Kisaran Gaji HRD di era sekarang
3 Menit Membaca

Berapa Kisaran Gaji HRD Sekarang?

Istilah HRD mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pekerja atau pencari kerja. Jika kamu bekerja dalam suatu perusahaan, besar kemungkinan kamu pernah terlibat urusan dengan H(singkatan umumnya), seperti pada saat wawancara atau seleksi masuk perusahaan, orientasi karyawan baru, dan masih banyak lagi. Penerimaan karyawan hanyalah satu dari sekian banyak fungsi HRD, misal pelatihan dan pengembangan karir, penilaian kinerja, pengupahan dan perhitungan bonus atau insentif, sampai persiapan masa pensiun karyawan. Dari sini, kita bisa melihat ruang lingkup pekerjaan HRD sangatlah luas dan melibatkan seluruh karyawan di dalam sebuah perusahaan. Mungkin ada yang berpikiran, “Wah jadi HRD pasti berat banget, soalnya harus mengurus banyak karyawan” atau “Karena pekerjaannya yang berat, pasti gajinya juga besar”. Mau tahu apakah hal tersebut benar atau tidak? Simak terus artikel ini, karena kita akan membahas mengenai apa itu pekerjaan HRD dan kisaran gaji HRD supaya tidak salah kaprah.

Pertama, apa itu HRD serta apa perannya di dalam perusahaan?

Mungkin masih banyak orang yang salah artikan Human Resources Development (HRD) sebagai suatu jabatan seseorang. Melansir dari Indeed, HRD sendiri merupakan kumpulan upaya dalam memanfaatkan pelatihan karyawan, pengembangan karir, mentoring, coaching dan lainnya untuk pengembangan ketenagakerjaan di perusahaan.

Lalu, apa fungsinya dalam perusahaan? Secara umum HRD berfungsi untuk:

  • Meningkatkan kinerja individu atau kelompok serta efektivitas perusahaan secara keseluruhan.
  • Mengembangkan kompetensi yang dibutuhkan karyawan untuk melakukan pekerjaan.
  • Penyesuaian kebutuhan karyawan dan perusahaan.
  • Memotivasi dan mengembangkan karyawan.

Baca juga: Ketahui ini sebelum kamu menjalani pelatihan Professional HR

Siapa saja yang bisa bekerja di HRD?

Banyak perusahaan yang memang mengutamakan sarjana jurusan psikologi atau manajemen SDM untuk bekerja di HRD. Selain itu, sarjana hukum juga sering dicari oleh HRD untuk bagian Hubungan Industrial.

Jika kamu bukan sarjana dari jurusan yang disebutkan di atas tapi ingin berkarir di HRD, jangan berkecil hati. Ada juga beberapa perusahaan yang tidak melihat jurusan kuliah, khususnya jika kamu direkrut melalui program tertentu seperti Management Trainee. Hal yang biasanya dilihat adalah minat dan keinginan belajar yang tinggi terkait Human Resources, serta pengalaman menangani Sumber Daya Manusia (SDM) pada saat berkuliah, berorganisasi, atau magang.

Selain itu, jika kamu pernah mengikuti kelas atau pelatihan HR for Non HR, Training of Trainer, dan Sertifikasi HR, hal ini akan membantu kamu dalam memahami apa yang dikerjakan dan bagaimana cara mengembangkan karyawan yang merupakan fungsi utama HRD. Selanjutnya, kita akan membahas mengenai berapa kisaran gaji seseorang yang bekerja di HRD.

Berapa kisaran Gaji HRD?

Tadi kita sudah membahas apa itu HRD serta fungsi dan kualifikasi yang diperlukan untuk bekerja di area ini. Sekarang kita akan cari tahu berapa kisaran gaji HRD di zaman sekarang? Secara pekerjaan di HRD terbagi menjadi 3 level, yaitu: Level Staff, Level Supervisor, dan Level Manajer.

Gaji HRD Level Staff

Posisi staff pada umumnya merupakan tingkatan awal di HRD dan diperuntukkan kepada orang yang belum memiliki pengalaman kerja atau pengalaman kerjanya masih di bawah 3 (tiga) tahun. Estimasi gaji HRD untuk level staff pada masa sekarang ini, yaitu di kisaran Rp 5.000.000,00 – Rp 8.000.000,00 per-bulan. 

Gaji HRD Level Supervisor

Berbeda halnya dengan posisi staff, untuk level supervisor biasanya membutuhkan pengalaman bekerja di bidang Human Resources (HR) minimal 3-4 tahun karena akan diberikan tanggung jawab untuk mengelola tim yang terdiri dari beberapa staff. Kisaran gaji HRD untuk level supervisor adalah Rp 6.000.000,00 – Rp 12.000.000,00 per-bulan.

Gaji HRD Level Manajer

Pada level manajer umumnya terdapat beberapa tingkatan lagi di dalamnya, antara lain:

  • Top Level Manager (Manajer Tingkat Atas)

Top level manager merupakan tingkatan manajer yang paling tinggi dalam suatu perusahaan atau organisasi. Seseorang pada posisi ini memiliki tanggung jawab bukan dalam hal teknis, melainkan hal-hal yang sifatnya konseptual, seperti merancang strategi, perencanaan, dan kebijakan terkait Human Resource untuk mendukung arah bisnis perusahaan tersebut.

  • Middle Level Manager (Manajer Tingkat Menengah)

Seperti namanya, middle level manager adalah posisi yang berada di tengah dimana posisi ini memiliki tanggung jawab kepada top level manager dan bertugas untuk mengelola lower level manager. Berbeda halnya dengan top level manager yang menangani hal-hal konseptual, yang termasuk ke dalam tugas middle level manager adalah untuk menurunkan strategi, perencanaan, dan kebijakan terkait Human Resources menjadi target dan arahan yang lebih konkret juga spesifik.

  • Lower Level Manager (Manajer Tingkat Bawah)

Untuk lower level manager biasanya harus memiliki pemahaman terkait hal-hal teknis, karena salah satu tugasnya adalah memastikan kinerja, kualitas, dan pencapaian tim yang dikelolanya sesuai dengan arahan Middle atau Top Level Manager.

Karena cakupannya yang luas, kisaran gaji HRD untuk level manajer pun lebih beragam, yaitu antara Rp 8.000.000,00 – Rp 20.000.000,00 per-bulannya.

Sertifikasi HR Manager BNSP

Penutup

Demikian adalah gambaran kisaran gaji HRD di era saat ini yang kita himpun berdasarkan Salary Survey 2022 untuk posisi Human Resources. Tentunya kisaran gaji HRD tersebut sangat menyesuaikan pada ukuran dan kebijakan perusahaan, pembagian tugas, cakupan serta kompleksitas pekerjaan di masing-masing perusahaan.

Referensi: Salary Explorer

Menu