Dewasa ini, profesi sales & marketing bergerak dengan sangat cepat. Tanpa Anda sadari, dalam sekejap mata, kompetitior baru bermunculan dan produk yang sama diciptakan.

Apapun sektor industri Anda, strategi penjualan yang berlaku beberapa tahun lalu belum tentu tepat diimplementasikan pada saat ini. Artinya perlu dibutuhkan peningkatan strategi dan performa tim sales & marketing sehingga penjualan meningkat, biaya penjualan menurun, dan industri tetap berlangsung.

  1. Pahami Bisnis Anda
    Sebelum melakukan penjualan, pastikan tim sales & marketing memahami lingkup bisnisnya. Produk/ layanan apa yang ditawarkan? Siapa yang membutuhkan produk/ layanan tersebut? Bagaimana cara mendekati calon pelanggan? Seberapa mampu calon pelanggan membayar untuk produk/ layanan yang ditawarkan?
  1. Rincikan Target Besar Menjadi Lebih Spesifik
    Demi memudahkan pencapaian Anda, rincikan target besar menjadi target-target kecil yang lebih terukur, seperti jumlah panggilan masuk per hari, proposal per bulan, need per hari. Kemudian tetapkan target hasil seperti perjualan per bulan, total revenue per bulan, laba per penjualan dan lain-lain. Tingkatkan aktivitas Anda kemudian ukur hasilnya, tujuannya supaya Anda tahu tindakan mana yang harus difokuskan.
  1. Jual Produk / Layanan yang Dibutuhkan Pelanggan
    Produk/ layanan yang paling baik untuk dijual adalah yang dibutuhkan oleh pelanggan. Cara meyakinkan calon pelanggan sehingga bersedia membeli produk/ layanan yang kita tawarkan adalah dengan menyampaikan fitur produk, keunggulan, dan yang terpenting adalah produk tersebut dapat menyelesaikan masalah mereka.
  2. Tanyakan, Dengarkan, dan Lakukan
    Ketiga hal ini menjadi kunci sukses dalam sebuah penjualan. Pertanyaan ditujukan untuk mengetahui kebutuhan, permasalah dan solusi yang diinginkan oleh calon pelanggan. Oleh karena itu penting untuk mengajukan pertanyaan yang kreatif, terencana, dan relevan. Dengarkan kebutuhan, permasalahan, dan solusi yang diharapkan oleh pelanggan sehingga kemudian Anda mengambil tindakan sebagai respons terhadap apa yang mereka harapkan. Pada saat ini lah proses penjualan terjadi.
  1. Maksimalkan Waktu
    Maksimalkan setiap waktu yang dimiliki untuk fokus pada tujuan Anda. Uji setiap aktivitas yang dilakukan, tentukan tingkat prioritas dan urgensinya. Evaluasi efektifitas aktivitas tersebut sehingga dapat membuat jadwal yang ideal. Ingat, jika Anda menggunakan waktu 1 jam per hari untuk melakukan aktivitas produktif, maka setidaknya Anda menghabiskan waktu 6 minggu untuk produktif. Lebih banyak waktu produktif Anda sehari, lebih banyak penjualan yang dapat Anda lakukan.

Para pemimpin perusahaan atau organisasi yang memprioritaskan peningkatan kinerja penjualan, menetapkan fokus mereka, berinvestasi pada penjualan, fokus pada apa yang dapat mereka capai, akan mendapatkan hasil dari penjualan yang selalu meningkat.

Semua dimulai dari diri Anda, mulailah sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat