Apa Pentingnya Upskilling dan Reskilling?

3 Menit Membaca
Upskilling dan Reskilling

Di era yang serba cepat ini, perusahaan harus mampu mengelola aset dengan tepat, terutama sumber daya manusia (SDM) sebagai penggerak perusahaan agar tetap relevan dengan perkembangan pasar. Sehingga kompetensi dan kemampuan karyawan harus menjadi perhatian utama perusahaan agar sesuai kebutuhan perusahaan dari zaman ke zaman. Upskilling dan Reskilling merupakan salah satu cara yang cukup efektif dalam mengatasi kinerja karyawan.

Apalagi saat ini pola bekerja mulai bergeser pasca pandemi Covid-19 yang memungkinkan karyawan untuk bisa bekerja dari mana saja. Ditambah dengan transformasi digital yang berlangsung cukup cepat dalam beberapa waktu terakhir.

Perlu bagi perusahaan untuk mengidentifikasi ulang kemampuan atau kompetensi karyawan saat ini, agar tetap produktif dan optimal dalam bekerja. Hal ini juga yang mendasari banyak perusahaan mulai melakukan Upskiling dan Reskilling untuk meng-upgrade aset sumber daya manusianya. Apalagi perusahaan masih sering diterpa dengan permasalahan kesenjangan keterampilan karyawan yang bisa berdampak terhadap performa bisnis perusahaan.

Upskilling dan ReskillingPengertian Upskilling dan Reskilling

Secara umum Upskilling dan Reskilling memiliki tujuan yang sama terkait kemampuan karyawan. Namun dalam praktiknya keduanya memiliki perbedaan yang cukup jauh.

Upskilling adalah proses meningkatkan kemampuan karyawan agar lebih profesional. Termasuk juga kemampuan karyawan dalam memanfaatkan teknologi dalam menunjang pekerjaan. Upskilling ini dilaksanakan dalam program pelatihan, microlearning atau pun monitoring.

Reskilling adalah proses untuk mengajarkan keterampilan baru untuk karyawan, terutama bagi karyawan yang akan diberikan tanggung jawab atau posisi yang berbeda dari jabatan sebelumnya. 

Reskilling ini sering diterapkan saat perusahaan merotasi karyawan sehingga perlu adanya pembekalan keterampilan baru bagi karyawan yang dirotasi.

Konsultan HR dari Proxsis HR

Manfaat Upskilling dan Reskilling

Upskilling dan Reskilling memberikan manfaat yang cukup besar, tidak hanya bagi perusahaan namun juga untuk karyawan. Berikut ulasannya lebih lanjut:

  • Produktivitas

Manfaat utama dari program ini yaitu untuk meningkatkan produktivitas karyawan, karena diberikan peningkatan keterampilan ataupun memberikan keterampilan baru untuk menunjang kinerjanya.

  • Menemukan Potensi Baru

Program ini mampu menemukan potensi baru karyawan yang selama ini belum tergali. Hal ini sangat menguntungkan perusahaan karena tidak harus merekrut pekerja lain.

  • Bank Data

Manfaat selanjutnya perusahaan akan memiliki bank data terkait kompetensi dan keterampilan karyawan yang sangat dibutuhkan membangun ketahanan perusahaan dalam menghadapi perkembangan pasar.

  • Mengurangi Ketergantungan Rekrutmen

Program ini akan membantu perusahaan memiliki karyawan dengan berbagai kebutuhan yang ada, sehingga tidak harus melakukan rekrutmen karyawan baru yang memakan biaya dan waktu yang cukup besar. 

  • Solidaritas Karyawan

Pelatihan Upskilling dan Reskilling dapat meningkatkan solidaritas antara karyawan karena mendorong kerja sama tim maupun kolaborasi dari berbagai divisi. Sehingga karyawan memiliki rasa kebersamaan yang lebih erat dan dalam.

Baca juga: Jenis Model Creative Problem Solving

Tahapan Upskilling dan Reskilling

Program ini memiliki tahapan yang cukup sama dalam penerapannya, karena sama-sama bertujuan untuk melatih keterampilan karyawan. Berikut tahapannya:

  • Menyusun perencanaan Upskilling dan Reskilling
  • Menganalisa dan mengevaluasi kompetensi dan keterampilan karyawan saat ini
  • Mengidentifikasi keterampilan karyawan sesuai kebutuhan perusahaan 
  • Merancang tujuan program apakah Upskilling atau Reskilling
  • Membuat program percontohan untuk nantinya dikembangkan lebih lanjut.

Proxsis HR memiliki Pelatihan Program Learning & Development (How to Create Learning & Development Strategy Fun and Impactful in Digital Era). Pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan keterampilan karyawan, meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja karyawan. Hal ini dapat dilakukan melalui berbagai program pembelajaran yang membantu meningkatkan keterampilan mereka di bidang pekerjaan yang diinginkan serta memastikan organisasi yang berkelanjutan, sukses untuk tujuan bisnis.

Bagi Anda yang ingin mengikuti pelatihan Learning & Development (How to Create Learning & Development Strategy Fun and Impactful in Digital Era) dapat klik disini atau segara hubungi kami di Hello Expert. Proxsis HR siap melayani dan berkolaborasi.

Menu