Digital Workplace adalah adaptasi baru dengan dunia pekerjaan yang terjadi saat ini, seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat pengembangan SDM pun harus mengikuti evolusi tersebut. Fokus dari Digital Workplace ini adalah memanfaatkan teknologi digital yang akan digunakan oleh karyawan untuk melakukan tugas pekerjaan, mulai dari kebutuhan hingga yang sudah di lakukan.

Konsep ini menjadi semakin trendy karena telah terbukti meningkatkan produktivitas perusahaan dan pengembengan sdm pun terus memiliki perkembangan. Digital Workplace ini disebabkan oleh kecepatan efesiensi waktu kerja berkat dukungan teknologi digital yang memudahkan core values perusahaan.

Saat ini, banyak perusahaan yang sedang mengalami kesulitan untuk berkembang jika tidak ingin menciptakan lingkungan atau berapdatasi dengan era baru. Era yang dimana sudah mengedepankan teknologi digital, dari mulai Marketing, Operasional, hingga Pengembangan SDM. Jangan sampai banyak perusahaan yang semakin tertinggal tanpa digitalisasi.

Nah agar perusahaan kamu tak kalah saing dan bisa lebih produktif, apa dampak Digital Workplace ini terhadap Pengembangan SDM di perusahaan?

Koneksi, Komunikasi, dan Kolaborasi

Digital Workplace ini harus mencakup semua tools produktivitas karyawan dan memastikan komunikasi berjalan dengan lancar, menyusun sistem bisnis secara menyeluruh, dan tempat kerja secara offline agar semua karyawan dapat terhubung.

Dan ini harus dipahami bagaimana karyawan dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Dengan begitu perubahan rencana manajemen dan strategi untuk pengembangan sdm dapat disesuaikan oleh infrastruktur dan budaya perusahaan.

Remote Office

Remote Working sudah menjadi hal lazim yang diterapkan berbagai perusahaan, dan gaya bekerja seperti ini memberi kesulitan tersendiri dibanding bekerja di kantor. Salah satu kesulitan yang sering dihadapi adalah, proses monitoring dan evaluasi pekerjaan, dari yang semula bisa dilakukan tatap muka, menjadi terbatas secara ruang.

Namun, dengan dukungan teknologi perusahaan dapat memulai membuat strategi secara digitalisasi atau Digital Workplace, ada beberapa perusahaan yang menerapkan system kerja secara RACI Matrix. Dengan metode ini, setiap orang dalam sebuah tim akan tahu dan mengerti peran dan tanggung jawab dari masing-masing individu

Assessment Online

Asesmen Online, direkomendasikan sebagai alat bantu pengembangan SDM untuk mengukur kompetensi karyawan perusahaan saat ini. Dengan prosedur yang sistematis, mudah digunakan oleh individu, kemudahan mengerjakan dimana dan kapan saja, dan tools yang dapat disusun dan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Lebih lanjut mengenai Assessment Online, apa dan bagaimana metodenya?

Sertifikasi Secara Online

Dengan adanya dukungan teknologi semua bisa mempermudah kita untuk melakukan kegiatan apa saja. Termasuk Sertifikasi BNSP, tidak kalah dengan kegiatan-kegiatan lainnya seperti event musik, talk show, Sertifikasi BNSP pun bisa dilakukan secara Online dengan kegiatan yang tidak kalah serunya dari pelaksanaan Offline sebelumnya.

Training

Training untuk meningkatkan kemampuan para pegawai, bisa dimasukan kedalam pengembangan SDM yang akan dilakukan secara berkala atau rutinitas sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kali ini perusahaan tidak perlu khawatir untuk menyediakan tempat atau waktu, karena dengan adanya training secara online bisa memudahkan pegawai atau perusahaan.

Di era transformasi digital ini pengembangan SDM sangatlah penting terutama untuk mengetahui kekurangan yang dibutuhkan. Setelah mengetahui kebutuhan perusahaan divisi HR bisa mengembangkan strategi berdasarkan kompetensi yang akan dibuat.

Demikian penjalan dari kami mengenai Digital Workplace, apakah perusahaan mu sudah melakukan pengembangan SDM secara Digital Workplace? Jika kamu ingin berbincang lebih lanjut terkait Digital, yuk ke link berikut untuk berdiskusi.

https://linktr.ee/proxsishr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat