Memiliki kehidupan pensiun yang bahagia merupakan impian dari semua orang. Namun, kebanyakan orang hanya berharap memiliki kehidupn pensiun yang bahagia tanpa berusaha. Jika ingin meraih impian tersebut, maka persiapan pensiun harus dilakukan sejak dini. Persiapan pensiun bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan proses yang panjang untuk menjamin kehidupan tetap sejahtera pada masa pensiun nanti

Persiapan pensiun bisa dilakukan dengan menyusun perencanaan bersama keluarga beberapa tahun sebelum masa pensiun. Persiapan pensiun harus direncanakan dengan sebaik, dan secermat mungkin namun juga dengan suasana hati yang tenang karena rasa takut dan kecemasan tidak akan membuat situasi membaik

Kebanyakan orang menginingkan untuk menghabiskan masa pensiun dengan benrsantai dan traveling berkeliling dunia. Dalam impian ini keuangan memainkan peran besar dalam mewujudkan hal tersebut. Maka dari itu melakukan review secara tahunan terhadap keuangan di saat persiapan pensiun sangatlah penting.

Berikut adalah sepuluh kiat dalam menyiapkan persiapan pensiun :

  1. Memilki Aset-Aset Penting
    Selagi masih  memiliki pendapatan aktif, memiliki atau membeli aset penting sangatlah bermanfaat sebagai bekal untuk masa pensiun. Aset-aset penting yang dimaksud adalah aset yang cenderung memiliki nilai jual lebih besar di masa depan atau memiliki kecenderungan kenaikan nilai seiring waktu seperti tanah, rumah, dan berbagai jenis properti lainnya.Jumlah manusia selalu naik seiring waktu maka dari itu permintaan dan harga untuk tanah dan hunian seperti rumah dan apartemen akan terus meningkat.
  1. Investasi Sejak Dini
    Ketika memasuki masa pensiun, pendapatan aktif pasti akan berkurang pesat. Salah satu persiapan pensiun untuk menutupi selisih jumlah pendapatan ketika pensiun adalah dengan investasi.Investasi di bidang saham, reksadana, emas, dan komoditi lain bisa mejadi pilihan untuk dijadikan sebagai pendapatan pasif yang kelak akan mampu menambal kekurangan dari gaji masa pensiun.
  1. Sisihkan 20 % dari Penghasilan
    Dalam kondisi apa pun menyisihkan gaji ke tabungan saat masih bekerja adalah kewajiban. Rata-rata orang Amerika Serikat menyisihkan 15% dari pendapatannya untuk ditabung. Adapun di Indonesia yang merupakan negara dunia ketiga presentasi pendapatan yang disarankan disisihkan untuk ditabung adalah sebesar menyisihkan 20% dari pendapatan bulanan.
  1. Tekuni Hobi
    Setiap orang pasti punya hobi atau aktivitas di luar pekerjaan. Menekuni hobi ketika masa pensiun bisa menjadi aktivitas positif yang dapat menepis kebosanan akibat berhenti bekerja. Bahkan, tidak mustahil menekuni hobi di masa pensiun menjadi sumber pendapatan tambahan
  1. Hitung Kebutuhan Saat Pensiun
    Nilai uang cenderung turun seiring waktu. Maka dari itu memperhitungkan kebutuhan ketika persiapan pensiun merupakan hal krusial. Mempertahankan atau malah meningkatkan gaya hidup perlu dihindari karena bisa memberatkan kondisi keuangan.
  1. Pastikan Tidak Ada Cicilan di Masa Pensiun
    Jumlah pendapatan di masa pensiun yang sudah jauh berkurang jangan sampai terkikis dengan cicilan yang masih ada ketika pensiu. Usahakan seluruh cicilan sudah terlunasi sebelum pensiun, terutama cicilan yang berat seperti cicilan untuk rumah dan kendaraan. Selain itu, aktivitas pelunasan cicilan dengan mengunjungi bank atau ATM juga akan merepotkan anda di masa pensiun.
  1. Membuat Usaha Sampingan
    Salah satu jurus jitu untuk persiapan masa pensiun adalah membuat usaha sampingan. Hal ini bisa dilakukan dengan merintis sejak masih aktid di kantor. Ibarat sekoci, usaha sampingan bisa membantu anda di masa pensiun ketuka penghasilan sudah berkurang.
  1. Jaga Kesehatan dengan Berolahraga
    Memburuknya kesehatan merupakan salah satu masalah serius ketika masa pensiun. Seiring bertambahnya usia kondisi fisik pun akan cenderung menurun. Maka dari itu kebiasaan berolahraga secara rutin wajib dibangun ketika masih aktif bekerja agar tidak tumbuh rasa malas berolahraga di masa pensiun
  1. Miliki Kartu BPJS atau Asuransi Umum
    Gaji yang didapatkan seoran pensiun tidak besar maka dari itu memiliki BPJS dan asuransi umum merupakan sebuah kewajiban. Usahakan lunasi tunggakan premi sebelum anda pensiun agar premi dan denda tidak memberatkan anda ketika pensiun. BPJS dan asuransi umum bisa membantu anda meringankan pengeluaran kesehatan selama pensiun
  1. Rajin Beli Buku
    Alzheimer dan kepikunan merupakan ancaman serius bagi para pensiunan. Otak pun juga harus terjaga kesehatan dan kinerjanya selain tubuh. Rajin membaca selain menambah pengetahuan juga dapat membantu memperkecil kemungkinan terkena alzheimer dan kepikunan. Buku tidak menganal kadaluarsa, rajin membeli buku saat masih bekerja dan memiliki pemasukan aktif akan sangat berguna saat nanti memasuki masa pensiunProxsis Human Resource menyediakan Pelatihan Masa Persiapan Pensiun bagi mereka yang ingin pensiun dengan bahagia. Pelatihan dari Proxsis Human Resource ini mencakup pembinaan kewirausahaan, pengelolaan keuangan, serta pembangunan sikap positive thingking yang akan sangat berguna untuk persiapan pensiun. Pelatihan dikemas dengan menarik seperti adanya kegiatan field visit ketika pelatihan.

Happy Retirement!! J

Sumber :
//www.forbes.com/#1b80cce32254
//www.duniakaryawan.com/

1 Comment. Leave new

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu