Ingin membuat pegawai Anda tetap termotivasi untuk mempelajari konsep baru bahkan menerima challenge baru? Kualitas dan variasi pelatihan karyawan yang Anda berikan adalah kunci motivasi. Ada banyak alasan untuk menawarkan pelatihan karyawan. Dari pelatihan dan pengembangan karyawan hingga memperkenalkan konsep baru ke grup kerja hingga menginstal sistem komputer baru, peluang Anda untuk mengembangkan karyawan hampir tidak terbatas.

Apa pun alasan Anda mengadakan sesi pelatihan sangatlah penting untuk mengembangkan pelatihan karyawan dalam kerangka program yang komprehensif, berkelanjutan, dan konsisten untuk meningkatkan kompetensi mereka. Program pelatihan karyawan yang berkualitas ini penting untuk menjaga staf Anda tetap termotivasi tentang mempelajari konsep-konsep baru dan pada akhirnya menjaga agar departemen Anda tetap menguntungkan.

Karyawan yang Termotivasi Akan Tetap Memiliki Loyalitas Tinggi Terhadap Perusahaan

Komponen Penting Program Pelatihan Karyawan

Program pelatihan dan pengembangan karyawan yang lengkap mencakup program pelatihan karyawan baru yang formal dengan gambaran umum tentang harapan pekerjaan dan keterampilan kinerja yang diperlukan untuk menjalankan fungsi pekerjaan. Program pelatihan perekrutan baru memberikan pemahaman mendasar tentang posisi dan bagaimana posisi tersebut sesuai dengan struktur organisasi.

Semakin banyak latar belakang pengetahuan yang dimiliki karyawan baru tentang cara satu kelompok kerja saling terkait dengan departemen tambahan, semakin banyak karyawan baru yang akan memahami dampaknya terhadap organisasi.

Pelatihan Perekrutan Baru

Program pelatihan karyawan baru yang solid dimulai dengan pembuatan manual pelatihan karyawan / modul ikhtisar e-learning. Panduan ini bertindak sebagai landasan keterampilan praktis dan teknis yang diperlukan untuk mempersiapkan individu baru untuk posisinya.

Seorang manajer harus memastikan manual departemen atau pelatihan karyawan secara online selalui diperbarui. Agar departemen memahami kebijakan dan prosedur saat ini, pelatihan online termasuk peningkatan system atau perubahan kebijakan bahkan prosedur.

Perusahaan dapat fokus dengan pengguna saat merancang manual pelatihan online. Gunakan Bahasa yang tidak bersifat korporat, serta gambar dan multimedia buat pelatihan tetap menarik bagi peserta atau bisa disebut Employee Experience. Saat ini sudah banyak cara untuk meningkatkan pengalaman karyawan ketika mengikuti pelatihan online, mulai dari penggabungan visual, video conference, ilustrasi fungsi, bahkan ice breaking.

Tentang Pelatihan Kerja

Ingin Metode Tambahan untuk Lebih Mengembangkan Staf Anda?

Bentuk lain dari pelatihan perekrutan baru mencakup pelatihan rekanan baru langsung di samping rekanan yang ada. Ada yang menyebutnya Pelatihan On the Job Training (OJT) atau pelatihan perdampingan. Strategi ini memungkinkan rekan baru untuk melihat secara langsung berbagai aspek dari apa yang menjadi tanggung jawab posisi tersebut. Selain itu, OJT memberikan kesempatan kepada karyawan baru untuk mengembangkan hubungan kerja dengan rekan yang sudah ada.

Ingin Metode Tambahan untuk Lebih Mengembangkan Staf Anda? Berikut adalah sumber daya tambahan selain pelatihan dan orientasi karyawan baru.

Pendidikan Berkelanjutan dalam Pelatihan Karyawan

Program pendidikan berkelanjutan untuk suatu departemen sama pentingnya dengan pelatihan karyawan baru. Saat melatih rekan baru, pahami bahwa mereka hanya akan menyimpan sebagian informasi yang dipelajari selama sesi pelatihan awal. Karena begitu banyak informasi yang disajikan sekaligus kepada karyawan yang baru direkrut.

Aspek penting dari program pelatihan dan pengembangan karyawan yang komprehensif adalah pendidikan berkelanjutan. Program pelatihan karyawan yang paling efektif menetapkan tanggung jawab melanjutkan pendidikan kepada satu orang di departemen. Ini adalah fungsi penting agar semua anggota staf selalu mengetahui kebijakan, prosedur, dan teknologi.

Oleh karena itu, mengingatkan staf tentang berbagai prosedur dan konsep perlu terus dilakukan, baik dengan pendekatan formal maupun informal. Pendekatan formal atau tradisional untuk pelatihan karyawan sering kali melibatkan anggota manajemen yang mengirimkan memo ke setiap karyawan. Pendekatan informal dan seringkali lebih menarik bagi pelajar visual adalah dengan mengirimkan lembar informasi satu halaman.

Lembar informasi ini, yang disebut peringatan pelatihan, harus informatif dan disajikan dengan cara yang tidak mengancam. Jika kebijakan atau prosedur berubah, pendekatan informal akan lebih mempersiapkan departemen untuk menerima pembaruan ini.

Tujuan Menciptakan Program Pendidikan Berkelanjutan

Sebelum menyusun program pelatihan karyawan pendidikan berkelanjutan, tim manajemen harus memutuskan hasil yang diinginkan. Satu pertanyaan penting untuk dipertimbangkan adalah:

“Apakah Anda ingin program tersebut meningkatkan keterampilan rekan Anda atau Anda ingin membantu rekan Anda dalam pengembangan pribadi dan peluang untuk kemajuan karier?”

Meskipun terdapat kesamaan antara jawaban-jawaban ini, perbedaan utamanya adalah kesempatan bagi manajemen untuk membentuk anggota tim manajemen di masa depan. Jika hasil yang diinginkan hanyalah untuk meningkatkan keterampilan tanpa pengembangan pribadi, departemen akan memiliki staf yang hanya tahu bagaimana melakukan pekerjaan mereka sedikit lebih baik.

Meskipun itu adalah hasil yang positif, Anda ingin perusahaan Anda berpikir “out of the box”, dan merancang program yang memungkinkan dan bahkan mendorong pemikiran kritis dan pemecahan masalah.

“Jadi, ketika merancang program pendidikan berkelanjutan, hasil yang diinginkan harus memadukan peningkatan teknis dan pribadi. Jenis program pelatihan ini memberikan kesempatan kepada staf untuk mengembangkan keterampilan manajemen yang solid ditambah dengan pemahaman yang lebih baik tentang posisi dan fungsi mereka serta memahami bagaimana mereka menyesuaikan diri dengan organisasi.”

Memadukan Pelatihan Teknis Dengan Pengembangan Pribadi

Jika Anda menemukan selama proses penilaian, misalnya, bahwa keterampilan menulis di departemen itu rendah, Anda perlu meningkatkan keterampilan itu dengan mengembangkan sesi pelatihan yang sesuai. Sesi menulis ini dapat mencakup topik-topik dasar penulisan seperti ejaan, tanda baca, struktur kalimat, dan penggunaan kata yang benar. Berdasarkan dasar-dasar tersebut, Anda dapat memberi peserta Anda latihan yang dapat diterapkan, seperti menulis surat kepada pelanggan yang meminta maaf atas pengiriman yang terlambat.

Setelah semua orang membaca surat tersebut, minta staf untuk menawarkan umpan balik untuk perbaikan; sebagai pelatih, tunjukkan aspek positif dari surat itu.

Kembangkan Afiliasi Dengan Grup Industri Profesional

Mekanisme lain yang akan membantu kelanjutan pendidikan adalah memungkinkan anggota staf untuk mengembangkan afiliasi dengan asosiasi atau kelompok industri. Pendidikan semacam ini nyata dan terbukti memiliki rekam jejak yang positif dengan kantor-kantor lokal dan kelompok perdagangan industri mereka. Anggota staf diberi kesempatan untuk berkumpul secara berkala dan mendiskusikan masalah yang mereka alami dalam bisnis mereka.

Ini adalah pengalaman positif bagi semua orang yang terlibat. Informasi yang diperoleh terbukti berguna bagi orang lain yang mungkin memiliki potensi untuk mengambil bagian dalam situasi yang sama, sementara orang yang pernah mengalami situasi serupa memiliki kesempatan untuk membicarakan solusi mereka yang bekerja secara efektif.

Pelatihan yang Efektif Membuahkan Keberhasilan

change managementJenis program pelatihan dan pengembangan karyawan yang terbaik untuk kelompok kerja adalah disesuaikan dengan kebutuhan mereka. Jadi bagaimana Anda tahu apa kebutuhan mereka? Salah satu caranya adalah bekerja dengan anggota staf yang bertanggung jawab atas area tersebut.

Jika memungkinkan, lakukan pengambilan sampel acak dari rencana pengembangan kinerja staf dan cari konsistensi dalam bidang pengembangan yang dibutuhkan. Pendekatan lain adalah melakukan penilaian kebutuhan pelatihan dan bertanya kepada anggota staf sendiri keterampilan apa yang ingin mereka kembangkan.

Tidak peduli bagaimana Anda menentukan jenis sesi pelatihan karyawan yang dibutuhkan sekalipun dilakukan oleh pihak eksternal untuk kebutuhan pelatihan perusahaan, ingatlah bahwa saat mengembangkan training, tetap berpegang pada konsep asli. Jika lebih dari satu konsep dipertimbangkan selama proses perencanaan, bagi konsep tersebut menjadi dua lokakarya.

“Ingatlah bahwa sesi pelatihan karyawan yang produktif dapat dan harus diselesaikan dalam waktu kurang dari dua jam. Jika lebih dari dua jam, Anda akan kehilangan penonton. Terakhir, selama sesi pelatihan yang sebenarnya, lakukan setidaknya satu atau dua aktivitas untuk menjaga pikiran peserta tetap aktif dan untuk mencegah tertidur atau melamun”

Apakah Anda Benar-benar Membutuhkan Sesi Pelatihan Karyawan?

Meskipun sesi pelatihan karyawan mungkin efektif, mungkin tidak selalu menjadi pendekatan terbaik untuk memenuhi kebutuhan pelatihan. Jika konsep yang Anda perkenalkan didefinisikan sebagai dasar atau pengetahuan umum, buatlah peringatan pelatihan karyawan sebagai gantinya.

Peringatan pelatihan karyawan adalah metode yang sangat baik untuk mengkomunikasikan dan memperkuat konsep yang akan dianggap sebagai pengetahuan umum atau informasi pekerjaan baru. Pasang peringatan pelatihan karyawan secara online, distribusikan melalui email, atau, dalam beberapa kasus, ketika karyawan tidak memiliki akses komputer, tulis peringatan pelatihan karyawan dalam format peluru pada salinan cetak.

Menjaga Pembelajaran Terus Berlangsung

Jika kapabilitas tersedia dan departemen ingin bersenang-senang sambil belajar, kembangkan permainan atau ice breaking. Ini bisa apa saja mulai dari Quizizz hingga Puzzle dan banyak lagi. Minta staf menjawab pertanyaan yang dibuat oleh manajemen departemen terkait dengan situasi kerja atau core values perusahaan. Sungguh menakjubkan apa yang akan diingat orang dari situasi yang menyenangkan versus pengalaman belajar.

Jaga kelas pelatihan karyawan tetap informatif dan ringan. Meskipun mengkomunikasikan gagasan itu penting, tujuan nomor satu harus membuat staf tetap tertarik, terlibat, dan terhibur selama lokakarya. Ini bisa sulit jika Anda tidak menggunakan pelatih animasi.

Perkenalkan departemen dengan konsep pembelajaran campuran. Biarkan staf mencapai tingkat belajar mereka dari sumber daya yang berbeda. Sementara peringatan pelatihan karyawan dan sesi pelatihan karyawan datang langsung dari manajemen, tantang staf untuk mencari ide lain secara online yang mungkin berhasil di departemen mereka.

“Pertama dan terpenting, ingatlah bahwa pelatihan dan pengembangan karyawan harus menyenangkan. Anggota staf Anda ingin menyerap pengetahuan, dan mereka kemungkinan besar ingin mempelajari konsep ketika mereka disajikan dengan cara yang segar, hidup, dan menarik. Mengubah metode pelatihan karyawan Anda saat ini dapat membantu orang menjadi bersemangat untuk belajar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat