Apa Saja Level Pelatihan Training of Trainer?

4 Menit Membaca
Training of Trainer

Training of Trainer telah menjadi kebutuhan banyak perusahaan hari ini agar memiliki seorang instruktur atau trainer yang handal dan bersertifikasi.  Pelatihan ini juga akan jadi modal besar untuk karyawan dalam meniti karir sebagai trainer di sebuah perusahaan.

Training of Trainer adalah pelatihan khusus untuk menjadi seorang trainer atau instruktur yang mampu mengajarkan teknik-teknik cara menyampaikan materi dengan profesional dan menarik. Pelatihan ini bertujuan agar perusahaan memiliki seseorang trainer yang profesional dan berkualifikasi.

Pelaksanaan pelatihan ini juga sudah diatur secara resmi oleh pemerintah melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Para trainer yang dinyatakan berhasil mengikuti pelatihan ini akan diberikan sertifikasi sebagai pengakuan secara tertulis atas kompetensi yang dimiliki.

Sertifikasi ToT akan dikeluarkan oleh BNSP melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) berdasarkan rekomendasi oleh tim asesor. Proses sertifikasi meliputi pemeriksaan dokumen, ujian tertulis, simulasi atau microteaching dan wawancara.

Konsultan HR dari Proxsis HR

Level Pelatihan ToT

Pelatihan ini terdiri dari beberapa level, mulai dari junior, senior hingga master. Materi pelatihan disusun berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KNNI). Berikut penjelasan lebih lanjut:

Training of Trainer Level 3 

Level 3 ini merupakan tingkatan paling bawah dengan title sertifikasi sebagai trainer junior. Level 3 ini direkomendasikan untuk fresh graduated dan karyawan baru.

Materi pelatihan pada Level 3 ini merujuk pada bidang keterampilan dasar komunikasi, presentasi, mengelola materi pelatihan hingga menerapkan prinsip K3.

Level 4

Level ini lebih kompleks dari tingkatan sebelumnya karena akan mendapatkan materi pelatihan seperti modul pembelajaran, perangkat asesmen, peralatan pelatihan dan akses kompetensi.

Sertifikasi Level 4 ini direkomendasikan untuk instruktur, tenaga kepelatihan atau fasilitator yang agar mendapatkan sertifikat sebagai trainer serta pengakuan kompetensi dari BNSP.

Level 5

Level 5 merupakan pelatihan untuk menjadi trainer senior dengan materi keterampilan mendesain media pelatihan, mengevaluasi pelaksanaan pelatihan. Peserta Level 5 ini juga akan diberikan keterampilan untuk pelatihan personal maupun kelompok.

Level 6

Level 6 adalah tingkatan pelatihan paling tinggi yang direkomendasikan untuk trainer atau instruktur dengan title master. Pada level 6 ini akan peserta akan diberikan materi terkait mendesain sebuah pembelajaran yang inovatif untuk program pelatihan.

Training of Trainer

Tahapan Pelatihan Training of Trainer

Selain level tingkatan di atas, proses pemberian materi dalam pelatihan ini dilakukan dalam tiga tahap:

  • Keterampilan dalam menyampaikan materi
  • Menganalisa dan mendesain kebutuhan mater
  • Mempresentasikan materi dengan komprehensif

Manfaat Pelatihan Training of Trainer

Pelatihan ini memberikan berbagai manfaat yang cukup besar, baik terhadap perusahaan ataupun kepada individu yang mengikutinya. Berikut manfaat dari pelatihan ini:

  • Persaingan Global

Manfaat pertama dari pelatihan ini dalah untuk menjawab tantangan dan persaingan global hari ini. Apalagi Indonesia sebagai salah satu pelaku dalam pasar global Asean. Dimana pasar kerja global dan asing memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja di kawasan Asean. Maka, pengakuan kompetensi secara resmi oleh BNSP sangat penting dalam persaingan global hari ini.

Baca juga: Habit Baru, Kerja di Rumah Terbukti Lebih Efektif Mencapai Target

  • Tuntutan Industri

Salah satu tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk melahirkan ahli yang berkualifikasi dan bersertifikasi secara resmi, sebagai salah satu upaya perusahaan untuk memenuhi tuntutan industri seperti standar ISO atau pun SNI.

  • Menunjang Karir

Karyawan dengan Sertifikasi dari BNSP akan menunjang peluang karirnya ke depan. Sebab, kompetensinya telah diakui secara resmi oleh lembaga pemerintah.

  • Kemampuan Manajerial

Manfaat selanjutnya yaitu meningkatkan kemampuan manajerial trainer, terutama dalam mengidentifikasi kebutuhan pelatihan yang diperlukan oleh SDM dalam meningkatkan performa kinerja karyawan.

Pelatihan ini telah menjadi tren baru saat ini baik untuk perusahaan maupun personal dalam menghadapi pasar kerja nasional dan global yang terus berkembang. ToT menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan dan tantangan persaingan bisnis hari ini.

Proxsis HR memfasilitasi Program ToT Skema KKNI Level 4 yang dirancang untuk trainer ataupun instruktur. Para Expert Proxsis HR siap membantu anda untuk menjadi trainer dengan kualifikasi kebutuhan bisnis hari ini. Untuk info lebih lengkap terkait program ini, Anda dapat klik disini atau segara hubungi kami di Hello Expert. Proxsis HR siap melayani dan berkolaborasi.

Menu