Pelatihan Job Shadowing adalah jenis pelatihan kerja karyawan baru ingin mengenal pekerjaan yang berbeda, mengikuti, dan mengamati karyawan yang terlatih dan berpengalaman. Job Shadowing adalah bentuk pelatihan kerja yang efektif untuk pekerjaan tertentu.

Program pelatihan ini memungkinkan seorang karyawan, atau magang untuk mendapatkan komprehensif tentang apa yang dilakukan seorang karyawan yang memegang pekerjaan tertentu setiap hari. Job Shadowing memberikan pengalaman yang jauh lebih kaya daripada membaca deskripsi pekerjaan atau melakukan wawancara infromasional, dimana seorang karyawan menggambarkan pekerjaan mereka.

Memungkinkan pengamat untuk melihat dan memahami nuansa pekerjaan tertentu. Karyawan yang membayangi pekerjaan dapat mengamati bagaimana karyawan lain melakukan pekerjaan. Sampai mereka dapat menghadiri rapat karyawan, mengunjungi pelanggan, menghadiri konferensi atau acara pelatihan, dan menjadi sangat akrab dengan pekerjaan itu.

Siapa Yang Dapat Berpartisipasi Dalam Job Shadowing?

Baca Juga: Pengembangan SDM Dengan Digital Workplace

Untuk melakukan hal ini secara efektif ketika sebuah organisasi menerima karyawan baru, dan ketika karyawan memiliki jangka Panjang untuk belajar berbagai pekerjaan di perusahaan. Seorang karyawan mungkin telah menyatakan minatnya untuk melakukan pekerjaan yang berbeda. Misal, mereka tidak yakin untuk meninggalkan pekerjaan yang telah dicoba dan benar untuk masa depan yang tidak pasti.

Selain itu, dapat memberikan informasi yang cukup tentang pekerjaan baru dan berbeda untuk menghilangkan ketakutan karyawan akan hal yang tidak diketahui.

Jadi, job shadowing adalah alat yang berguna saat organisasi ingin karyawannya memiliki peluang karier melalui transfer pekerjaan atau Gerakan lateral.

Kapan Job Shadowing Paling Penting dan Efektif?

Job Shadowing bisa efektif untuk pekerjaan apa pun, Saat melakukan itu, individu tersebut melihat kinerja sebenarnya dari pekerjaan tersebut dalam tindakan. Namun dalam pelatihan job shadowing, peserta juga melihat dan merasakan nuansa bagaimana layanan diberikan atau pekerjaan dilakukan.

Interaksi interpersonal yang diperlukan, langkah-langkah dan tindakan yang diperlukan, dan komponen yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan secara efektif yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh karyawan untuk disebutkan.

Meskipun semua pekerjaan dapat memiliki komponen sebagai bagian dari pelatihan dan rencana pengembangan karyawan mereka, Job Shadowing sangat efektif untuk pekerjaan seperti:

  • Karyawan Restoran: staf melayani, bartender, juru masak, koki , kasir.
  • Profesi Medis: Terapi fisik, terapi okupasi, keperawatan, dokter, ahli radiologi, ahli bedah.
  • Pekerjaan Manufaktur: Supervisor, quality control, karyawan perdagangan terampil, operator mesin, pembuat perkakas dan die, masinis.
  • Administrasi: Resepsionis, asisten administrasi, sekretaris, juru tulis.
  • Perdagangan Terampil: tukang kayu, pelukis, tukang kayu, tukang listrik, tukang ledeng, teknisi pemanas dan pendingin.
  • Product Development dan masuk ke pasar termasuk pemrograman komputer, riset pasar, pemasaran, penjualan, layanan pelanggan, dukungan teknis, pengujian pengalaman pengguna, kontrol kualitas.

Dari contoh ini menunjukan jenis pekerjaan dimana job shadowing merupakan komponen penting. Namun, pembelajaran dalam pekerjaan apapun ditingkatkan oleh komponen lainnya.

Jadi, jangan otomatis dihilangkan. Misalnya, posisi seperti pekerjaan manajemen, Sumber Daya Manusia, Supervisi, Keuangan, dan Eksekutif. Semua memiliki komponen yang paling baik dipelajari dengan melihat pekerjaan tersebut beraksi.

Kapan Job Shadowing Penting?

Baca Juga: Asesmen Online Komeptensi Teknis & Perilaku

Akhirnya, job shadowing menjadi penting ketika seorang karyawan dilatih secara internal untuk peran mereka selanjutnya. Misalnya, SDM Manager membayangi direktur SDM ketika direktur mengharapkan promosi menjadi wakil presiden: Asisten HR membayangi generalis HR ketika generalis mengharapkan promosi menjadi Manager HR.

Dari yang sudah di diskusikan di atas, apakah kamu pernah mengalami hal berikut? Jika kamu ingin berdiskui dengan kami silahkan menghubungi kami di tautan berikut.

081315667747 (Vitara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat