Fresh Graduate Wajib Tahu, Cara Membuat CV Menurut Konsultan HRD

3 Menit Membaca
Cara membuat CV

Membuat Curriculum Vitae (CV) yang menarik merupakan hal yang penting untuk memperoleh kesempatan kerja yang diinginkan. CV adalah gambaran singkat mengenai kualifikasi, pengalaman, dan kemampuan seseorang yang digunakan untuk mempromosikan diri kepada perusahaan yang membutuhkan. Oleh karena itu, CV harus dibuat secara menarik agar dapat menarik perhatian perusahaan dan memperbesar peluang untuk dipanggil untuk interview.

CV adalah sebuah dokumen yang berisi informasi tentang kualifikasi, pengalaman kerja, dan prestasi seseorang.¬† Istilah¬† Curriculum Vitae¬† berasal dari bahasa Latin yang berarti “daftar hidup”.¬†

Dokumen ini digunakan untuk memberikan gambaran singkat tentang siapa kita sebagai individu dan mengapa kita layak untuk mendapatkan pekerjaan atau kesempatan pendidikan.

Baca juga: Alasan Buruh Tolak Permenaker No 5 tahun 2023

Tips Membuat CV yang Menarik

CV memiliki peran yang cukup besar dalam menentukan seseorang bisa diterima atau tidak saat melamar pekerjaan. Maka sangat penting untuk membuat CV yang menarik dan berkesan bagi HRD. Berikut beberapa tips dalam untuk membuat CV lebih menarik:

  • Gunakan Format yang Sesuai

Pilihlah format CV yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin Anda lamar. Jika Anda melamar sebagai desainer grafis, maka buatlah CV dengan tampilan yang menarik dan kreatif. Jika Anda melamar sebagai akuntan, maka buatlah CV dengan format yang profesional dan serius.

  • Cantumkan Informasi yang Relevan

Pastikan CV Anda mencantumkan informasi yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Seperti menuliskan nama sesuai dengan identitas yang tertera di KTP. 

Kemudian, cantumkan pengalaman kerja, pendidikan, sertifikasi, dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

  • Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

CV harus dibuat dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siapa saja dengan menggunakan bahasa yang ringkas, jelas. Hindari kalimat yang bertele-tele dan tidak efektif.

  • Berikan Penekanan pada Pengalaman Kerja dan Pendidikan

Bagian pengalaman kerja dan pendidikan merupakan bagian yang paling penting dalam CV. Berikan penekanan pada bagian ini dengan mencantumkan informasi yang jelas dan detail mengenai pekerjaan yang pernah Anda lakukan dan pendidikan yang pernah Anda jalani.

  • Sertakan Referensi

Sertakan referensi dalam CV Anda, baik dari mantan atasan atau rekan kerja. Hal ini akan memberikan nilai tambah pada CV Anda dan meningkatkan kepercayaan perusahaan terhadap kualitas Anda.

  • Periksa Kembali CV yang Telah Dibuat¬†

Pastikan untuk selalu memeriksa kembali CV Anda sebelum mengirimkannya ke perusahaan yang Anda lamar. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan atau ketidaktepatan informasi.

  • Gunakan Aplikasi Sesuai

Saat ini banyak aplikasi yang membantu kita membuat CV dengan lebih mudah dan terlihat menarik. Seperti aplikasi Canva, Make Free CV, Word dan Zety.

Konsultan HR dari Proxsis HR

Kesimpulan

Curriculum Vitae merupakan dokumen yang penting, terutama bagi orang yang akan atau telah menempuh jenjang karir. Bahkan CV yang menarik akan meningkatkan peluang seseorang untuk meraih pekerjaan yang diinginkan. 

Selain itu, Curriculum Vitae harus mampu menggambarkan diri kita secara komprehensif karena akan menjadi media pertama bagi perusahaan untuk menilai kualitas dan kemampuan kita. Oleh sebab itu, maka sangat penting untuk membuat CV dengan semenarik mungkin. 

Proxsis HR memiliki layanan Recruitment & Selection Service untuk membantu perusahaan menemukan sumber daya manusia yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Layanan yang disediakan adalah proses perekrutan melalui digital sourcing dan proses seleksi melalui online assessment. Info lebih lengkap, hubungi Expert kami disini.

Rate this post
Bagikan artikel ini