Tantangan dan Solusi HR memiliki perbedaan signifikan dengan konsep Normal pra pandemi. Perbedaannya hanya terletak pada proses, dengan segala sesuatunya dikerjakan secara online. Berubahnya proses bekerja menjadi online tentu berdampak pada efektivitas kinerja dan membuka peluang untuk perbaikan organisasi.

Perbaikan organisasi seperti apa yang harus dilakukan setiap perusahaan untuk menstabilkan bisnisnya kembali di era New Normal ini?

  1.   Interview System

Salah satu perubahan sistem interview dalam era New Normal adalah proses rekrutmen yang dilakukan secara online, dikenal dengan sebutan Group Panel Interview System (GPIS). Proses ini dimulai dengan review awal, lalu presentasi dan diakhiri dengan panel interview secara langsung. Aspek komunikasi non-verbal memiliki nilai signifikan dalam proses ini.

  1.   Kondisi Kerja Kondusif

Berkaitan dengan kondisi kerja, tidak semua orang memiliki keleluasaan dan kenyamanan untuk bekerja dari rumah. Hal ini tentu menjadi Tantangan dan Solusi HR tersendiri yang proses penyelesaiannya dapat berjalan berbeda antara satu individu dan individu lainnya.

  1.   Pengembangan dan perencanaan SDM

Proses kerja yang berubah membutuhkan pengembangan dengan suasana yang menyenangkan. Inovasi dan kreatifitas terhadap interaksi secara online diperlukan agar pekerjaan dapat diselesaikan secara efektif dan efisien tanpa terganggu situasi dan kondisi kerja.

  1.   Monitoring & Evaluasi

Proses monitor skala harian perlu diimplementasikan serinci mungkin agar kinerja karyawan dapat tetap terukur secara nyata dan apa adanya.

Tantangan yang dihadapi perusahaan dan tim Human Resource memang tidak mudah dalam kondisi pandemi COVID-19. Namun, bukan tidak mungkin bagi perusahaan untuk bersinergi bersama tim Human Resource serta segenap karyawan melewati fase sulit yang terjadi. Jadi, kemauan yang kuat dari karyawan pun juga sangat berperan dalam kesuksesan perusahaan menghadapi New Normal pasca pandemi COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat