Panggilan untuk interview merupakan suatu yang terdengar sangat membahagiakan. Interview menjadi gerbang yang mengantarkan seseorang mendapatkan pekerjaan. Sukses interview sama artinya dengan sukses meraih posisi tertentu di perusahaan. Sebaliknya, gagal interview sama artinya dengan menghilangkan kesempatan yang tinggal selangkah lagi.

Tips Sukses Interview, Sebelum Memulai Wawancara Kerja 

Setelah sukses melewati proses administrasi dan seleksi berkas serta CV, maka kamu harus mempersiapkan diri untuk tahap selanjutnya, yaaitu tahap wawanacara. Banyak orang yang gagal pada tahap ini karena grogi pada saat diwawancara dan lupa tentang segala kemampuan yang kalian punya. Untuk itu, sebelum melakukan proses wawancara, ikuti 13 jurus jitu untuk sukses interview bagi para fresh graduate di bawah ini ya.

1. Ketahui Secara Detail Tentang Perusahaan yang Sedang Dilamar

Tak kenal maka tak sayang. Maka, sama juga seperti pada saat kamu diwawancara. Pewawancara akan berharap kamu tahu sedikit banyak tentang perusahaannya. Jadi, paling tidak, jelajahi situs web perusahaan, baca sebanyak mungkin materi pemasarannya, dan cari artikel tentang organisasi tersebut dalam terbitan berkala atau jurnal perdagangan industri. Kamu dapat menggali lebih dalam dengan berbicara dengan beberapa karyawan perusahaan sebelum kamu memasuki ruangan wawancara.

2. Identifikasi Apa yang Harus Kamu Jual

Apa tiga ketrampilan atau pengalaman teratas yang bisa kamu tawarkan kepada pemberi kerja yang tidak bisa dilamar oleh pelamar lain? Identifikasi mereka sebelum wawancara, dan kemudian tentukan bagaimana kamu akan mengkomunikasikannya kepada calon pemberi kerja saat menjawab pertanyaan wawancara. Kemas hal ini dengan baik pada saat menyampaikannya dan buat pemberi kerja tertaik mempekerjakan kamu.

3. Siapkan Contoh

Pikirkan beberapa kisah nyata yang dapat kamu ceritakan dari pengalaman sebelumnya untuk mendukung pernyataan kamu. Ceritakan pengalaman tersebut dengan menggunakan tata bahasa serta intonasi yang menarik sehingga dapat membuat pemberi kerja mengikuti alur ceritamu dan tertarik untuk memberikan kamu pekerjaan. Pertimbangkan mengembangkan portofolio karier dan menggunakannya sebagai alat bantu presentasi selama wawancara.

( Baca Juga : Ingin Cepat Dapat Kerja? Kuasai 10 Soft Skills Ini, ya! )
4. Jangan Panik

Kebanyakan orang saat interview menemukan dirinya dalam keadaan panik. Entah karena belum siap secara mental atau memang kurang memahami pertanyan yang diberikan. Meskipun dua faktor itu memengaruhi tubuh kamu, usahakan untuk tetap tenang sebab kepanikan yang tidak dikelola dengan baik hanya akan membuyarkan segela persiapan yang telah kamu lakukan sebelumnya.

Tidak jarang kesalahan dalam menjawab justru timbul karena panik. Padahal sebenarnya kamu bisa memberikan jawaban yang baik. Hanya karena panik, jawaban yang dipersiapkan sebelumnya jadi tak bisa kamu ungkapkan.
Anda dapat mengatasi rasa panik dengan menarik napas dalam-dalam dan dikeluarkan secara perlahan. Mencerna secara perlahan pertanyaan juga dapat mengurangi rasa kepanikan. Sikap tenang dalam wawancara memberikan kesan baik untuk kamu.

5. Jabatan Tangan Akan Menggambarkan Diri Anda

Menjabat tangan atau berjabat tangan merupakan hal lumprah untuk kamu lakukan. Meski lumprah, tapi bisa menjadi hal yang menentukan sukses tidaknya kamu dalam wawancara. Saat menjabat tangan, kamu akan dapat merasakan seberapa kuat percaya diri, kepanikan, dan agresifitas.

Saat menjabat tangan terlalu kuat berarti kamu sangat agresif. Menjabat dengan lemah berarti menunjukkan rasa pesimis dan tidak percaya diri. Lalu bagaimana cara berjabat tangan yang baik saat  wawancara. Usahakan proposional, tidak terlalu lemah dan tidak terlalu agresif.

6. Kembangkan Pertanyaan Cerdas

Pada titik tertentu selama wawancara, kamu akan ditanya apakah memiliki pertanyaan atau tidak. Mengajukan pertanyaan menunjukkan tingkat ketertarikan kamu pada pekerjaan, jadi kembangkan beberapa waktu sebelumnya, dan catat beberapa saat wawancara.

7. Make a Good Closing Statement

Terlihat sederhana namun banyak yang tidak melakukannya. Padahal, closing statement yang menarik adalah kunci penentu diterima atau tidaknya kamu di suatu perusahaan. Tenaga penjualan yang sukses tahu cara menutup rapat dengan klien secara efektif untuk memenangkan penjualan. Demikian pula, kamu perlu mempelajari cara menutup wawancara untuk memenangkan pekerjaan – jika kamu menginginkannya.

8. Praktek

Di sebagian besar pusat karir kampus, kamu dapat mendaftar untuk melakukan wawancara tiruan dengan seorang penasihat karir. Manfaatkan layanan ini sehingga kamu bisa merasakan seperti apa situasi wawancara.

9. Be Ready for The Surprise

Mungkin saja kamu akan dibawa keluar untuk makan siang atau makan malam sebagai bagian dari wawancara. Atau kamu mungkin harus mengikuti tes pre employment. Atau kamu akan berakhir dengan wawancara dengan lebih dari satu orang. Bersiaplah untuk kemungkinan ini dan masih banyak kejutan-kejutan lainnya. Be ready guys! Always prepare yourself!

10. Perhatikan Penampilan

Pastikan kamu tampil dengan penampilan terbaik pada saat wawancara. Baju yang kamu gunakan bisa menjadi first impression bagi para pemberi kerja. Jadi beli satu atau dua setelan wawancara profesional serta pastikan kamu terlihat nyaman dan menarik pada saat menggunakannya.

11. Tahu Kemana Harus Pergi – Secara harfiah

Kamu tidak boleh terlambat untuk wawancara – titik. Dapatkan arahan yang baik ke perusahaan sebelumnya, dan lebih baik lagi jika kamu pergi ke perusahaan tersebut sehari sebelum wawancara untuk memastikan seberapa jauh tempatnya.

12. Beristirahat

Dapatkan tidur malam yang baik sebelum wawancara sehingga kamu akan siap secara fisik, psikologis dan emosional untuk itu.

13. Bawa Resume Ketika Wawancara

Jangan lupa untuk membawa resume pada saat wawancara karena sering kali pewawancara menanyakan resume kamu sebelum mulai wawancara.
Sebelum Anda melakukan interview, selalu persiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Semua orang pasti merasakan hal sama saat wawancara, namun tiap orang punya cara berbeda untuk melaluinya. Pastikan kamu menjadi bagian yang sukses.

Sumber : //www.monster.com/career-advice/article/interview-prep-for-new-grads
image: //www.skillsmapafrica.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat