Intip 7 Rahasia Menjadi Trainer Yang Sukses

“Banyak anak muda yang menganggap bahwa menjadi trainer bisa dengan hanya belajar otodidak. Padahal, menjadi trainer berdampak itu ada step by step nya. Salah satu yang penting adalah sifat utama yang perlu dikuasai seorang trainer.

“Menjadi seorang trainer atau pembicara publik memang asik, sekaligus juga menantang. Gimana gak menyenangkan? Tugasnya adalah memperbaiki orang lain melalui materi atau kata-kata yang disampaikan. Ini adalah pekerjaan mulia, yang  akan selalu bermanfaat ilmunya sekalipun sudah tiada. Begitu pula dengan kompensasi materi yang didapatkan. Tapi, untuk menjadi seorang trainer profesional dan handal membutuhkan proses yang panjang juga.” Berikut penjelasan Arry Rahmawan, seorang Professional Trainer.

Banyak yang bertanya, bagaimana sih cara menjadi trainer sukses dan kompeten? Karena menjadi trainer sukses tak semudah yang dibayangkan, Anda harus melewati banyak tahap untuk  menjadi seorang trainer professional.

Baca juga : Sertifikasi Tot BNSP KKNI level 4

Ingin tahu rahasia bagaimana cara menjadi trainer yang sukses? Simak 7 tips berikut ini.

  1. Interest
    Rahasia pertama yang perlu diketahui agar menjadi seorang trainer yang handal adalah memiliki ketertarikan yang kuat dalam dunia pelatihan dan materi khusus terkait apa yang dilatih.Pertanyaannya, sudahkah Anda memiliki interest atau ketertarikan yang tinggi terhadap dunia pelatihan dan juga materi yang ingin Anda ajarkan? Trainer handal selalu menekankan bahwa mereka bisa hebat seperti sekarang ini karena memang mereka tertarik, cinta dengan dunia pelatihan, yang kali ini dapat disingkat menjadi: passion.
  2. Skill & Abilities
    Interest saja tidak cukup, melainkan seorang trainer perlu melengkapi diri dengan keterampilan-keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang trainer yang handal. Keterampilan dan kemampuan yang paling umum dari para trainer terbaik adalah:
    • Keterampilan Public Speaking dan storytelling yang sangat memukau
    • Keterampilan membaca efektif dan cinta buku (pembelajar tangguh)
    • Kemampuan untuk mengonsep sebuah pelatihan efektif
    • Kemampuan menulis dan merancang slide yang efektif
    • Memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi
    • Berpikir kreatif dan solutif terhadap masalah yang ada
    • Training & Facilitator Skill yang baik

Tentu saja keterampilan-keterampilan ini tidak didapatkan dalam waktu yang singkat. Lebih dari 10% trainer hebat yang memiliki bakat keterampilan tersebut dari lahir. Sisanya berlatih keras dan berusaha meningkatkan jam terbangnya hingga minimal mencapai 10.000 jam.

  1. Personality
    Aspek ketiga ini tidak kalah penting jika ingin menjadi seorang trainer profesional yang handal. Personality merupakan identitas yang perlu melekat dalam diri seorang trainer secara kepribadian: integritas dan kejujuran. Integritas dalam arti seorang trainer memiliki beban untuk senantiasa bertindak sesuai dengan apa yang dikatakan dan dituliskan. Jujur dalam arti membawakan materi karena tulus untuk mengembangkan orang lain. Banyak trainer yang hanya silau karena melihat kesuksesan trainer lainnya namun lupa bahwa trainer terbaik lahir dari karakter dan prestasi yang memang murni, tidak dibuat-buat.

  1. Courageous
    Hal ini berkaitan dengan keberanian untuk mengambil risiko, terutama menghadapi klien baru atau saat membuat program-program baru yang memiliki risiko. Namun, risiko ini bukan berarti tidak diukur, ya. Jika kita melihat bahwa peluangnya lebih baik, maka sebaiknya diambil walaupun ada risiko yang menyertainya.
  2. Communicative
    Communicative maksudnya bukan hanya bisa berkomunikasi menarik di atas panggung saja, tetapi juga pada komunikasi satu lawan satu kepada klien atau peserta kita. Salah satu cara untuk mengukur apakah kita komunikatif adalah dengan melihat apakah orang nyaman berkomunikasi dengan kita atau tidak.
  3. Confident
    Confident maksudnya adalah menjaga kepercayaan diri saat diberikan tantangan yang lebih besar atau mendapatkan klien yang juga lebih besar. Cara menjaga kepercayaan diri adalah dengan terus-menerus belajar hingga menjadi seorang expert di bidangnya.
  4. Creative
    Creative maksudnya adalah kemampuan menciptakan nilai tambah baru atau sesuatu yang unik dan berbeda dari sebelumnya. Tanpa kreativitas, maka pelatihan yang kita bawakan akan cenderung membosankan.

Itulah 7 sifat utama yang wajib dimiliki seorang trainer yang baik dan materi ini tidak akan kamu temukan di manapun.

Bagi kamu yang ingin menjadi trainer, silahkan ukur diri kamu dengan skala 1 – 10 untuk masing-masing sifat tersebut. 1 berarti kamu belum punya sifat itu sama sekali, 10 berarti itu sudah menjadi sifat alamiah kamu. Untuk setiap sifat itu kemudian dijumlahkan.

Baca juga : Pastikan Karyawan Memperoleh Informasi Dalam Pelatihan Dari Lembaga Training

Apabila nilainya di bawah 75%, maka sebaiknya kamu perbaiki dulu sifat – sifat tersebut sebelum terjun menjadi seorang trainer.

Semoga bermanfaat ya!

Sumber : //arryrahmawan.net/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu