Dalam membangun karier tidak hanya hard skills saja yang kamu butuhkan, kamu perlu memiliki peningkatan soft skills untuk dijadikan kemampuan yang vital untuk kamu tanamkan. Perubahan di Tahun 2020 ini memuat standard kemampuan kita harus lebih ditingkatkan, terkait dengan pandemic membuat kita sadar dengan kondisi yang tidak terduga harus bisa melakukan sesuatu yang bertahan atau malah meningkatkan hasil yang signifikan hinggal stabilitas tetap terjaga.

Komunikasi, Kerjasama, dan kemampuan lainnya yang akan menjadikan kamu pribadi yang lebih baik bahkan lebih produktif dan efektif. Kalau selama ini kamu hanya meningkatkan hard skills, saat ini kamu perlu meningkatkan soft skills untuk menjadi kebiasaan baru di masa yang akan datang. Karena di era saat ini tentu akan semakin banyak perubahan kultur perusahaan/organisasi dan bahkan jadi banyak menghadirkan New Generation Leader.

Mari kita simak apa saja soft skills yang perlu kamu tingkatkan dan kamu pertahankan di Tahun 2021.

  1. Personal Branding

Pada dasarnya personal branding adalah memberikan exposure diri kamu sendiri. Bagian penting dari personal branding adalah mengembangkan dan mempertahankan reputasi, nilai dan kesan tentang kamu sebagai bagian penting dari bisnis atau profesi kamu sendiri.

Memiliki personal branding yang kuat juga membantu kamu terhubung dengan pelanggan atau client. Ketika kamu membagikan cerita dengan pelanggan, mereka yang dapat berhubungan dengannya, akan merasakan hubungan langsung dengan kamu sendiri dan, sebagai hasilnya, dengan bisnis atau profesi yang kamu jalani. Dan memiliki value yang ditingkatkan tentu saja akan membantu kamu merasa percaya diri dan membuatnya lebih mudah untuk ditampilkan.

  1. Collaboration Leadership

Dengan kolaborasi kamu dapat mewujudkan tujuan bersama rekan kerja ataupun rekan bisnismu. Kolaborasi tidak hanya untuk satu atau dua divisi. Tapi bisa antara divisi lain dan divisi kamu sendiri. Komunikasi, pendengar yang baik, saling menghormati dan menghargai merupakan salah satu hal yang penting dari kemampuan ini.

Secara garis besar, dalam dunia kerja kemampuan ini sangat penting bagi kita semua di dunia pekerjaan. Saat berkolaborasi, kamu akan berhadapan dengan banyak sekali orang yang profesional di bidangnya masing-masing. Jangan heran jika perusahaan selalu mencari karyawan yang bisa melakukan kerja sama tim yang baik dan tetap dengan kultur perusahaan yang harus bersinergi.

  1. Innovative & Creative

Kemampuan berpikir kreatif harus dikembangkan dalam setiap individu sebagai keterampilan. Salah satu skills di dalam kemampuan soft skills ini untuk mendorong pemikiran innovasi dan kreativitas melalui pemecahan masalah didalam kondisi tertentu. Menciptkan sebuah ide kreatif dan inovatif bisa jadi tantangan tersendiri. Padahal, dari diri kamu sendiri pasti punya pemikiran ide-ide kreatif. Jika idemu dikembang dan dikolaborasikan dengan ide orang lain, ide tersebut akan menjadi dampak yang positif.

  1. Digital Transformation

Menurut Enterprises Project, digital ini akan terus mengalami perubahan disetiap menitnya bahkan hitungan detik pun bisa selalu saja berubah. Berubah dalam tafsiran disini adalah terus mengalami perkembangan ide-ide yang terus berinovasi. Digital menjadi salah satu wadah di setiap perusahaan untuk memberikan value atau nilai bagi para konsumennya.

Tidak perlu terkejut ketika sekarang beralih ke dunia digital, konsep ini memanfaatkan teknologi untuk menjadi lebih baik. Tidak hanya Event Project Exhibition, Virtual Conference, atau Digital Marketing saja yang memanfaatkan teknologi ini, bahkan divisi Human Capital pun sudah mulai memanfaatkan teknologi untuk mempermudah atau menjadi lebih efisien dan efektif untuk memproses semua pegawai.

  1. Effective Leadership

Pemimpin yang efektif mengembangkan cara kerja baru dengan menyesuaikan diri dengan kenyataan di luar dan tidak hanya yang terjadi di dalam batas-batas organisasi. Mereka memvisualisasikan dan merancang gambaran besar dalam pikiran mereka terlebih dahulu dan kemudian membuat narasi bagi semua orang untuk menyelaraskan pekerjaan mereka dengan itu. Kepemimpinan yang efektif membutuhkan disiplin dan latihan seperti halnya membangun kebiasaan lainnya. Secara khusus pelatihan leadership, berkomitmen untuk mempraktikkan ini

Melihat dengan beberapa soft skills seperti itu, tentunya kamu akan siap untuk terus mengejar karier kamu. Kamu hanya perlu menyadari potensi di dalam diri kamu sendiri apa saja yang perlu ditingkatkan dan apa yang perlu di evaluasikan agar tetap mengikuti perkembangan zaman dan bisnis.

Nah itu dia pelatihan soft skills yang harus kamu pertahankan dan tingkatkan di Tahun 2021. Jika kamu ingin berdiskusi lebih lanjut kamu bisa menghubungi contact person kami di https://linktr.ee/proxsishr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat