Banyak yang sedang mempertimbangkan Sertifikasi HR BNSP di karirnya masing-masing apakah mereka memerlukan sertifikasi untuk mendapatkan pekerjaan di bidang SDM?

Jawabannya bisa ditemukan dalam faktor-faktor yang melampaui keuntungan nilai, finansial, membutuhkan pertimbangan matang tentang bagaimana sertifikasi dapat menguntungkan karir Anda secara pribadi. Umumnya, sertifikasi dianggap sebagai investasi yang berharga.

Mengapa Sertifikasi SDM Dibutuhkan

Ke depan dengan karier Anda, Anda akan bersaing di pasar kerja dengan orang-orang yang telah mendapatkan sertifikasi serupa. Perusahaan yang mencari keterampilan pengembangan yang lebih strategis, keuangan, dan organisasi dalam staf SDM mereka tidak mengiklankan kredensial ini sebagai hal yang penting bagi pelamar.

Faktanya, banyak yang memposting sertifikasi ini sebagai opsional atau memutuskan untuk tidak memerlukannya sama sekali, meskipun itu dapat menjadi pendorong yang substansial untuk kesuksesan karier.

Memperoleh salah satu Sertifikasi HR BNSP yang tersedia melibatkan investasi uang untuk pelatihan persiapan dan materi pembekalan lainnya. Ada juga investasi waktu yang membutuhkan jam dan belajar, sering kali menghadiri sesi kelas di dalam ruangan ataupun sesi kelas during online.

Bicaralah dengan Lembaga Training atau Lembaga Sertifikasi saat ini di mana Anda ingin mencari tahu tentang sertifikasi HR. Dalam kondisi lokal sebenarnya mungkin berbeda dari apa yang Anda dengan dari publikasi industri atau perusahaan Anda

Berbagai Jenis Sertifikasi

Tidak diperlukan sertifikasi untuk bekerja di bidang sumber daya manusia. Sertifikasi bersifat opsional dalam banyak situasi.

Namun, Pada tanggal 22 Juli 2019 kementrian ketenagakerjaan menerbitkan surat edaran Nomor M/5/HK.04.00/VII/2019 tentang pemberlakuan wajib sertifikasi kompetensi terhadap jabatan bidang manajemen sumber daya manusia.

Kementerian ketenagakerjaan sebagai instansi pembina teknis dibidang manajemen SDM/HRD akan memberlakukan wajib sertifikasi kompetensi bagi pekerja yang menduduki jabatan bidang manajemen SDM/HRD dua tahun sejak terbitnya surat edaran. Menggunakan skema sertifikasi kompetensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan mengacu pada SKKNI bidang SDM yang berlaku.

Semakin banyak profesional sumber daya manusia yang mencari sertifikasi sebagai Profesional dalam Sumber Daya Manusia atau Profesional Senior dalam Sumber Daya Manusia melalui Lembaga Sertifikasi BNSP baru-baru ini, Sertifikasi HR Officer BNSP bisa didapatkan oleh para freshgraduate yang ingin melakukan langkah awal di karir SDM. Sertifikasi HR Supervisor BNSP, dan Sertifikasi HR Manager BNSP untuk tingkat lanjutan seperti para manajer.

Promosi SDM untuk Karyawan dengan Sertifikasi

Profesional HR yang telah mendapatkan sertifikasi HR BNSP atau Professional HR juga menerima lebih banyak promosi dan mencapai kesuksesan karier lebih cepat daripada rekan mereka yang tidak bersertifikat.

Misalnya, persentase karyawan HR yang menerima promosi meningkat secara substansial dengan sertifikasi. Untuk profesional di tingkat asosiasi SDM, 63 persen profesional dengan sertifikasi dipromosikan menjadi administrator SDM sementara hanya 34 persen karyawan yang tidak bersertifikat dipromosikan.

Promosi dari administrator SDM menjadi generalis SDM mencapai 57 persen untuk karyawan bersertifikat dan 27 persen untuk karyawan yang tidak bersertifikat. Seiring kemajuan orang dalam karier SDM mereka, semakin banyak personel yang memiliki sertifikasi industri. Di tingkat wakil presiden, 42 persen orang yang memegang posisi ini bersertifikat. Tiga puluh sembilan persen karyawan bergelar direktur SDM dan 30 persen manajer SDM memegang sertifikasi.

Sertifikasi HR BNSP

Jika Anda adalah bagian dari tim Sumber Daya Manusia yang besar, anda perlu memikirkan Langkah selanjutnya untuk membantu tujuan perusahaan. Badan Nasional Sertifikasi Professional (BNSP) menawarkan Sertifikasi HR Manager yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan karir dan menciptakan value anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat