Setiap tahun ada ribuan bahkan sampai ratusan ribu mahasiswa yang lulus dari perguruan tinggi. Jika demikian, bagaimana caranya agar kamu dapat menonjol dan mengalahkan ribuan pencari kerja yang lainnya?

Jangan terlalu senang dulu jika kamu berasal dari universitas terbaik di tempat kamu berada. Karena faktanya, ada juga perusahaan yang tidak melihat latar belakang pendidikanmu, namun lebih berfokus kepada kepribadian dan keahlian yang kamu miliki. Terlebih jika kamu adalah fresh graduate dan dianggap belum memiliki pengalaman, tentunya hal ini akan sulit bagi kamu untuk meluluhkan hati pemberi kerja. Namun, jangan khawatir. Kami akan menjabarkan beberapa keahlian yang harus kamu miliki agar cepat mendapatkan pekerjaan impianmu.

Apa sajakah itu?

  1. Teamwork Skills
    Sejatinya, tidak ada manusia yang mampu melakukan segala sesuatu sendiri. As a human being, kita membutuhkan orang lain agar tujuan yang kita inginkan dapat tercapai. Begitu juga saat bekerja di suatu perusahaan, dibutuhkan kemampuan teamwork yang baik agar tujuan perusahaan tercapai. Seperti yang dikatakan oleh Helen Keler, “Alone we can do so little, together we can do so much.”Jika kamu memiliki keahlian ini dan mampu bekerja dalam tim, maka dijamin kamu akan mudah untuk mendapatkan pekerjaan.
  1. Smiling
    Mungkin hal ini terkesan sederhana dan banyak yang meremehkannya. Namun, jangan salah. Senyum adalah kekuatan terbesar untuk mempengaruhi orang lain dan dapat membuat mereka menyukai kamu. Dengan tersenyum, maka kamu akan memancarkan energi positif untuk orang dan lingkungan yang ada di sekitar kamu.
    “Bottom line is if you smile at others, not only will bring positive things to your life, but to the lives of those around you.”
    Jadi, jangan lupa tersenyum ya! Yakinkan pemberi kerja dengan senyuman tulus yang kamu berikan.
  1. Good Communication
    Pada saat dipanggil untuk wawancara kerja, tunjukkan kemampuan komukasi terbaik yang bisa kamu berikan. Yakinkan pemberi kerja bahwa kamu bisa berkomunikasi dengan baik dan mampu menyampaikan ide atau pendapat secara baik untuk masa depan perusahaan yang lebih baik.Communication, the human connection – is the key to personal and career success – Paul J. Meyer
  1. Keterampilan interpersonal yang baik
    Selain memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kamu juga harus tahu cara memperlakukan semua orang dengan hormat. Bicaralah dengan resepsionis dengan sopan santun sebagaimana yang akan kamu tunjukkan kepada CEO perusahaan. Hal
  1. Mampu Mengoperasikan Program Dasar Komputer
    Karena komputasi dasar sudah menjadi bagian dari kurikulum dalam pendidikan di Indonesia, maka kamu sebagai pencari kerja diharapkan mahir dalam dasar-dasar Microsoft, yaitu Word, Excel dan Powerpoint. Karena program ini pasti akan sering kamu gunakan pada saat bekerja nanti.
  1. Leadership Skills
    FYI, pengusaha memilih lulusan baru yang menunjukkan potensi untuk menjadi pemimpin tim atau manajer di masa depan bahkan jika mereka hanya mempekerjakan kamu untuk posisi entry-level. Memiliki keterampilan kepemimpinan menunjukkan bahwa kamu adalah seorang pemula dan kamu dapat menangani pengambilan keputusan dengan baik. Pastikan untuk memasukkan pengalaman kepemimpinan kamu dalam resume dan membicarakannya dalam wawancara, terutama jika kamu bertanggung jawab atas proyek atau acara yang menjadi sukses pada saat kamu adalah pemimpinnya.“A leader is one who knows the way, goes the way, and shows the way.” – John C. Maxwell
  1. Problem-solving Skills
    Dalam kehidupan terutama dalam pekerjaan, selalu ada masalah yang datang menghampiri. Apakah kamu siap untuk menghadapinya? Agar bisa sukses, kamu harus siap menghadapi konsekuensi dan bertindak secara profesional untuk menyelesaikan segala masalah yang ada. Kamu harus mampu mencari solusi atas apapun yang terjadi.
  1. Keterampilan manajemen waktu
    Kesan pertama memang abadi. Kamu mungkin hanya memiliki satu wawancara dan akan lebih baik jika tepat waktu. Waktu adalah sumber daya yang sangat penting dalam dunia usaha. Ketepatan waktu yang kamu perlihatkan pada saat datang wawancara merupakan indikasi dari keterampilan manajemen waktu kamu. Ini juga merupakan refleksi bagaimana kamu akan memprioritaskan pekerjaan dan menyelesaikannya tepat waktu.Jangan sampai terlambat ya pada saat wawancara!
  1. Inovatif dan kreatif
    Dalam proses wawancara, beri tahu manajer perekrut bahwa kamu inovatif dan kreatif. Pastikan kamu telah meneliti tentang perusahaan dan pekerjaan yang sedang kamu lamar. Situs web perusahaan, akun media sosialnya, serta berita dan artikel dari situs web lain akan memungkinkan kamu untuk menghasilkan jawaban yang masuk akal dan kreatif selama wawancara. Para pencari kerja mencari individu yang dapat membawa sesuatu yang segar ke organisasi mereka dan yang mampu berpikir di out of the box.
  1. Networking
    Soft skills terakhir yang harus dimiliki profesional muda tidak kalah penting dengan kesembilan soft skills sebelumnya. Memiliki networking yang luas sangat penting dalam membangun sebuah karier. Semakin luas networking yang kamu bangun maka akan semakin banyak kesempatan dan peluang yang datang padamu. Memperluas networking juga bukanlah hal yang sulit, kamu bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja. Yang lebih utama lagi adalah jangan pernah melewatkan sebuah acara yang memungkinkan kamu untuk dapat memperluas networking-mu.

Itu dia kesepuluh soft skills yang perlu dimiliki oleh semua profesional muda. Semua soft skills ini tentunya akan lebih baik jika sudah diasah sejak bangku perkuliahan atau bahkan bangku sekolah. Sebagian orang mungkin saja lebih menonjol dalam beberapa soft skills dan merasa kurang di beberapa soft skills lainnya. Tetapi pada dasarnya, kemampuan tersebut dapat terus ditingkatkan jika terus dilatih dengan baik.

Selain informasi  di atas, kamu bisa mendapatkan informasi dan tips seputar karier lainnya di Blog kami ya. Yuk, kembangkan kariermu bersama kami!

Sumber : //www.kalibrr.com/
Image: //news.efinancialcareers.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Menu