Bekerja dari rumah seperti yang kita lakukan saat ini memiliki kesulitan yang lebih dibandingkan saat bekerja di kantor seperti sebelumnya dimana monitoring pekerjaan secara tatap muka dapat langsung dilakukan. Saat ini, koordinasi pekerjaan team menjadi lebih penting agar kita tidak lagi menemukan hal-hal seperti berikut ini:

  • “Bukannya si A yang bertugas mengerjakan pekerjan tersebut?“
  • “Data yang diberikan masih kurang lengkap, bisa minta ke siapa?”
  • “Pekerjaan tahap ini sudah selesai, siapa yang harus memberikan persetujuan agar pekerjaan bisa lanjut ke tahap berikutnya?”

Permasalahan diatas juga sering kita temui sebelum masa pandemi ini dan sebenarnya bisa diatasi dengan mudah apabila anggota team mengetahui dan memahami peran dan tanggung jawab masing-masing pihak dalam suatu pekerjaan, sehingga setiap tugas dalam pekerjaan tersebut dapat diselesaikan secara tepat dan cepat.

Salah satu cara yang banyak digunakan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan melakukan metode RACI matriks.

Apa itu RACI Matriks?

Matriks penugasan tanggung jawab (Responsibility Assignment Matrix, RAM) atau lebih umum dikenal dengan istilah RACI, adalah matriks yang menggambarkan peran berbagai pihak dalam penyelesaian suatu pekerjaan dalam suatu proyek atau proses bisnis. Matriks ini terutama bermanfaat dalam menjelaskan peran dan tanggung jawab antar bagian di dalam suatu proyek atau proses. RACI merupakan akronim dari empat peran yang paling sering dicantumkan dalam matriks ini, yaitu Responsible, Accountable, Consulted dan Informed.

Adapun definisi dan singkatan dari RACI adalah sebagai berikut:

  • Responsible, adalah orang yang melakukan suatu tugas atau pekerjaan.
  • Accountable, adalah orang yang bertanggung jawab terhadap penyelesaian pekerjaan dan memiliki otoritas untuk mengambil keputusan suatu perkara, menyetujui hasil suatu pekerjaan.
  • Consulted, adalah orang yang diperlukan umpan balik atau sarannya dan berkontribusi akan tugas atau pekerjaan tersebut.
  • Informed, adalah orang yang perlu mengetahui tindakan dan hasil ataupun keputusan yang telah diambil.

Dan kegunaan RACI untuk organisasi atau perusahaan yang kita kelola adalah sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi beban kerja yang telah ditugaskan pada karyawan atau bagian tertentu.
  • Memastikan bahwa karyawan baru terjelaskan tentang peran dan tanggungjawabnya.
  • Mendistribusikan pekerjaan antar pihak agar mendapatkan efisiensi kerja yang lebih baik.
  • Memastikan bahwa proses tertentu tidak terlalu dominan.
  • Menemukan keseimbangan yang tepat antara garis dan tanggung jawab pada suatu kegiatan atau proyek.
  • Mendokumentasikan peran dan tanggung jawab pihak-pihak dalam organisasi atau perusahaan.
  • Keterbukaan untuk dapat menyelesaikan konflik dan diskusi.

Semoga sharing ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang mengelola proyek agar bisa lancar dan mudah berkoordinasi dan memonitornya, terlebih physical distancing yang berlaku saat ini sangat membatasi ruang gerak interaksi secara langsung, sehingga pemahaman team akan perannya masing-masing menjadi mutlak diperlukan.

Jika rekan-rekan ingin mendapatkan pembahahasan lebih komprehensif terkait RACI Matriks ini, silahkan mengikuti interactive live and distance learning yang diselanggarakan oleh Proxsis HR pada Selasa, 28 April 2020 Pukul 14.00-16.00 WIB dengan cara mendaftarkan diri pada link berikut.

bit.ly/distancelearning-ILDL

 

Penulis : Lidia Sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.

Menu
Open chat