Mari samakan persepsi terlebih dahulu. Produktivitas bukanlah sesuatu yang dapat dicapai semalam, melainkan terbentuk dari beberapa perubahan kecil yang membutuhkan kedisiplinan dan kesabaran. Meski demikian, ada beberapa tips konkrit yang bisa kamu terapkan secara perlahan.

  1. Reasonable to-do-list.
    Jangan buat dirimu kewalahan. Daftar pekerjaan / to-do-list seringkali terbengkalai karena sifat tugas yang terlalu kompleks atau tidak seimbang. Semua beban dianggap sama rata. Pahami ada pekerjaan tertentu yang membutuhkan waktu lebih lama dalam penyelesaiannya. Bagi rata waktumu secara rasional.

  2. Break tasks into small goals
    Bila disimak secara luas, setiap tugas baru terasa jauh lebih berat, karena harus dikerjakan dari nol. Meski begitu, bila tugas tersebut dipecah menjadi beberapa bagian, kamu akan menyadari bahwa masing – masing bagian akan saling membentuk satu sama lain.

  3. Track your time
    Sebelum mengoptimalkan aktivitasmu, kenali dulu setiap hal dalam dirimu, termasuk apa yang biasa dilakukan serta berapa lama kamu melakukannya. Catatlah waktu yang kamu butuhkan. Dengan cara ini, kamu akan segera mengenali di fase mana kamu cenderung kurang produktif, sekaligus mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah tugas.

  4. Decluttering
    Cermati bahwa lingkungan sekelilingmu mempengaruhi produktivitasmu. Bukan tentang harus seberapa keren ruang kerjamu, tapi tentang bagaimana kamu dapat meminimalisir segala potensi yang dapat menghambat ataupun menjadi distraksi dari fase produktifmu.

  5. Find time to exercise
    Tidak hanya lewat makanan sehat, berolahraga memberi dampak signifikan terhadap produktivitasmu, karena selain melepas stress lewat hormon endorfin yang dapat menciptakan rasa tenang, juga dapat meninkatkan imun tubuh dan menurunkan resiko terkena penyakit. Sayangi tubuhmu, aktiflah bergerak setidaknya 30 menit dalam sehari. It will give you an enjoyable life.

  6. Stop Multitasking
    Otakmu membutuhkan energi besar untuk berpindah fokus dari satu tugas ke tugas lainnya. Alih – alih merasa produktif karena dapat mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu, tubuh akan jauh lebih ceat lelah dan menurunkan tingkat fokusmu.

  7. Have some “me time”
    Sadari bahwa seluruh produktivitas yang ingin kamu kejar semanya kembali untuk dirimu sendiri. Di tengah padatnya pekerjaan, secara berkala beri satu hari khusus untuk dirimu, entah untuk relaksasi, perawatan, refreshing atau apapun itu.

“A healthy you is a productive you, and a productive you is a you that is moving in the right direction”

Sekarang, jadilah cermin terhadap dirimu sendiri. Nah, kira – kira dari skala 1 hingga 10 sudah seberapa produktifkah kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat