Dalam dunia kerja, sebagian orang beranggapan bahwa yang terpenting adalah status akademik. Kenyataannya, hal tersebut tidak lebih dari sekadar faktor penunjang atau sesuatu untuk melengkapi persyaratan administrasi untuk bisa bekerja di perusahaan ataupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Satu hal yang mesti diperhatikan oleh seorang pegawai adalah sejauh mana penguasaan kemampuan dalam menjalani bidang yang ditekuni. Keahlian bidang tertentu yang dimiliki oleh pegawai BUMN merupakan kabar baik dan harapan bagi BUMN untuk bisa menjadi lebih berjaya dibandingkan dengan sebelumnya.

Dunia kerja khususnya BUMN percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemahiran hard skill saja tetapi juga piawai dalam aspek soft skillnya. Dunia pendidikan pun mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian di Harvard University Amerika Serikat ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill). Penelitian ini mengungkapkan, kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skill dan sisanya 80% oleh soft skill.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir punya harapan besar terhadap generasi milenial untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai keahlian ‘khusus’ di kementeriannya.

Erick meyakini generasi muda atau milenial memiliki potensi untuk mendorong kemajuan perusahaan pelat merah. Menurut pendapat Erick, millenials dikenal dengan generasi yang creative, connected dan confident.

Kemampuan yang harus dimiliki SDM di Kementerian BUMN, salah satunya kemampuan negosiasi hingga kecerdasan kognitif.

Kemampuan negosiasi yang baik oleh pegawai BUMN akan menciptakan citra positif bagi perusahaan, karena pegawai juga merupakan salah satu tolak ukur kredibilitas dari sebuah perusahaan. Kemampuan negosiasi yang baik yang dikuasi pegawai akan menciptakan hubungan kerjasama yang kondusif sehingga visi dan misi perusahaan akan lebih mudah dicapai.

Tujuan dan Manfaat Negosiasi

Ada beberapa tujuan dari sebuah negosiasi dalam bisnis, yaitu antara lain :

  1. Untuk mendapatkan atau mencapai kata sepakat yang mengandung kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan.
  2. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi bersama.
  3. Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan dimana masing-masing pihak merasa menang (win-win solution).

Selain mempunyai tujuan, negosiasi juga mempunyai manfaat. Manfaat yang diperoleh dari sebuah proses negosiasi di dalam bisnis antara lain adalah :

  1. Untuk mendapatkan atau menciptakan jalinan kerja sama antar badan usaha atau institusi ataupun perorangan untuk melakukan suatu kegiatan atau usaha bersama atas dasar saling pengertian. Dengan terjalinnya kerjasama antar kedua belah pihak inilah maka tercipta sebuah transaksi bisnis yang saling terkait, sehingga membuat hidup perekonomian. Dengan kata lain, bahwa suatu proses negosiasi bisnis merupakan bagian dari suatu proses interaksi guna menghidupkan perekonomian dalam skala yang lebih luas.
  2. Dalam sebuah perusahaan, sebuah proses negosiasi akan memberikan manfaat untuk menjalin hubungan bisnis yang lebih luas dan juga untuk mengembangkan pasar, yang diharapkan memberikan peningkatan penjualan. Proses negosiasi bisnis juga akan menghasilkan harga yang lebih baik dan efisiens, yang memberikan keuntungan yang lebih besar. Dalam jangka panjang hal ini akan memberikan kemajuan dari sebuah perusahaan.

Dalam situasi seperti sekarang ini, sudah saatnya kita lebih mengembangkan dan mengasah kemampuan soft skill khususnya di bidang negosiasi. Perdagangan global dan pengaruh globalisasi menuntut seseorang untuk mempunyai kemampuan komunikasi dan negosiasi yang baik agar dapat terus berkembang dan maju mengikuti perkembangan zaman. Dengan banyaknya pegawai BUMN yang memiliki kemampuan negosiasi yang baik, maka bisa kita pastikan bahwa perekonomian Indonesia akan meningkat dengan pesat.

Sumber :  www.okezone.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat