Pada abad ke-21 ini, teknologi berkembang dengan sangat cepat sehingga tidak hanya mempengaruhi dunia pendidikan, tetapi juga jenis-jenis profesi dan karier lain. Sekarang banyak bermunculan jenis-jenis profesi baru seperti Social Media Specialist, Big Data Analyst, Food Stylest, UI/UX Designer, dan juga Digital Marketing. Hal tersebut memengaruhi generasi Z dalam merencanakan dan juga menentukan karier mereka.

Saat ini, para generasi milenial sudah memasuki usia rata-rata menghadapi dunia kerja sebagai seorang profesional muda. Seperti yang kita ketahui, bahwa generasi milenial selalu memiliki sesuatu yang berbeda. Mengapa berbeda? Hal ini tentunya juga dipengaruhi oleh perubahan berbagai aspek kehidupan yang diakibatkan oleh perkembangan zaman. Melihat persaingan kerja yang semakin ketat, tentunya para milenial juga harus memiliki softskill yang lebih agar dapat bersaing di dunia kerja.

Penguasaan softskill  akan sangat terasa manfaatnya ketika Anda berada di dunia kerja. Softskill dipercaya turut berperan penting dalam menentukan keberhasilan pada karier yang dijalani seseorang.

Lalu pertanyaannya, Softskill  apa saja sih yang penting untuk dimiliki milenial agar dapat sukses menjadi profesional muda? Berikut adalah beberapa di antaranya!

  1. Critical Thinking
    Softskill pertama yang harus dimiliki oleh profesional muda adalah berpikir kritis. Anda bisa melatih softskill yang satu ini dengan dua hal, pertama adalah dengan membaca buku dan yang kedua adalah memalui debat dan diskusi. Kedua kegiatan ini sangat membantu Anda dalam mengembangkan softskill berpikir kritis.
  1. Komunikasi yang baik
    Cara mendapatkan softskill ini dapat dengan memulai menjadi pendengar yang baik. Ketika seseorang mendengarkan orang lain bicara, kebanyakan orang akan fokus pada apa yang harus dikatakan selanjutnya, bukan pada apa yang sedang dibicarakan. Dengan belajar untuk mulai mendengarkan dengan baik, maka Anda juga akan dapat belajar berbicara atau berkomunikasi dengan baik.
  1. Rasa ingin tahu, kreatif, dan inovatif
    Ketiga softskill ini sangat wajib dimiliki seorang profesinal muda. Rasa ingin tahu adalah awal mula datangnya sebuah ide kreatif dan sebuah inovasi. Selain itu, ketiga softskill ini juga sangatlah berguna dalam hal penyelesaian masalah. Ketika Anda menghadapi sebuah masalah dalam pekerjaan, rasa ingin tahu akan membuat Anda tidak akan berhenti mencari sumber permasalahan tersebut hingga berhasil mendapatkannya.Ketika Anda sudah mengetahui sumber masalahnya, Anda harus memikirkan solusi yang tepat dan efisien untuk dapat menyelesaikannya. Kreativitas dan inovasi akan sangat membantu Anda untuk mencari solusi paling efisien untuk masalah yang sedang Anda hadapi.
  1. Kepemimpinan
    Tidak semua orang suka untuk menjadi seorang pemimpin, tapi dalam hal karier, softskill ini harus Anda miliki ingin berhasil sebagai seorang profesional muda.
  1. Kemampuan beradaptasi
    Setiap pekerjaan mungkin saja berat untuk dilakukan pada awalnya, ketika Anda belum terbiasa dan banyak hal yang harus Anda pelajari. Jika Anda memiliki softskill kemampuan beradaptasi yang baik, maka Anda akan dapat melewati masa sulit tersebut dengan baik. Softskill yang satu ini akan membantu Anda melewati segala dimanika di dunia kerja.
  1. Kerja sama dan kolaborasi
    Softskill selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang profesional muda adalah kemampuan kerja sama dan kolaborasi. Menjadi seseorang yang bisa diajak bekerja sama di dalam tim sangat penting untuk karier Anda. Banyak orang yang mampu bekerja sangat baik jika bekerja sendiri, tapi kesulitan ketika harus bekerja sama. Hal seperti ini akan menyusahkan diri sendiri dan juga menghambat kerja tim, maka dari itu Anda harus mengasah softskill yang satu ini jika ingin berhasil sebagai seorang profesional muda.
  1. Public speaking
    Public speaking merupakan softskill yang cukup sulit bagi sebagian orang. Banyak sekali orang yang merasa tidak mampu berbicara di depan umum sehingga memilih untuk tidak melakukannya. Tapi, jika Anda ingin sukses sebagai seorang profesional muda, Anda harus berani menaklukan softskill yang satu ini. Pada awalnya mungkin memang terlihat menakutkan, tapi satu-satunya cara untuk dapat menguasainya adalah Anda harus melakukannya sesering mungkin hingga akhirnya Anda terbiasa melakukannya.

Olahan data digitalfinger.id sumber : //www.parenttoolkit.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat