Pentingnya Time Management Skill

3 Menit Membaca
time management

Di era serba cepat ini manajemen waktu atau time management merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan. Bahkan platform Linkedin menempatkan manajemen waktu sebagai salah satu skill yang paling dicari. 

Kemampuan mengatur waktu dengan baik akan memberikan dampak yang cukup signifikan bagi seseorang dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Apalagi semakin hari beban kerja untuk seorang karyawan juga semakin bertambah, sehingga management time ini merupakan skill yang sangat dibutuhkan oleh pekerja saat ini.

Dan sebaliknya, orang yang memiliki kemampuan manajemen waktu yang rendah akan kesulitan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Hal ini tentu juga akan berdampak terhadap perkembangan jenjang karir kedepan.

Baca juga: Perbedaan Boss dan Leader dalam Sebuah Tim Kerja

Tips Mengatur Waktu Produktif

Pada umumnya, kemampuan time management sangat penting dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Terutama dalam meningkatkan produktivitas. Berikut tips dalam mengatur waktu lebih baik:

  1. Membiasakan Konsep 3A

Konsep 3 A atau Awareness (Kesadaran), Arrangement (Penataan), Adaptation (Adaptasi) merupakan salah satu metode yang cukup efektif dalam memperbaiki cara dalam mengatur waktu agar lebih baik.

  • Awareness atau kesadaran terhadap diri sendiri dalam mengidentifikasi masalah-masalah dalam pengelolaan waktu selama ini.
  • Arrangement atau penataan terhadap tujuan-tujuan dari time management yang ingin diraih. 
  • Adaptation atau beradaptasi dengan penyesuaian dengan time management yang telah ditata berdasarkan  kebutuhan.
  1.  Prinsip Eisenhower

Prinsip Prioritas Eisenhower juga menjadi salah satu tips yang efektif dalam meningkatkan kemampuan manajemen waktu. Metode ini membantu kamu dalam menata waktu berdasarkan prioritas, seperti: 

  • Penting dan Mendesak
  • Penting namun tidak mendesak
  • Tidak penting, tapi mendesak
  • Tidak penting dan tidak mendesak
  1. Dukungan Aplikasi

Saat ini banyak aplikasi yang membantu kita dalam meningkatkan produktivitas, termasuk dalam memanajemen waktu lebih baik, seperti note, reminder, google calendar dan sebagainya. Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut dalam menyusun pekerjaan akan meningkatkan pengelolaan waktu yang lebih produktif.

Konsultan HR dari Proxsis HR

Manfaat Time Management

Kemampuan manajemen waktu memberikan berbagai manfaat bagi seseorang, tidak hanya dalam bekerja, namun juga dalam kehidupan sehari-hari. Berikut manfaat dari time management

  • Meningkatkan produktivitas
  • Waktu dihabiskan dengan kegiatan yang bermanfaat
  • Meningkatkan fokus kerja
  • Mengurangi stres
  • Menanta perkembangan karir lebih baik
  • Pekerjaan menjadi lebih teratur
  • Meringankan beban kerja

Analisis Beban Kerja

Salah satu faktor yang menyebabkan management waktu tidak teratur karena pekerjaan yang menumpuk atau beban kerja yang tidak sesuai dengan seharusnya. Ditambah dengan tuntunan deadline yang kian cepat.

Workload Analysis atau analisis beban kerja  berperan memberikan gambaran terhadap jumlah pekerjaan yang dibebankan pada suatu jabatan atau pun unit kerja dalam menginterpretasikan serta mengimplementasikan target yang ingin dicapai perusahaan. Bagaimana Anda akan melakukan perencanaan sumber daya yang strategis termasuk dalam meningkatkan time management agar bisnis terus berkembang dan berkelanjutan.

Para expert kami di Proxsis HR siap membantu Anda dalam menyusun Workload Analysis atau analisis beban kerja secara menyeluruh dengan support teknologi terkini untuk mendorong kemajuan bisnis. Info lebih lanjut bisa lihat disini atau hubungi kami di Hello Expert. Proxsis HR siap melayani dan berkolaborasi. 

Menu