Tahukah kamu bahwa sehari-hari kita sering melakukan negosiasi, entah dengan teman, keluarga, rekan kerja bahkan mitra binis. Dalam dunia bisnis kegiatan negosiasi menjadi faktor penting dalam setiap kerjasama perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Bisa dikatakan, tidak akan terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik tanpa adanya negosiasi yang baik pula.

Negosiasi adalah sebuah proses di mana ada perundingan atau tawar-menawar yang terjadi di antara minimal dua orang atau dua kelompok. Biasanya kegiatan negosiasi memiliki tujuan untuk memperoleh kesepakatan bersama atau win win solution. Lantas apa yang dimaksud negosiasi bisnis? Negosiasi bisnis adalah perundingan atau tawar-menawar terjadi atas sebuah obyek bisnis. Hasil yang diharapkan dari negosiasi adalah kontrak atau perjanjian bisnis.

Sayangnya dalam negosiasi bisnis tidak semua orang memahami cara melakukan negosiasi dengan baik sehingga tidak tercapai kesepakan bersama atau ada yang dirugikan. Untuk itu,

dibutuhkan tips jitu sukses negosiasi dengan klien, berikut ini:

  1. Pastikan Rencana, Tujuan Dan Target Yang Jelas
    Langkah pertama untuk sukses bernegosiasi adalah ketika kamu punya rencana, tujuan dan target yang jelas. Mulailah untuk menentukan strategi dari hal kecil seperti apa saja yang akan kamu lakukan, bagaimana kamu dapat mencapai target tersebut, dan teknis lainnya. Dengan demikian kamu akan yakin ketika bernegosiasi dengan calon klien karena sudah paham dengan tujuan kamu.
  1. Jujur
    Bernegosiasi adalah suatu hal yang memerlukan keahlian khusus dan juga kesabaran. Untuk itu hindari menggunakan jalur cepat untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan atau persetujan dari calon klien. Kamu tak perlu terlalu terbuka atau polos, namun pastikan  dapat mempertanggung jawabkan apa yang sudah kamu ucapkan atau janjikan.
  1. Bersikap Profesional
    Ketika melakukan negosiasi, adakalanya kamu mengalami perbedaan pendapat dan mungkin akan terlihat jika pihak lain terkesan merendahkan kamu. Jika hal ini terjadi, kamu harus tetap bersikap profesional dan fokus dengan tujuan bersama yang ingin dicapai. Ketika solusi yang kamu tawarkan belum dapat diterima pihak lainnya, hindari untuk memaksakan kehendak dan usahakan untuk tidak menanggapinya dengan emosional. Teruslah berusaha mencari solusi kreatif yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.
  1. Beranikan Diri Untuk Menawar
    Tawar menawar dalam negosiasi adalah hal lumrah. Artinya, calon klien sudah berminat dengan apa yang kamu sampaikan. Ketika berbicara harga, lakukan penawaran yang berharga. Maksudnya, kamu tidak akan melepas produk dengan harga terlalu murah atau mengambil produk dengan harga terlalu mahal. Disinilah pentingnya memahami apa yang dinegosiasikan sehingga harga yang akan dipatok juga akan menguntungkan semua pihak.  Selama kamu yakin dan sudah menguasai hal yang kamu presentasikan, calon klien pasti akan melihat potensi yang ada pada diri kamu.
  1. Perkuat Statement Kamu
    Untuk menambah kepercayaan calon klien, pastikan kamu sudah mempersiapkan hal-hal yang dapat memperkuat statement kamu dan membuat calon klien lebih yakin kepada kamu. Pastikan juga kamu sudah mempersiapkan bahannya jauh sebelum bertemu dengan sang klien.

Nah, di atas adalah 5 trik jitu yang dapat kamu lakukan untuk sukses negosiasi dengan klien.

Yuk, siapkan dengan baik negosiasi bisnis kamu. Jika kamu membutuhkan bantuan tambahan ilmu atau soft skill mengenai negosiasi bisnis, kamu bisa mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Proxsis HR.

Sumber: xwork.co

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat