penjualan  dengan melakukan riset pasar. Karena berjualan makanan akan berisiko besar apabila sepi pembeli.

14. Tanaman Hias

Bisnis ini cocok untuk Anda yang hobi merawat dan mengoleksi tanaman hias. Menjalankan usaha tanaman hias memerlukan pengetahuan yang cukup luas, karena menumbuhkan dan merawat tanaman cukup sulit dan juga membutuhkan keahlian.

Selain itu, pilihlah jenis tanaman yang biasa dibeli dan diminta agar mudah dijual. Jika bisnis kamu besar, maka Anda bisa menjual jenis tanaman langka dengan harga yang tinggi.

15. Usaha Bengkel

Bengkel merupakan salah satu rekomendasi bisnis yang cocok untuk mengisi waktu pensiun. Selain itu, jumlah kendaraan bermotor yang sangat besar di Indonesia, menjadi peluang besar karena setiap kendaraan membutuhkan bengkel untuk service, modifikasi, atau perbaikan.

Demikianlah sejumlah ide bisnis yang bisa dipertimbangkan untuk dipilih mengisi masa pensiun. Bahkan bisnis ini bisa dimulai menjelang masa memasuki masa pensiun. Namun perlu diingat, keputusan memilih ide bisnis harus dipertimbangkan dengan baik. Bisnis harus  benar-benar cocok dengan kemampuan dan kesukaan Anda.

Untuk mengetahui bagaimana mempersiapkan masa pensiun, Proxsis HR dapat membantu Anda dalam hal Masa Persiapan Pensiun. Anda dapat klik disini atau segara hubungi kami di Hello Expert. Proxsis HR siap melayani dan berkolaborasi.

Menu