Pandemi COVID-19 telah berlangsung selama beberapa waktu dan membuat banyak perubahan yang sangat signifikan di seluruh dunia. Dinamika sistem dan aktivitas di pekerjaan telah berubah secara drastis dan menciptakan suatu kebiasaan baru. Salah satu dampaknya yang sangat terasa adalah aktivitas internal dan eksternal perusahaan yang terpaksa bertransformasi ke digital. Rapat yang semula dilakukan dengan tatap muka, kini dialihkan menjadi Video Conference. Sama halnya dengan aktivitas pemetaan karyawan yang dahulu dilakukan dengan menggunakan metode asesmen secara tatap muka, saat ini beralih menjadi aktivitas online asesmen. Seluruh rangkaian online asesmen dilakukan secara virtual menjadi pilihan yang sangat tepat saat ini.

Mengapa demikian? Online asesmen dapat secara efisien mengelola jalannya pelaksanaan melalui sistem yang sepenuhnya otomatis. Dengan metode online asesmen ini, tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga dapat memberikan hasil yang cepat dengan tingkat validasi yang dapat dipertanggung-jawabkan.

Online asesmen ini dapat membantu mengotomatisasikan prosedur manual dengan tetap memperhatikan kemudahan peserta dalam mengakses dan mengerjakan asesmen, namun aspek keamanan dan kerahasian data peserta dipastikan tetap dapat terjaga. Pelaksanaan ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran tentang penguasaan kompetensi perilaku maupun teknis karyawan di perusahaan, baik pada posisinya saat ini atau dalam konteks promosi, memberi gambaran proyeksi jabatan yang akan dituju.

Adanya gambaran mengenai kompetensi yang dimiliki karyawan perusahaan secara menyeluruh tentunya memiliki peranan penting bagi perusahaan, terutama pada saat pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pemetaan karyawan, sebagai upaya mencapai target dan mempersiapkan perusahaan dalam menghadapi tantangan masa depan. Pada era pandemi ini, dimana sebelumnya perusahaan-perusahaan pada masa lalu bisa menghindari atau tidak terbiasa dengan adanya perubahan, di masa kini pilihan yang tersedia hanyalah harus beradaptasi dengan segera atau “terbinasakan”.

Karyawan yang tepat merupakan aset yang paling penting agar roda bisnis tetap berjalan. Online asesmen dapat membantu mengidentifikasikan karyawan yang tepat, siap, dan memiliki kompetensi yang mumpuni atau fit untuk terus berlari dan mampu memberikan kontribusi dan nilai tambah bagi perusahaan.

Online asesmen menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi organisasi agar dapat terus “sustain” dalam menjalankan bisnis dan tetap fokus mencapai tujuan perusahaan. Dengan adanya penjabaran singkat ini, diharapkan Anda mendapatkan informasi yang cukup mengenai fungsi dan manfaat dilakukannya Online Asesmen. Jadi, tidak perlu berlama lagi, mulailah melaksanakan pemetaan kompetensi pegawai Anda sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat