Jika kamu seorang eksekutif, manager, atau berada di dalam profesi Public Relation skill presentasi adalah salah satu cara utama untuk mendalami pekerjaan yang berkaitan dengan urusan Perusahaan. Hampir tidak ada perusahaan yang berubah pikiran tanpa melihat presentasi yang persuasive. Tidak semua presentasi dilakukan secara formal atau offline, tapi sudah mulai menjajaki presentasi secara online yang memberikan kontribusi dalam bisnis.

Skill presentasi mengacu pada kualitas yang dibutuhkan untuk membuat presentasi yang jelas dan efektif entah itu dilakukan secara Offline maupun Online. Meskipun yang kamu lakukan selama presnetasi itu penting, namun atasan akan menghargai kemampuan untuk materi pendukung seperti slide materi, bahkan positioning dalam slide untuk di verbalkan. Memberikan verbal komunikasi yang menarik dan mudah dipahami adalah salah satu dari komponen skill presentasi yang paling utama dari keterampilan verbal kamu sendiri.

Tahapan Presentasi

1. Persiapan

Persiapan melibatkan penelitian dan membangun suasana presentasi. Menyusun keseluruhan teks, membuat slide materi secara visual atau pendukung lainnya seperti audio. Kamu juga harus pastikan bahwa materi yang ingin kamu sampaikan sudah cukup untuk dilaksanakan, kalo kita melakukan secara offline perlu memastikan bahwa ruangan memiliki proyektor dan alat bantu lainnya. Ketika kamu melakukan secara online pastikan koneksi mu lancar ketika presentasi. Yang dilakukan secara persiapan adalah membuat kamu merasa nyaman saat menyampaikan presentasi.

2. Penyampaian

Bagian ini adalah yang dilihat oleh audiens, client, atau atasan. Penyampaian yang baik bergantung pada persiapan kamu sebelumnya yang sudah kita bahas, harus cermat dan percaya diri.

3. Follow-up

Skill presentasi yang satu ini termasuk bagian yang berkaitan dengan komunikasi secara langsung, menghubungi audiens yang telah disetujui untuk kesediaannya dilakukan komunikasi lebih lanjut hingga meminta dan mengumpulan umpan balik.

Jadi, seberapa pentingkah memiliki skill presentasi di dalam dunia kerja? Di era saat ini sudah sering kita lakukan presentasi. Justru skill presentasi ini akan selalu meningkan dalam penyesuaian posisi kamu sekarang.

Skill presentasi akan membantu kamu dalam peningkatan karier di dalam dunia kerja. Jika kamu melakukan presentasi dengan jelas kemungkinan besar dipilih oleh atasan untuk membuat project selanjutnya. Tidak menutup kemungkinan jika sedang melakukan presentasi di hadapan client, mereka akan tertarik dengan apa yang kamu lakukan dan membuka peluang karier baru.

Jika informasi ini bermanfaat, jangan lupa untuk share ke media social kamu. Selain informasi mengenai skill presentasi, masih ada skill-skill lainnya yang kamu bisa dapatkan di Pelatihan Leadership Center

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat