Mungkin dulu Anda pernah bergorganisasi atau bekerja seperti saat ini. Tak jarang, sebagian dari kita pasti ada yang memberikan arahan atau bahkan mengatur semua kerja kita.Siapa lagi kalau bukan seorang pemimpin. Ketika ditunjuk sebagai pemimpin dalam tim kerja, Anda akan ditantang dengan target dan tenggat waktu. Anda harus memutar otak untuk bisa bekerja dengan efektif dan efisien sehingga semua permintaan klien dan atasan terpenuhi.

Sejak beberapa tahun terakhir, konsep kepemimpinan dalam tim telah berubah. Kini pemimpin sebuah tim tidak hanya bertanggung jawab mengurus sekelompok orang di belakang meja saja, tetapi juga harus turut mengelola anggota tim yang tersebar di berbagai departemen, daerah atau bahkan melintasi negara. Para anggota tim tersebut akan berkumpul bersama-sama dan mencoba memfokuskan diri pada sebuah proyek dengan didasarkan pada kemampuan dan keahlian masing-masing individu. Untuk dapat mengelola anggota tim tersebut, dibutuhkan pemimpin yang baik.

Tujuan utama dari pembentukan tim adalah berusaha menyepakati tujuan bersama secara nyata dan mengesampingkan beragam perbedaan yang timbul diantara mereka. Sehingga setiap peran individu anggota yang lebih dominan harus dihindari, dan seorang pemimpin yang baik harus bisa mengatur dan mengelola hal ini, agar tim bisa tetap fokus pada tujuan utama.

Dengan demikian, pemimpin yang baik harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini, agar mampu secara efektif mengelola timnya.

  1. Mampu Mengelola Tim dengan Baik
    Pemimpin harus mampu mengelola tim yang berada di dalamnya. Untuk itu, pemimpin yang baik harus selalu mengetahui kemampuan individu anggota timnya, dengan demikian pengaturan tugas akan selaras dengan keterampilan dan kepribadian mereka. Sehingga akan terdapat keseimbangan yang baik antara tugas dan kemampuan.
  1. Menciptakan Kebersamaan
    Setiap anggota dalam tim harus mengakui ide dan kemampuan setiap anggotanya dengan baik, dan tugas seorang pemimpin adalah mengelola kemampuan ini dengan cara mengembangkan rasa kebersamaan diantara mereka. Setiap individu diperbolehkan untuk menyampaikan pandangan mereka, berdasarkan keahlian dan kompetensi mereka sendiri, sehingga semua orang dapat memiliki dampak yang signifikan dan bisa diakomodasikan untuk mencapai hasil yang lebih banyak sebagai bagian dari tim.
  1. Pandai Mengelola Konflik
    Pada sebuah tim yang terdiri dari beragam anggota pasti terdapat perbedaan, yang bisa berujung pada konflik. Untuk itu, dibutuhkan pemimpin yang mampu membahas isu-isu perbedaan tersebut, dan memberikan solusi. Proses ini bisa berakibat negatif dan positif, bahkan sebuah konflik juga bisa menyebabkan sebuah isu yang konstruktif. Tergantung pada kemampuan pemimpin dalam mengelolanya. Termasuk diantaranya kemampuan pemimpin dalam mendengarkan aspirasi anggotanya serta keyakinannya akan kemampuan anggota tim dalam menyelesaikan masalah.
  1. Menjaga Semangat Tim
    Peran seorang pemimpin dalam menjaga semangat kerja tim sangat penting. Setiap anggota pasti akan selalu tertuju pada pemimpin, sehingga jika pemimpin kehilangan motivasi, maka hal ini akan segera tercermin pada motivasi kerja tim. Untuk itu, pemimpin perlu meluangkan waktu untuk mencari tahu kebutuhan pribadi anggota tim, dan mempergunakannya sebagai hal yang bisa memotivasi mereka. Termasuk didalamnya adalah penghargaan atas kinerja dan prestasi mereka.
  2. Menghargai Tanggungjawab
    Seorang pemimpin yang efektif harus mampu menjaga dan menghargai tanggungjawab, baik sebagai individu yang memberikan arahan dan keputusan bagi tim ataupun dalam penentuan strategi dalam mendefinisikan masalah serta memecahkannya. Pada dasarnya pemimpin harus mampu membawa timnya agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk itu, setiap anggota tim harus bias menghormati tanggungjawab yang dimilikinya, maupun pemimpinnya. Dengan demikian, proses  organisasi bisa berlangsung secara efektif.

Sumber : //www.techinasia.com/
www.hrmagazine.co.uk
Sumber Gambar: www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu