Ketika kita berpikir tentang seorang staf HRD, kita berpikir tentang kualitas, karakteristik, dan keterampilan yang dimilikinya. Kualitas yang dijelaskan pada artikel ini menentukan kekuatan kunci dari seorang profesional HRDD yang baik.

  1. Keahlian Human Resource Development
    Anda harus memiliki fondasi inti dalam banyak fungsi HRDD. Syarat menjadi seorang HRDD adalah harus mampu menghadapi tantangan yang muncul setiap harinya. HRDD mungkin harus menyelesaikan sesuatu secara sederhana maupun kompleks, seorang profesional HRDD yang baik harus mampu menyelesaikan semua jenis masalah, dengan tenang dan adil.
  1. Komunikasi yang Baik
    Profesional HRDD tidak dapat bertahan jika mereka tidak memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Keterampilan komunikasi menjadi kunci utama juga untuk menjadi professional HRDD. Mampu mendengarkan atau menampung masukan-masukan dari karyawan. Intinya? Professional HRDD harus dapat berurusan dengan karyawan dan top management dengan cara yang ramah dan profesional, sehingga seluruh karyawan dapat berhubungan dengan mudah. Mayoritas komunikasi professional HRD akan bersifat verbal, tetapi komunikasi tertulis juga sangat penting. Sebaiknya susun komunikasi tertulis seperti komunikasi verbal, dan bersikaplah ramah namun profesional. Sehingga karyawan akan merasa terbantu dan mendapatkan saran.
  1. Pengelolaan Waktu dan Disiplin Diri
    Tidak cukup waktu sehari bagi seorang profesional HRD untuk dapat menyelesaikan semua pekerjaannya. Jika dihadapkan pada masalahyag muncul secara mendadak dan membutuhkan perhatian langsung dari HRD. Besar kemungkinan HRDD akan difokuskan untuk menangani masalah tersebut. Saat focus pada penyelesaian masalah, tugas HRD akan sedikit tertunda dalam pengerjaannya. Untuk itu seorang professional HRD dituntut untuk disiplin dalam mengatur waktu antara menyelesaikan tugas dan menjadi problem solver.
  1. Dapat Dipercaya dan Beretika Baik
    Kualitas ini mungkin yang paling penting yang dibutuhkan oleh profesional HRD yang baik. Orang hanya akan terbuka kepada seseorang yang dapat karyawan percayai. karyawan harus percaya bahwa HRD akan melakukan hal yang terbaik bagi perusahaan. HRD dituntut untuk dapat menjaga rahasia perusahaan, mereka diberikan tanggung jawab untuk melayani top management dan memastikan bahwa karyawan juga tetap berhak memiliki privasi yang terjaga.
  1. Orientasi Strategis
    Berpikir kedepan adalah bagian dari peran kepemimpinan dan strategi manajemen yang dimiliki profesional HRD. Mengisi kebutuhan perusahaan akan tenaga kerja berkualitas, merancang skema penggajian yang baik, memberi pelatihan kepada karyawan untuk mendukung pertumbuhan bisnis merupakan perwujudan dari ungkapan yang sudah sering dikatakan bahwa ”Karyawan adalah aset penting”.
  1. Perubahan Berkelanjutan
    Salah satu dari banyak pekerjaan profesional HRD adalah memberikan pelatihan kepada karyawan dan manajemen. Karyawan harus terus mengembangkan keterampilan dan pelatihan yang diperlukan untuk mendukung pekerjaan mereka. Membantu karyawan mengembangkan keterampilan dan meningkatkan pengetahuan dan kinerja pekerjaan mereka tidak hanya bermanfaat bagi karier karyawan, tetapi juga bagi perusahaan. Dengan begitu, kemajuan dan inovasi bisa berkelanjutan. Dan jika perlu dibarengi dengan pemanfaatn teknologi untuk meningkatkan fungsi HRD sendiri.

www.blog.eskill.com

Menu