Perbedaan Boss dan Leader dalam Sebuah Tim Kerja

3 Menit Membaca
Leader

Pemimpin ibaratkan kapten sebuah kapal yang akan menentukan arah berlayar dan upaya-upaya dalam menghadapi badai. Kapten yang bisa memimpin nahkodanya dengan baik tentu akan lebih mudah dalam mencapai tujuan, dan sebaliknya.

Kualitas pemimpin sangat mempengaruhi perkembangan perusahaan kedepannya. Apalagi dunia tengah dihadapi zaman  VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) yang membutuhkan respon cepat dengan perkembangan yang terjadi.

Dalam sebuah organisasi atau pun perusahaan, seorang pemimpin dikategorikan dalam dua jenis yaitu leader dan bos. Keduanya sama-sama memiliki kewenangan dan kekuatan yang sama dalam memimpin sebuah tim atau perusahaan.

Baca juga: Cara Mempertahankan Bisnis di Dunia Ketidakpastian Dalam Drakor Reborn Rich

Secara umum, leader adalah pemimpin yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan memimpin orang lain dengan memberikan inspirasi. Sementara boss merupakan seseorang yang mempunyai jabatan tinggi atau pemilik perusahaan yang memiliki kendali perintah dan pengawasan pada anggotanya.  Berikut penjelasan lebih lanjut terkait perbedaan leader dan boss:

  • Sosok Sebagai Pemimpin

Perbedaan yang sangat kontras antara leader dan boss yaitu pada sosoknya sebagai pemimpin. Sosok leader akan mendapatkan rasa hormat bahkan kagum dari timnya. Sementara boss lebih cenderung akan ditakuti oleh timnya.

Hal ini tidak lepas dari, boss yang cenderung mendahulukan kepentingan pribadinya di atas kepentingan bersama. Sementara leader mengedepankan kepentingan bersama dalam mencapai tujuan.

  • Orientasi dalam Memimpin

Seorang leader akan berorientasi pada proses dalam mencapai tujuan, sebab proses yang baik akan membuahkan hasil yang baik. Sedangkan boss lebih berorientasi pada hasil sehingga, terkadang tidak memperhatikan prosesnya.

  • Cara dalam Memberikan Perintah

Pemimpin yang bergaya boss akan cenderung menggunakan hak kendalinya dalam mengawasi dan mengontrol kerja timnya. Hal ini tentu akan berdampak terhadap kinerja dan produktivitas karyawan. Sementara seorang leader yang mempercayai dan mendorong timnya untuk berkembang. 

  • Antara Micromanage dan Membimbing

Pemimpin yang bergaya boss cenderung melakukan micromanagement atau pengarahan dan pengawasan yang ekstra dari seorang atasan. Sedangkan seorang leader lebih cenderung membimbing serta melakukan delegasi tugas kepada timnya.

  • Ruang Partisipasi

Seorang boss cenderung untuk memberikan perintah satu arah kepada timnya. Sedangkan leader membuka ruang bagi timnya untuk menyampaikan pendapat dan masukan.

  • Inspiratif atau Intimidatif

Perbedaan leader dan boss selanjutnya yaitu keberadaan dua sosok ini tim. Seorang leader akan menjadi pemimpin yang menginspirasi sedangkan, boss akan menjadi pimpinan mengintimidasi

Konsultan HR dari Proxsis HR

Pemimpin yang Agility

Semakin hari, perusahaan terus dihadapi dengan berbagai tantangan, seperti era VUCA saat ini. Sosok pemimpin perusahaan akan menentukan apakah perusahaan mampu bertahan dan menghadapi tantangan-tantangan di masa depan.

Hari ini, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan Leadership Agility, sehingga mampu mengarahkan perusahaan agar mampu merespon dan beradaptasi dengan perkembangan pasar. 

Perusahaan dengan tingkat agility yang tinggi memiliki keunggulan kompetitif untuk menangkap peluang dan memiliki kinerja yang lebih baik. Kali ini Proxsis-HR kembali membuka pelatihan Agile Leadership (Mastering Agile Leadership in VUCA Era). 

Melalui pelatihan Agility ini, peserta akan belajar tentang bagaimana menjadi pemimpin tangkas (agile) yang mampu merespon dan mengantisipasi perubahan yang sangat dinamis dan sulit diprediksi. Pemimpin yang tangkas dapat menjamin perusahaan dapat terus bertahan dan bertumbuh selamanya.

Info lebih lanjut bisa lihat disini atau hubungi kami di Hello Expert. Proxsis HR siap melayani dan berkolaborasi.

Menu