Berapa Usia Pensiun Ideal untuk Karyawan Swasta?

5 Menit Membaca
Berapa Usia Pensiun Ideal untuk Karyawan Swasta?

Pensiun merupakan tahapan penting dalam kehidupan seseorang, termasuk para karyawan swasta. Semua orang ingin menikmati masa pensiun yang nyaman dan layak. Oleh sebab itu,  perlu persiapan sedini mungkin agar di hari tua nanti memiliki masa pensiun yang didambakan. 

Salah satu aspek penting dalam ketentuan pensiun adalah usia pensiun yang berlaku. Di banyak negara, usia pensiun karyawan swasta ditentukan oleh hukum atau peraturan tertentu, di rentang usia antara 55 hingga 65 tahun. Dalam artikel ini akan membahas di usia berapa yang tepat bagi karyawan swasta untuk memutuskan pensiun.

Signifikansi Usia Pensiun

Pemerintah Indonesia telah mengatur batasan usia maksimal dimana karyawan dapat bekerja melalui sejumlah landasan hukum yang mencakup berbagai aspek yang relevan. Peraturan-peraturan ini meliputi Peraturan Menteri (Permen), Peraturan Pemerintah (PP), dan Undang-Undang.

Mengacu pada Peraturan Pemerintah yang mengatur regulasi JHT dan JP untuk karyawan swasta. Peserta penerima JHT diklasifikasikan berdasarkan usia, yaitu 55 tahun, 56 tahun, dan 58 tahun.

  • Pensiun di Usia 55 Tahun

Banyak perusahaan menetapkan batas usia pensiun karyawan swasta pada usia 55 tahun. Landasan hukumnya adalah Undang-Undang Dana Pensiun Nomor 11 Tahun 1992 dan Permenaker Nomor 2 Tahun 1993. Namun, jika karyawan masih mampu bekerja setelah mencapai usia 55 tahun, perusahaan dapat mempekerjakannya hingga usia maksimal 60 tahun.

  • Pensiun di Usia 56 Tahun

Batas usia pensiun karyawan swasta lainnya adalah 56 tahun yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun (PPJP). Aturan ini mencatat bahwa batas usia pensiun karyawan swasta adalah 56 tahun, yang akan bertambah 1 tahun setiap 3 tahun berikutnya hingga mencapai batas akhir 65 tahun.

  • Pensiun di Usia 58 Tahun

Kelompok usia pensiun terakhir adalah usia 58 tahun yang diatur dalam Peraturan Pemerintah  Nomor 45 dan 46 Tahun 2015 yang  menetapkan usia awal pensiun karyawan swasta adalah 56 tahun dan akan bertambah 1 tahun setiap 3 tahun berikutnya hingga mencapai usia maksimal 65 tahun. Pada tahun 2022, usia pensiun karyawan swasta menjadi 58 tahun. Usia pensiun tersebut akan bertambah 1 tahun menjadi 59 tahun pada 3 tahun berikutnya.

Baca juga: Tetap Bahagia Ketika Pensiun Tiba

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Usia Pensiun

Usia pensiun seorang karyawan dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang beragam, baik faktor pribadi maupun faktor eksternal. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memengaruhi usia pensiun seseorang:

  • Keuangan Pribadi
    Ketersediaan tabungan pensiun pribadi dapat mempengaruhi keputusan untuk pensiun. Seseorang mungkin memilih untuk pensiun pada usia yang lebih muda jika memiliki tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pensiun mereka.
  • Utang dan Kewajiban Keuangan
    Jumlah utang dan kewajiban keuangan juga dapat memengaruhi usia pensiun. Seseorang mungkin memilih untuk bekerja lebih lama untuk melunasi hutang atau memenuhi kewajiban keuangan tertentu.
  • Kesehatan
    Faktor selanjutnya yaitu kesehatan dimana seseorang untuk pensiun lebih awal jika mengalami gangguan kesehatan yang serius. Baik itu gangguan kesehatan fisik atau pun kesehatan mental.
  • Tuntutan Pekerjaan
    Karakteristik pekerjaan, seperti tingkat stres, tuntutan fisik, dan tuntutan mental, dapat memengaruhi keputusan pensiun. Pekerjaan dengan beban kerja yang tinggi akan menjadi alasan bagi seseorang ingin pensiun lebih awal.
  • Biaya Hidup
    Kebutuhan hidup seperti biaya rumah, makanan, perawatan medis, dan lainnya, menjadi faktor penting dalam menentukan usia pensiun. Semakin tinggi biaya hidup, semakin lama seseorang mengumpulkan biaya pensiun.
  • Dukungan Sosial
    Keputusan pensiun juga dapat dipengaruhi oleh keluarga atau pasangan hidup. Jika pasangan telah pensiun atau memiliki rencana pensiun bersama, hal ini dapat memengaruhi keputusan seseorang.

masa persiapan pensiun

Standar Usia Pensiun Internasional

Standar usia pensiun dapat bervariasi secara signifikan di berbagai negara dan seringkali dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kondisi ekonomi, demografi, sistem pensiun, dan kebijakan pemerintah. Berikut adalah beberapa contoh standar usia pensiun di beberapa negara yang berbeda:

  • Amerika Serikat
    Di Amerika Serikat, usia pensiun penuh adalah 67 tahun. Namun, individu dapat memilih untuk pensiun pada usia 62 tahun.
  • Kanada
    Usia pensiun penuh di Kanada adalah 65 tahun. Namun, individu dapat memilih untuk menerima manfaat pensiun sejak usia 60 tahun, dengan pengurangan manfaat.
  • Jepang
    Di Jepang, usia pensiun penuh secara resmi adalah 65 tahun, tetapi banyak perusahaan mengijinkan karyawan untuk pensiun pada usia 60 tahun.
  • Jerman
    Jerman memberlakukan usia pensiun penuh pada 67 tahun. Namun, individu dapat memilih untuk pensiun sejak usia 63 tahun dengan pengurangan manfaat.
  • Cina
    Di Cina, usia pensiun penuh adalah 60 tahun untuk pria dan 55 tahun untuk wanita. Namun, pemerintah telah mengumumkan rencana untuk secara bertahap menaikkan

Baca juga : Setelah Pensiun Mau Usaha Apa? Ini 10 Ide Usaha yang Paling Cocok

Keputusan Finansial Terkait Pensiun

Menghitung kebutuhan finansial terkait pensiun merupakan langkah penting dalam perencanaan keuangan pribadi. Dengan memahami berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk menjalani pensiun yang nyaman, Anda dapat membuat rencana keuangan yang sesuai. 

  • Tentukan Tujuan Pensiun
    Pertama, tentukan tujuan pensiun yang ini dicapai. Mulai dari memutuskan ingin menetap di daerah mana, aktivitas yang akan dijalani di masa tua, atau tujuan pensiun lainnya.
  • Sumber Pemasukan Pensiun
    Identifikasi sumber-sumber pendapatan pensiun, mulai dari dari perusahaan, Jaminan Sosial (jika berlaku), investasi, dan aset lainnya. Kemudian hitung rentang waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi dana pensiun tersebut.
  • Estimasi Biaya Hidup Pensiun
    Hitung perkiraan biaya hidup selama pensiun nanti, seperti pengeluaran untuk tempat tinggal, biaya makanan, perawatan medis, transportasi, hiburan, dan lain-lain. Estimasi dana ini juga harus memperhitungkan inflasi yang dapat memengaruhi biaya hidup.
  • Durasi Pensiun
    Menentukan berapa lama pensiun sangat penting karena akan memengaruhi berapa banyak uang yang dibutuhkan untuk menghasilkan pendapatan selama pensiun. Semakin masa lama pensiun, semakin besar kebutuhan keuangan.
  • Perbarui dan Tinjau Rencana Secara Berkala
    Kehidupan dan situasi keuangan dapat berubah seiring waktu, sehingga penting untuk meninjau dan memperbarui rencana pensiun secara berkala agar dapat mencapai kebebasan finansial di masa pensiun.

Baca juga : Cara Menghitung Dana Pensiun dan Menentukan Target Keuangan

Pensiun Dini Vs Pensiun Lambat

Setiap orang memiliki pilihan tersendiri dalam memutuskan masa pensiun. Ada yang memilih pensiun dini, ada juga yang memilih pensiun lambat. Lalu apa kelebihan dan perbedaan antara dua pilihan ini.

Pensiun Dini
  • Waktu Luang yang Lebih Lama
    Pensiun dini memberikan waktu luang yang lebih lama bagi seseorang untuk menikmati hidup di luar dunia kerja. Hal ini memungkinkan mereka untuk mengejar minat dan hobi, melakukan perjalanan, atau memfokuskan pada kegiatan yang mereka nikmati.
  • Peningkatan Kualitas Hidup
    Pensiun dini dapat meningkatkan kualitas hidup dengan memberikan kesempatan untuk menghindari stres dan tekanan yang terkait dengan pekerjaan. Hal ini dapat berdampak positif pada kesehatan fisik dan mental.
  • Fleksibilitas dan Kemandirian
    Pensiun dini memberikan fleksibilitas lebih besar bagi seseorang dalam memilih bagaimana menghabiskan waktu, menciptakan kesempatan untuk berwirausaha atau terlibat dalam pekerjaan sukarela.
  • Kepuasan Pribadi dan Pencapaian Tujuan
    Karyawan yang memilih pensiun dini bisa merasa lebih puas secara pribadi karena telah mencapai tujuan keuangan atau pencapaian yang memungkinkan mereka untuk pensiun lebih awal.
  • Menghindari Risiko Terkait Usia Tua
    Pensiun dini akan membantu karyawan menghindari risiko terkait kesehatan dan mobilitas yang mungkin meningkat seiring bertambahnya usia.
Pensiun Lambat
  • Akumulasi Dana Pensiun yang Lebih Banyak
    Karyawan memiliki lebih banyak waktu untuk mengumpulkan tabungan pensiun dan investasi jika memutuskan untuk pensiun lambat. Karena dapat memiliki dana pensiun yang lebih besar saat akhirnya memutuskan untuk pensiun.
  • Memperluas Jaringan Profesional
    Pensiun lambat memberikan kesempatan untuk memperluas jaringan profesional dan meningkatkan peluang karir atau bisnis di kemudian hari.
  • Memaksimalkan Manfaat Pensiun dan Tunjangan
    Dalam beberapa sistem pensiun, bekerja lebih lama dapat meningkatkan manfaat pensiun yang akan diterima, karena manfaat sering berkaitan dengan masa kerja.

Kesimpulan

Keputusan untuk memilih usia pensiun yang tepat sangat tergantung pada preferensi pribadi, situasi keuangan, kondisi kesehatan, dan tujuan hidup seseorang. Namun penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang telah dijelaskan sebelumnya, serta menentukan tujuan pensiun yang ingin capai, agar menghabiskan hari tua dengan penuh kualitas, nyaman dan tentram.

Golden Future Formula

Golden Future Formula ini Berperan penting dalam mengungkapkan value proposition yang tidak dapat Anda temukan pada pesaing kami. Golden Future Formula adalah gambaran konkret dari penawaran nilai istimewa yang disajikan oleh produk Golden Future. Apa yang membuat penawaran ini begitu istimewa adalah landasan utamanya, yaitu bisnis ekosistem yang telah dirancang secara cermat oleh tim Proxsis & Co. Konsep ‘3R’ yang kami tanamkan ke dalam produk ini adalah fondasi utamanya: Ready, mencerminkan kesiapan; Real, menggambarkan ketepatan; dan Robust, yang menunjukkan kekokohan. Inilah yang membedakan produk Golden Future dan mendorongnya melebihi pesaing-pesaing dalam¬†industri¬†ini.

Golden Future

Transform to Better Life! PASTI Sukses

5/5 - (1 vote)
Bagikan artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.