Corporate Culture Kunci Keberhasilan Perusahaan Bertahan dari Resesi

3 Menit Membaca
Corporate culture

Setelah krisis pandemi Covid-19, ekonomi global kini dibayang-bayangi ancaman resesi pada tahun 2023. Signal krisis ini menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan agar mampu bertahan dan melewati ancaman resesi. Corporate culture atau budaya perusahaan menjadi faktor yang akan menentukan bagaimana cara perusahaan untuk beradaptasi dengan kondisi resesi yang akan terjadi.

Hal ini juga sudah terlihat pada krisis pandemi dalam dua tahun terakhir, banyak perusahaan yang tidak mampu bertahan karena tidak siap beradaptasi.

Konsultan HR dari Proxsis HR

Apa itu Corporate culture?

Secara sederhana budaya perusahaan adalah gagasan yang sudah terbentuk dari keyakinan, cara bersikap dan perasaan sebagai dasar dalam bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan. 

Harvard Business Review mendefinisikan budaya perusahaan sebagai fondasi sebuah bangunan. Budaya perusahaan yang kokoh akan mampu menopang perusahaan untuk tumbuh secara positif dan adaptif dengan berbagai perubahan.

Selain itu, budaya perusahaan akan membuat perusahaan lebih tangguh dibandingkan perusahaan yang tidak memiliki budaya yang kuat. Pada umumnya, budaya perusahaan terbentuk dari hasil yang diupayakan perusahaan sejak awal berdiri. 

Baca juga: Kepemimpinan di Era Metaverse

Mengapa Budaya Perusahaan Penting?

Budaya perusahaan menjadi salah satu faktor penting dalam menjalankan perusahaan. Bagus atau tidaknya performa perusahaan, dapat dilihat dari budaya perusahaan yang dimiliki.

– Produktivitas

Budaya perusahaan yang kuat akan mampu menjaga serta meningkatkan kinerja karyawan. Seperti survei Eager Hill Consulting yang mengungkapkan bahwa 76 persen karyawan di Amerika Serikat merasa lebih produktif dengan adanya budaya perusahaan.

– Adaptif

Kualitas sebuah budaya perusahaan akan menentukan kesiapan perusahaan untuk beradaptasi dengan perkembangan pasar. Perusahaan yang memiliki budaya perusahaan yang kokoh akan mudah untuk membuat perubahan dan beradaptasi.

– Kompetitif

Bagaimana budaya di dalam perusahaan akan mencerminkan bagaimana kemampuan daya saing perusahaan di tengah persaingan pasar hari ini. Dibutuhkan tim yang solid dan kinerja karyawan yang produktif untuk meningkatkan performa perusahaan.

corporate cultureFaktor yang Mempengaruhi Budaya Perusahaan

Budaya perusahaan merupakan sesuatu yang abstrak yang dapat berubah. Berikut faktor yang bisa mempengaruhi budaya perusahaan

– Tujuan Perusahaan

Tujuan perusahaan merupakan elemen penting dalam membentuk sebuah budaya perusahaan. Termasuk juga bagaimana seluruh unsur perusahaan memiliki pemahaman yang sama terhadap tujuan yang akan dicapai.

– Kepemimpinan

Pemimpin sangat menentukan bagaimana sebuah budaya perusahaan terbentuk. Pemimpin yang ideal mampu membangun budaya perusahaan yang kokoh dan efektif dalam menunjang performa perusahaan.

– Kinerja Tim

Karyawan merupakan komponen yang penting dalam budaya perusahaan. Tidak sedikit karyawan yang mengundurkan diri karena merasa tidak sesuai dengan budaya perusahaan dan sebaliknya, karyawan akan betah bekerja jika merasa sesuai dengan budaya perusahaan.

Memperkuat Budaya Perusahaan

Budaya perusahaan akan menentukan bagaimana performa bisnis perusahaan menghadapi berbagai perubahan dan tantangan. Termasuk juga dalam menghadapi ancaman resesi pada 2023 nanti. 

Memiliki budaya perusahaan yang kuat merupakan impian perusahaan yang harus segera diwujudkan. Proxsis HR siap membantu Anda dalam membangun Corporate Culture secara komprehensif melalui dukungan teknologi terkini untuk mendorong kemajuan bisnis Anda melalui perencanaan Employee Experience, Employee Engagement hingga Organization Core Values.

Anda dapat klik disini atau segara hubungi kami di Hello Expert. Proxsis HR siap melayani dan berkolaborasi untuk mewujudkan budaya perusahaan yang kuat di perusahaan Anda.

Menu