Pelatihan SDM salah satu komponen penting bagi perusahaan, salah satu tugas divisi HR untuk melakukan planning. Pemahaman terkait pelatihan SDM menjadi penting karena dengan kondisi saat ini yang sedang melakukan transofrmasi besar-besaran. Mulai dari kecanggihan teknologi, kondisi krisis, dan kemampuan soft skill lain nya. Kemajuan teknologi membuat perusahaan-perusahaan harus sadar akan kebutuhan memiliki karyawan dengan kemampuan yang memadai.

Semakin baik pengelolaan SDM nya, semakin sehat dan efektif perusahaan tersebut, sehingga tujuan perusahaan dapat terwujud. Tujuan dari pelatihan SDM ini adalah untuk memastikan kesesuaian antara tenaga kerja dan pekerjaan, baik dari segi jumlah maupun kualitas yang dibutuhkan. Langkah awal yang bisa dilakukan dalam pelatihan SDM yaitu menilai ketersedian sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Ada beberapa aspek yang harus di sesuaikan seperti, soft skill, komptensi, kualifikasi, pengalaman, usia, jabatan, dan kinjera.

Di era transformasi digital ini pengembangan SDM sangatlah penting terutama untuk mengetahui kekurangan yang dibutuhkan di kondisi perusahan sesuai kebutuhan. Setelah mengetahui kebutuhan perusahaan divisi HR bisa mengembangkan strategi berdasarkan kompetensi yang akan dibuat. Strategi yang dilakukan tentunya harus bisa memberikan solusi bagi kepentingan SDM di perusahaan.

Perusahaan juga bisa menggunakan jasa konsultan untuk meminimalisir reaksi negative. Pengembangan dengan strategi ini umumnya dilakukan dalam ruang lingkup internal perusahaan, yang di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mindset Intrapreneurship/Entrepreneurship
  • Meningkatkan Sense of Urgency
  • Meningkatkan Berpikir Kritis dan Kreatif
  • Transformational Leadership

Pengembangan SDM dapat dipahami sebagai suatu usaha pembentukan karakter manusia yang berkualitas dengan memiliki keterampilan, kemampuan kerja dan loyalitas kerja kepada suatu perusahaan ataupun organisasi. Oleh sebab itulah, banyak perusahaan yang masih membutuhkan pengembangan SDM terkait dengan strategi perusahaan untuk meningkatkan kualitas perusahaan, dan standard yang tinggi. Demi meningkatkan kualitas dan strategi secara matang butuh pelatihan-pelatihan kompetensi atau soft skill yang diperlukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat