Salah satu komponen penting dalam suatu perusahaan adalah Sumber Daya Manusia. Secanggih apapun teknologi yang digunakan, tanpa SDM yang mumpuni tidak akan menghasilkan apa-apa, oleh karena itu dibutuhkan manajemen SDM yang tepat sehingga dapat mengelola tim dengan baik.

Manajemen SDM biasanya identik dengan tanggung jawab divisi HR (Human Resources), padahal mengelola SDM merupakan tanggung jawab seluruh divisi di perusahaan karena dalam setiap divisi terdapat sumber daya manusia. Oleh karena itu, kewajiban untuk memahami manajemen SDM merupakan tanggung jawab seluruh manager divisi. Hal ini tentunya menjadi tantangan yang besar bagi manager/leader untuk dapat mengelola SDM secara tepat.

Pemahaman terkait manajemen SDM menjadi penting karena hal ini dapat membantu manager / leader untuk mendorong timnya sehingga mampu menunjukkan kinerja yang maksimal, serta melakukan improvement terus menerus. Semakin baik pemahaman pengelolaan SDM nya, semakin sehat dan efektif perusahaan tersebut, sehingga tujuan perusahaan dapat terwujud.

Mengelola sumber daya manusia bagi manager/ leader divisi operasional mungkin bukan hal yang mudah, namun hal ini juga bukan merupakan hal yang sulit untuk dipelajari. Sebelum mempelajari tentang manajemen SDM lebih lanjut, berikut merupakan 5 prinsip manajemen HR dalam mengelola sumber daya manusia :

  1. Sumber daya manusia merupakan aset paling penting dalam suatu organisasi/perusahaan.
    Suatu organisasi/perusahaan terdiri atas berbagai aset, salah satu aset yang penting yaitu sumber daya manusia. Tanpa adanya sumber daya manusia, suatu organisasi/perusahaan tidak akan berjalan dengan baik. Untuk memastikan organisasi/perusahaan berjalan dengan baik, penting untuk menerapkan manajemen SDM yang efektif sehingga organisasi/perusahaan tersebut dapat berhasil dalam mencapai tujuan.
  1. Segala aturan yang berkaitan dengan manusia harus selaras dengan tujuan organisasi/perusahaan.
    Keberhasilan organisasi/perusahaan dapat dicapai apabila aturan, kebijakan, prosedur, dan mekanisme kerja yang berkaitan dengan manusia berkaitan dengan tujuan perusahaan, sehingga aktivitas yang dilakukan sumber daya manusianya memberikan sumbangan terhadap pencapaian strategis perusahaan.
  2. Perilaku manusia dalam suatu organisasi/perusahaan merupakan cerminan dari budaya dan nilai organisasi/perusahaan.
    Budaya dan nilai organisasi/perusahaan tentunya berasal dari tujuan organisasi/perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut, budaya dan nilai organisasi harus mewujud sebagai perilaku dan aktivitas seluruh sumber daya manusia di dalamnya.
  3. Integrasi manajemen sumber daya manusia membantu pencapaian tujuan organisasi/perusahaan.
    Suatu organisasi/perusahaan tentunya tidak hanya terdiri atas satu divisi. Seluruh divisi dalam organisasi/perusahaan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Oleh karena itu perlu adanya integrasi manajemen sumber daya manusia dari seluruh divisi sehingga tujuan organisasi/perusahaan dapat dicapai dengan baik.
  1. Empat prinsip tersebut harus tertanam dalam diri seluruh sumber daya manusia yang terlibat.
    Prinsip-prinsip di atas tidak hanya perlu tertanam dalam diri manager/leader, melainkan harus tertanam dalam diri seluruh sumber daya manusia yang terlibat dalam organisasi/perusahaan tersebut. Tujuannya adalah supaya adanya keselarasan antar seluruh anggota sehingga tidak terjadi konflik ketika mencapai suatu tujuan organisasi/perusahaan.

Prinsip-prinsip di atas merupakan kunci awal dalam menguasai manajemen HR untuk mengelola sumber daya manusia yang harus dipahami oleh seluruh manager/leader divisi pada suatu organisasi/perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat