Cara Mempertahankan Bisnis di Dunia Ketidakpastian Dalam Drakor Reborn Rich

3 Menit Membaca
Reborn Rich

Sebuah serial drama korea atau drakor Reborn Rich mencuri banyak perhatian pada akhir tahun 2022 lalu karena menyajikan sebuah film dengan tema bisnis yang dibalut dengan unsur fantasi tentang reinkarnasi. Bagaimana seorang ahli manajemen risiko di sebuah perusahaan besar yang terlahir kembali setelah dibunuh oleh keluarga pemilik perusahaan.

Kisah Reborn Rich berawal dari sosok Yoon Hyun-woo yang diperankan oleh aktor Joong-ki seorang sekretaris setia dan orang kepercayaan keluarga pemilik perusahaan besar Grup Sunyang. Namun Yoon Hyun-woo dikhianati oleh anggota Sunyang dan dibunuh pada 2022. 

Cerita kemudian berlanjut dengan plot Yoon Hyun-woo terlahir kembali di tahun 1987 sebagai Jin Do-joon salah satu cucu bungsu di keluarga Sunyang. Cerita semakin menarik, karena Jin Do-joon memiliki ingatan Yoon Hyun-woo tentang masa depan. 

Ingatan Yoon Hyun-woo soal masa depan tersebut membuat Jin Do-joon ingin mengetahui alasan ia dibunuh oleh Keluarga Sunyang. Termasuk untuk membalaskan dendam karena kesetiaannya telah dikhianati. 

Baca juga: Tips Agar Tetap Bahagia Kerja di Bawah Tekanan

Berbisnis dalam Serial Reborn Rich

Yoon Hyun-woo yang terlahir kembali sebagai Jin Do-joon masih memiliki kemampuan bisnis yang ia memiliki di kehidupan sebelumnya. Termasuk keahliannya dalam manajemen risiko.

Apalagi, ia juga mengetahui bagaimana perkembangan bisnis dan ekonomi Korea Selatan hingga tahun 2022. Dalam Reborn Rich ini dikisahkan bagaimana keberhasilan Jin Do-joon mengembangnkan bisnisnya satu demi satu.

Seperti, saat Jin Do-joon ditawari hadiah oleh sang kakek Jin Yang-Cheol, ia meminta sebidang tanah di  daerah pinggiran yang pada saat itu masih sepi dan tidak memiliki prospek bisnis yang menjanjikan. 

Jin Do-joon meminta tanah tersebut karena ia tahu, di masa depan kawasan itu akan ramai dan harga tanahnya juga akan naik. Hasilnya Jin Do-joon berhasil mendapatkan puluhan ribu dolar setelah menjual tanah itu. 

Tidak hanya sampai di situ, Jin Do-joon juga meminta ayahnya untuk membeli hak edar film Titanic dan Home Alone, karena dua film itu akan laku keras di masa depan. Dan lagi-lagi, Jin Do-joon mendapatkan cuan dari ingatan tentang masa depan yang ia miliki.

Selain Jin Do-joon, sosok yang juga mendapatkan highlight dalam serial Reborn Rich ini yaitu pendiri Sunyang Group Jin Yang-chul, yang memiliki keberanian yang cukup tinggi bahkan mempertaruhkan banyak hal dalam mengembangkan perusahaannya. 

Seperti keputusannya untuk membeli perusahaan semikonduktor, di mana Jin Yang-chul ditentang secara langsung oleh keluarga dan rekannya.  Namun, Jin Yang-chul berhasil membuat perusahaannya lebih maju dan menguasai pasar teknologi saat itu karena membeli sebuah perusahaan semikonduktor tersebut.

Masih banyak insight-insight terkait bisnis dalam Reborn Rich ini. Apalagi plot cerita ini juga berbalut dengan krisis keuangan Asia yang terjadi pada saat itu, yang juga berdampak terhadap krisis ekonomi yang melanda Korea Selatan pada 1990 an. 

Capaian Jin Do-joon tidak terlepas dari kemampuannya yang mengetahui masa depan sehingga bisa mengambil keputusan-keputusan yang tepat dalam mengembangkan bisnisnya.

Sementara realita saat ini, kita dihadapi dengan berbagai ketidakpastian, seperti era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity) yang terjadi sekarang. Perusahaan dituntut untuk menjadi lebih adaptif, lincah dan tangkas agar bisa mengambil keputusan yang tepat dalam mencapai tujuan bisnis.

Konsultan HR dari Proxsis HR

Pentingnya Agile Leadership

Salah satu kunci untuk bisa menghadapi era VUCA yaitu dengan menjadi perusahaan yang agile atau lincah dalam merespon perubahan dan dinamika pasar yang terjadi. Agility ini tentu dimulai dari pemimpin sebagai pengambil keputusan, seperti yang dilakukan oleh Jin Yang-chul atau pun Jin Do-joon dalam mengembangkan perusahaannya.

Kali ini, Proxsis HR kembali menghadirkan Training Agile Leadership yang akan meningkatkan daya agility Anda dalam membawa perusahaan lebih agile dan responsif dengan perubahan dan tantangan yang datang.

Melalui Training Agility ini, Anda akan belajar tentang bagaimana menjadi pemimpin agile yang mampu merespon dan mengantisipasi perubahan yang sangat dinamis dan sulit diprediksi. Pemimpin yang agile merupakan salah satu modal bagi perusahaan untuk dapat terus bertahan dan bertumbuh.

Info lebih lanjut bisa lihat disini atau hubungi kami di Hello Expert. Proxsis HR siap melayani dan berkolaborasi.

Menu